Blog post

Yuk! Simak 5 Cara Mengatasi Stres Saat Kerja

11/04/2022Nadine K

Hi Klobbers!

Apakah kamu sering merasa lelah selama hari kerja? Apakah kamu pusing dengan jumlah kerjaan yang selalu menumpuk? Seringkali pekerjaan menjadi sumber stres besar di hidup kita. Jangan khawatir, ini hal yang sangat normal dan semua orang pasti pernah mengalaminya. Memang sudah biasa karena pekerjaan menghabiskan begitu banyak waktu kita. Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya merasa stres itu juga sehat bahkan sampai dibutuhkan. Yang perlu dikhawatirkan adalah stres yang terus menumpuk akhirnya mengganggu kesehatan dan aktivitas sehari-hari. Jadi bagaimana kita mengelola stres saat bekerja agar tetap pada tingkat yang sehat? Yuk, simak tips-tips berikut ini!

 

1. Tetap Organised

Tetap teratur dengan barang-barang, tugas, dan waktu kamu untuk meminimalkan penyebab stres yang dapat dihindari. Ini memerlukan perencanaan dan penjadwalan yang mungkin memakan waktu pada awalnya tetapi akan menghasilkan penghematan waktu yang signifikan. Pastikan tempat kerja kamu (baik fisik maupun digital) bersih dan bebas dari kotoran. Setiap barang yang kamu gunakan untuk bekerja harus memiliki tempat sendiri di mana kamu dapat menyimpan dan mencarinya. Tahukah kamu bahwa banyak orang bahkan menganggap tindakan organising sendiri sebagai suatu aktivitas relaksasi?

 

2. Hindari Multitasking

Banyak orang membual tentang bagaimana mereka jauh lebih produktif karena mereka hebat multitasking, tetapi tahukah kamu bahwa usaha melakukan banyak hal sekaligus dapat menjadi sumber stres tersendiri? Mengerjakan banyak tugas sekaligus dapat mengakibatkan lebih banyak kesalahan, mencampuradukkan tugas, dan menciptakan perasaan terburu-buru. Selain itu, waktu yang dihemat oleh multitasking akan dibayar dengan kualitas akhir yang kamu hasilkan. Daripada melakukan banyak tugas sekaligus, lebih baik membuat daftar prioritas dan jadwalkan kapan harus melakukan masing-masing tugas.

 

3. Hindari Perfeksionisme

Banyak karyawan menemukan kegembiraan besar dalam menciptakan sebuah hasil berkualitas tinggi. Namun, terlalu fokus untuk menciptakan kesempurnaan dalam setiap tugasmu dapat menghabiskan seluruh waktumu tanpa sisa untuk menyelesaikan tugas-tugas lain. Menyelesaikan pekerjaan dengan ceroboh tentu saja juga tidak baik, tetapi melewati waktu tenggat demi kesempurnaan bisa lebih fatal. Sebaiknya pahamilah bahwa tidak semua kerja yang kamu buat akan sempurna dan terimalah bahwa kamu terkadang melakukan kesalahan. Seiring berjalannya waktu, kualitas kerja kamu pasti akan meningkat tetapi ini bukan sesuatu yang harus kamu paksa untuk setiap tugas. 

 

4. Strategi Relaksasi

Buatlah daftar hal-hal atau tindakan yang kamu tahu ampuh untuk menenangkanmu. Gunakan waktu istirahatmu di tempat kerja untuk melakukan hal-hal ini untuk sedikit demi sedikit menurunkan stres. Seringkali, kita masih memikirkan pekerjaan bahkan saat jam istirahat, dan hal ini tidak dapat dihindari, tetapi istirahat dimaksudkan untuk mengalihkan pikiran kamu dari pekerjaan. Bahkan hal-hal kecil dapat membantu, seperti latihan pernapasan atau menonton video online. Ketika pekerjaan mengambil alih hidup kamu sepenuhnya, bahkan mengganggu waktu istirahatmu, stres pasti akan mengikuti.

 

5. Menilai Kembali Pikiran Negatif

Ketika kita stres, kita cenderung melihat segala sesuatu di sekitar kita dengan lensa yang negatif. Hal-hal baik terlihat buruk dan hal-hal buruk terlihat lebih menyeramkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali saat-saat dimana kamu stres dan merubah cara pikirmu. Luangkan waktu untuk mempertimbangkan hal-hal baik dalam hidupmu. Berfokus hanya pada yang buruk dapat menimbulkan rasa stres dan putus asa. Pertahankan semangat dengan melihat gambar besar hidupmu. Ingat bahwa pekerjaan bukanlah segalanya, dan cari solusi, bukan kesalahan, ketika masalah yang tidak terduga muncul di tempat kerja.

 

Ingat, Klobbers, kesehatan dan kesejahteraan kamu adalah aset terbesarmu. Pastikan untuk melindungi work-life balance dan sering istirahat. Jangan mengorbankan aset-aset ini demi produktivitas. Merawat diri sendiri juga harus dianggap sebagai hal yang produktif. Tetap jaga semangat!

 

Sumber:

https://www.verywellmind.com/how-to-deal-with-stress-at-work-3145273

https://www.health.harvard.edu/blog/how-to-handle-stress-at -work-2019041716436

Berikan Komentar

Your email address will not be published.