Blog post

Ini Cara Musik Bisa Bantu Produktivitas Kerjamu

11/04/2022Gregorius Yudhistira

Hi Klobbers!

Saat sedang bekerja, ada kalanya kamu bisa merasa bosan atau jenuh. Kejenuhan itu bisa saja mempengaruhi produktivitas kerja kamu juga. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghindari kejenuhan tersebut, salah satunya dengan mendengarkan musik.

Tapi selain menghilangkan kejenuhan, tahukah kamu kalau musik juga bisa meningkatkan produktivitas? Beberapa orang mungkin mendengarkan musik bisa menjadi distraksi, bahkan tidak menutup kemungkinan ada yang melakukan prokrastinasi dengan mendengarkan musik. Namun mengutip dari artikel New York Times, berdasarkan sebuah penelitian oleh Dr. Lesiuk dari University of Windsor di Kanada, dikatakan bahwa seseorang dapat menjadi lebih produktif karena menyelsaikan pekerjaannya secara lebih cepat dengan mendengarkan musik. Selain itu, mereka yang mendengarkan musik juga dinilai bisa memberikan ide yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak mendengarkan musik.

Lalu bagaimana cara music bisa mempengaruhi produktivitas kamu? Yuk kita simak!

Meningkatkan Mood

Saat seseorang dalam mood yang baik, tentunya produktivitas juga dapat meningkat. Dalam hal ini, music juga bisa meningkatkan mood kamu. Dilansir dari artikel Halodoc, penelitian dalam Journal of Positive Psychology mengatakan bahwa music (terutama music upbeat) dapat membuat moodmu menjadi lebih baik dalam jangka waktu yang lama. Hasilnya, dengan mood yang sedang bagus, kamu jadi lebih bisa fokus dalam menyelesaikan pekerjaanmu. Selain itu moodmu yang baik dapat membantu kamu dalam berpikir dengan lebih kreatif.

Membantu Pekerjaan Repetitif

Pernahkah kamu bertemu dengan pekerjaan yang sifatnya repetitif atau berulang-ulang? Misalnya memasukan data-data ke dalam tabel excel, melakukan inventory, atau merekap nama-nama kandidat yang mendaftar di perusahaanmu. Hal tersebut tentunya bisa membuatmu merasa jenuh karena melakukan hal yang sama berulang kali dalam waktu yang lama. Tidak menutup kemungkinan juga, apabila melakukannya terlalu lama, kamu bisa membuat kesalahan karena mulai tidak konsentrasi. Nah, music bisa membantu kamu dalam hal tersebut lho! Hasil studi dari JAMA Network menunjukkan bahwa dokter ahli bedah yang ditugaskan dengan tugas yang repetitive di dalam laboratorium (di luar tindakan operasi) menunjukkan peningkatan kinerja ketika mereka bekerja sambil mendengarkan musik. Para peneliti menyimpulkan bahwa mereka bekerja lebih baik saat mendengarkan musik karena music mengurangi beberapa kebosanan yang datang dengan melakukan tugas-tugas repetisi.

Meningkatkan Daya Ingat

Tidak jarang tugas yang kita dapatkan membutuhkan kita untuk mengingat atau menghafalkan sesuatu. Artikel dari Harvard Health Publishing mengatakan bahwa musik dapat meningkatkan daya ingatmu dan membantumu dalam menghafal. Bahkan music bisa digunakan untuk membantu pasien dementia dalam meningkatkan kemampuan ingatan mereka. Maka dari itu, ketika kamu sedang  butuh untuk menghafalkan sesuatu, kamu bisa melakukannya sambil mendengarkan music.

Membantumu Untuk Fokus

Pernahkah saat mendengarkan music, kamu merasa lebih ‘terserap’ ke dalam music yang kamu dengarkan, dan pekerjaan yang kamu lakukan? Kamu juga merasa menjadi tidak mudah terdistraksi dengan keadaan sekitarmu. Hal tersebut terjadi karena music bisa membantumu untuk menjadi lebih fokus. Hal ini juga dinyatakan oleh sebuah studi yang dilakukan oleh Stanford University School of Medicine. Studi tersebut menemukan hubungan yang baik antara musik dan pikiran seseorang. Hasilnya, studi tersebut berpendapat bahwa mendengarkan musik mampu membantu otak untuk berfokus dan memperhatikan hal-hal yang ada.

Itulah beberapa cara music bisa membantu produktivitasmu, Klobbers! Tapi perlu diperhatikan juga bahwa music juga berpotensi menjadi distraksi, atau bisa mengganggu orang disekitarmu. Intinya produktivitas itu sendiri akan ua kembali ke diri kamu masing-masing.

Berikan Komentar

Your email address will not be published.