Blog post

5 Cara Ampuh Untuk De-Stressing Saat Bekerja

19/04/2022Nadine K

Hi Klobbers!

Walaupun sudah berusaha untuk menghindarinya, sering terjadi kita masih tertekan stres dan kewalahan di tempat kerja. Karena susahnya mengontrol jumlah dan beratnya pekerjaan yang kita terima, marilah amati beberapa cara untuk menghilangkan stres selama hari yang sibuk. 

 

1. Ubah Suasana

Tahukah kamu mengubah lingkunganmu bisa meningkatkan semangat kerjamu di saat kamu kewalahan? Lingkungan baru dapat menyegarkan kamu dan mengembalikan motivasi. Cobalah pindah lokasi ke meja lain atau coba bekerja dari kafe jika dibolehkan oleh atasanmu. Memindahkan dirimu secara fisik dari sumber stres bisa sangat melegakan. Selain itu, bergerak juga diketahui dapat mengurangi stres, jadi merubah suasana dengan berjalan-jalan di luar saja sudah cukup.

 

2. Stretching dan Menggerakan Badan

Semua pekerja kantoran pasti bahwa bekerja di meja seharian tidak memerlukan banyak gerakan. Bisa jadi, di dalam satu hari kerja kita tidak ubah posisi sama sekali, apalagi untuk pekerja yang sedang WFH. Sebenarnya, duduk di meja dan menatap layar sepanjang hari dapat berdampak negatif bagi kesehatanmu, baik mental maupun fisik. Saat kamu mulai merasa stres, luangkan waktu untuk menggerakkan badan kamu. Cobalah melakukan stretching sederhana atau olahraga pendek yang dapat membantu menghidupkan tubuhmu kembali. 

 

3. Meditasi atau Beribadah

Seringkali stres disebabkan karena kita terlalu fokus kepada satu hal (seperti pekerjaan). Sewaktu kita harus ingat juga dengan hidup kita diluar masalah-masalah kerja. Cara termudah untuk melakukan ini saat bekerja adalah menyisihkan waktu untuk bermeditasi atau beribadah. Dengan cara ini, kamu dapat memfokuskan kembali pikiranmu dan menemukan kedamaian di dalam hati.

 

4. Berbicara dengan Teman

Beberapa orang mungkin merasa ragu untuk mengungkapkan masalah kepada teman karena tidak ingin membebaninya. Namun, mengungkapkan pikiran dan masalah itu sebenarnya dapat bermanfaat besar bagimu. Selain melampiaskan frustasi, berbicara memungkinkan kamu untuk mengolah masalah dengan lebih sistematis. Masukan dari teman kamu juga dapat membantumu menemukan solusi yang tepat. Tetapi, ingat untuk memastikan percakapan ini tidak menjadi sumber stres bagi temanmu dan tetap perhatian dengan sekelilingmu. 

 

5. Mengalihkan Pikiran

Cara lain untuk menuruni level stress kamu adalah dengan mengalihkan perhatian kamu dengan hal-hal lain yang menarik. Ini bisa berupa berbagai hal mulai dari mendengarkan musik, membaca ringan, atau bahkan menonton video. Meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang benar-benar kamu sukai adalah cara yang bagus untuk melepaskan diri dari stres. Namun, pastikan untuk menetapkan batas waktu pada kegiatan ini karena mudahya terbawa arus dan melupakan kerja. 

 

Ingatlah bahwa setiap orang pasti mengalami stres sesekali dan sangat normal untuk meluangkan waktu untuk menghilangkan stres. Menjaga kesehatan dan kesejahteraan kamu bukanlah kemalasan selama kamu mencari solusi dan tidak menghindari tanggung jawab. Beristirahatlah sesekali dan jangan biarkan pekerjaan mengambil alih hidup kamu. Stres adalah hal yang wajar, tapi jangan sampai berujung pada masalah kesehatan! Jaga semangatmu, Klobbers!

 

sumber

 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.