Blog post

Rekomendasi Buah untuk Berbuka Puasa

04/04/2024Dwi

Hi Klobbers!

Saat berpuasa dan melakukan berbagai aktivitas, tubuh kita akan kehilangan energi. Nah, saat berbuka puasa merupakan momen di mana kamu bisa mengonsumsi berbagai makanan dan minuman untuk mengisi kembali energi yang hilang. Meskipun mungkin di saat berbuka kamu ingin menyantap banyak hidangan yang tersedia, ada baiknya kamu tetap menjaga asupan makanan yang masuk dalam tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh serta pencernaan kamu dapat tetap sehat.

Biasanya ada berbagai jenis makanan yang tersedia untuk berbuka, mulai dari buah-buahan, gorengan, hingga berbagai macam makanan berat. Sebelum mengonsumsi berbagai makanan, kamu bisa berbuka puasa dengan meminum air hangat terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan segar dan manis. Mengapa demikian?

Minum air putih dan makan beberapa macam buah bisa membantu tubuh kita untuk lebih cepat menyerap nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan demikian, bisa membantu menjaga kesehatan tubuh kamu. Kemudian, apa saja buah-buahan yang cocok dikonsumsi saat berbuka puasa untuk membantu menjaga kesehatan tubuh?

Kurma

Kurma merupakan salah satu buah yang kaya manfaat dan dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Sebenarnya ada banyak sekali manfaat buah kurma, beberapa di antaranya yaitu:

  • Buah kurma bisa membantu memenuhi asupan gizi harian, seperti vitamin A, B kompleks, C, E, dan K serta kasium, zat besi, dan kalium yang diperlukan oleh tubuh. Jika kamu mengonsumsi kurma saat sahur pun bisa membantu memenuhi kebutuhan kalori harian agar bisa tetap fit saat berpuasa.
  • Meskipun buah kurma rasanya manis dan mengandung kadar gula tinggi, namun mengonsumsi kurma tidak menyebabkan kadar gula darah melonjak dengan cepat. Antioksidan di dalam kurma bahkan dapat membantu mengontrol kadar gula darah sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang menderita diabetes.
  • Mengonsumsi kurma dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan kurma memiliki jenis serat tidak larut yang bisa membantu memadatkan feses serta melancarkan pencernaan. Selain itu, kurma juga memiliki sifat anti-radang sehingga bisa menjaga lambung kamu agar tetap sehat selama berpuasa.

Nah, agar kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat kurma secara optimal, ada beberapa tips-nya nih. Sebaiknya pilihlah kurma yang kering. Kemudian, hindari kurma yang memiliki bintik-bintik jamur. Jangan lupa juga untuk memilih kurma dengan mempertimbangkan bau khas kurma yang segar dan manis.

Pisang

Pisang menjadi salah satu buah yang cukup popular di masyarakat karena rasanya yang manis, harganya cukup terjangkau, dan memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Pisang mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin A, B, dan C, serta kalium dan magnesium sehingga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh kita. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Menjadi sumber energi karena pisang merupakan sumber karbohidrat yang baik. Karbohidrat akan dipecah oleh tubuh menjadi glukosa yang menjadi bahan bakar utama untuk kamu melakukan berbagai aktivitas. Apabila kamu sedang merasa kurang sehat dan membutuhkan tambahan energi, kamu juga bisa mengonsumsi pisang sebagai alternatifnya. 
  • Mencegah serangan jantung. Hal ini dikarenakan pisang mengandung kalium yang berperan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga peredaran oksigen ke otak dan tubuh dapat terjaga.
  • Baik untuk pencernaan dan lambung. Pisang mengandung sumber probiotik yang baik untuk menjaga kesehatan usus dan saluran cerna. Bahkan bisa membantu mengatasi diare yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit. Kemudian, pisang juga mengandung serat yang bisa membantu kamu untuk mencegah sembelit. Dengan demikian, mengonsumsi pisang memberikan manfaat baik untuk kesehatan pencernaan kamu. Selain itu, pisang juga rendah asam sehingga aman untuk lambung. Bahkan, pisang juga menjadi antasida alami untuk menetralkan asam lambung sehingga bisa meredakan nyeri akibat tukak lambung.

Kamu bisa mengonsumsi pisang yang sudah matang secara langsung. Atau bisa juga diolah menjadi camilan yang sehat dan bergizi. Agar manfaatnya bisa lebih optimal, kamu bisa mengolah pisang menjadi jus atau smoothie dengan menambahkan susu rendah lemak. Jika menyukai sereal atau oatmeal, kamu juga bisa mencampurkannya dengan pisang, Klobbers. Namun, sebaiknya hindari atau batasi mengonsumsi pisang setelah diolah menjadi gorengan karena bisa menghilangkan kandungan nutrisi di dalamnya.

Semangka

Buah semangka yang segar dan manis sangat disukai oleh siapa saja dan sering dihadirkan saat berbuka puasa. Buah semangka memiliki kandungan air yang tinggi serta mengandung beragam vitamin, seperti vitamin A, C, B6, dan asam folat, serta kalium dan magnesium. Dengan kandungan nutrisi yang begitu kaya, buah semangka tentu memiliki banyak manfaat. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Menghidrasi tubuh. Setelah berpuasa seharian, kamu akan kehilangan cairan tubuh. Sementara itu, penting untuk bisa menjaga tubuh terhidrasi dengan baik agar bisa berfungsi secara optimal. Selain minum air putih, mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi bisa menjadi salah satu caranya. Nah, dengan mengonsumsi semangka yang mengandung kandungan air tinggi, bisa membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan cairan.
  • Menjaga kesehatan jantung. Semangka mengandung senyawa antioksidan dan lycopene yang bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung serta mengurangi peradangan.
  • Semangka mengandung serat tinggi serta rendah lemak jenuh sehingga membantu mengurangi kadar kolesterol serta baik untuk fungsi pencernaan tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi semangka dengan beragam cara, seperti memakannya secara langsung, membuatnya menjadi jus, dan lain sebagainya. Silakan kamu pilih bagaimana cara mengolahnya sesuai dengan selera kamu, Klobbers. Kemudian, jangan lupa untuk memilih semangka yang sudah matang dan masih segar ya agar kamu bisa menikmati kesegaran dan manfaatnya secara optimal.

Demikian beberapa rekomendasi buah-buahan yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Namun, harap diingat bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Begitu juga saat berbuka, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan dan minuman dalam porsi yang terlalu banyak agar sistem pencernaan kamu dapat menyesuaikan dengan baik setelah beristirahat selama beberapa waktu. Semoga informasi ini bermanfaat. Stay safe and healthy, Klobbers!

Referensi:

Sumber

Sumber

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.