Blog post

Kamu Hobi Traveling? Intip Tips Mengatur Keuangannya!

15/03/2022Arifa Dwiratri

Halo Klobbers! Di sini apakah ada yang hobi traveling? Mungkin sebagian besar Gen Z dan Millennials, termasuk kamu, ada yang memiliki hobi jalan-jalan atau traveling sebagai bentuk menghilangkan penat dari kehidupan di ibu kota yang pelik. Dilansir dari Kompasiana, berdasarkan survei yang ada, rata-rata millennials memiliki pengeluaran berkisar 3.266.000 perbulannya untuk kebutuhan gaya hidup mereka. Adapun pengeluaran tersebut 37,7% digunakan untuk traveling dan sisanya digunakan untuk kebutuhan lainnya. Wow, jumlah yang cukup besar ya.

Nah, untuk kamu yang hobinya jalan-jalan, mungkin kamu menyadari bahwa jumlah uang yang dikeluarkan itu tidak sedikit. Dengan pendapatan yang kamu miliki, kamu perlu menyeimbangkan antara pengeluaran untuk traveling dan kebutuhan sehar-hari mu agar tetap tercukupi. Lalu, bagaimana caranya agar semua kebutuhan dan hobi dapat ter-realisasikan dengan baik bagi Gen Z dan Millennials yang baru memulai dunia kariernya? Yuk, intip tips mengatur keuangannya berikut ini!

Press Budget Saat Traveling

Sebenarnya, jalan-jalan itu nggak selalu mahal. Kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai destinasi yang akan dituju dari orang yang berpengalaman. Setelah kamu memperoleh informasi, kamu perlu membuat rincian pengeluaran selama traveling agar tetap ­on-budget. Hindari berpergian di peak season, menginap di hotel yang sederhana, menggunakan transportasi umum di kota destinasi, mengecek harga tiket pesawat secara berkala, datang ke tempat wisata yang gratis, dan alangkah lebih baik jika kamu berpergian dengan teman agar bisa sharing pengeluaran. Dengan melakukan tips-tips tersebut, Gen Z dan Millennials bisa memangkas ongkos traveling dan mengalokasikannya untuk kebutuhan lain.

Langsung Sisihkan dari Gaji

Setelah mengetahui besaran pengeluaran yang diperlukan, saatnya kamu mengatur keuangan dari pendapatanmu. Saat menerima gaji, langsung pisahkan uang untuk traveling dari kebutuhan lain. Hal ini diperlukan agar pengeluaran tidak tercampur dan menyebabkan cash flow jadi tidak teratur. Biasanya, orang-orang memisahkan 10% dari gaji mereka untuk biaya berlibur. Pastikan dirimu untuk konsisten menabung ya, agar tidak adanya pengeluaran yang membengkak di akhir bulan.

Menggandakan Penghematan

Demi mewujudkan acara liburan yang mengeluarkan banyak biaya, kamu perlu sedikit ekstra berhemat. Hindari pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan agar liburanmu tenang. Dengan berhemat ekstra, kamu tidak perlu pusing memikirkan pengeluaran saat liburan nanti karena kamu memiliki tabungan untuk berjaga-jaga kalau ada pengeluaran di luar anggaran. Stop belanja online dan work from café beberapa minggu demi berhemat untuk traveling, nggak ada salahnya ‘kan?

So, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan Klobbers dalam mengatur keuangan ketika memiliki hobi traveling. Pastikan semua kebutuhan bisa terpenuhi dan kamu merasa enjoy saat berjalan-jalan. Nikmati liburanmu namun jangan sampai pusing dengan keuangan saat pulang nanti. Untuk kamu yang sedang belajar menabung, kamu bisa mempelajari cara mudah untuk budgeting. Yuk, mari sama-sama belajar mengatur keuangan sambil menjalani hobi untuk kamu, Gen Z dan Millennials, yang sudah mulai berkehidupan secara mandiri. Selamat jalan-jalan!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.