Blog post

5 Tips Agar Tetap Produktif Selama WFH

07/04/2020Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Apa kamu sudah mulai terbiasa bekerja di rumah? Apakah kamu juga bisa bekerja secara efektif seperti pada saat bekerja di kantor? Karena pandemi COVID-19, masyarakat dihimbau untuk tidak bepergian keluar rumah. Ini menyebabkan banyak orang yang biasanya bekerja di kantor harus mulai bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Bagi kamu yang belum terbiasa kerja di rumah, akan ada banyak kendala-kendala yang menyebabkan kamu tidak efektif dalam bekerja sehingga produktivitas semakin berkurang. Agar kamu bisa lebih produktif selama bekerja di rumah, yuk ikuti tips-tips berikut ini:

1. Tetap Melakukan Aktivitas Seperti Biasa

Agar hari kamu tetap produktif, kamu perlu melakukan aktivitas seperti pada hari-hari biasa. Kamu perlu bangun pagi, mandi, makan serta istirahat di waktu yang tepat. Ini dapat membantu kamu dalam membagi waktu dengan baik supaya kamu lebih efektif saat bekerja.

2. Makan Makanan Sehat

Pastikan kamu makan makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang. Dengan makan makanan yang sehat, kamu juga akan merasa lebih berenergi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Pastikan juga kamu mendapat asupan vitamin yang cukup agar kamu tidak mudah sakit.

3.  Olahraga

Karena kamu tidak akan sering bepergian keluar rumah, kamu harus tetap berolahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Sekarang ada berbagai macam olahraga yang bisa kamu lakukan dirumah. Kamu bisa menemukan program-program olahraga di internet seperti yoga, senam, fitness dan lain-lain. Instruksi ini bisa berupa video, tulisan atau audio gratis. Jadi, kamu memiliki banyak pilihan!

4. Pastikan Rumah Tetap Bersih dan Nyaman

Kamu akan menghabiskan waktu banyak di rumah. Oleh karena itu, kamu sebaiknya menjaga kebersihan agar rumah tetap nyaman untuk ditinggali dan juga untuk bekerja. Perhatikan juga penataan ruangan atau penempatan barang agar kamu tidak kesulitan saat mencari benda yang kamu butuhkan. Intinya, buat tempat kerja kamu senyaman mungkin agar bekerja menjadi efektif.

5. Istirahat yang Cukup

Setelah tinggal di rumah terus-menerus, terkadang kita bisa lupa bahwa kita perlu tidur cukup untuk menjalani aktivitas di hari depan. Mungkin ada diantara kamu yang gemar nonton TV, baca buku, atau bermain video game hingga larut. Akibatnya, kamu kurang tidur hingga menjadi mudah lelah, dan hilang konsentrasi. Kamu boleh saja melakukan hal-hal yang kamu senangi, namun jangan sampai berlebihan sehingga mengurangi waktu tidurmu.

Semoga ini dapat membantumu untuk lebih produktif pada saat bekerja di rumah. Dengan melakukan hal-hal di atas, kamu akan terbiasa membagi waktu sehingga pekerjaan berjalan dengan efektif dan harimu menjadi lebih produktif. Jadi, mulailah melakukan hal-hal tersebut dari sekarang. Ayo biasakan diri untuk lebih produktif! Semangat selalu Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.