Blog post

Yuk, Intip Prospek Karier Jurusan Ilmu Hukum! (2)

10/11/2023Dwi

Hi Klobbers!

Sebelumnya kita sudah membahas informasi seputar jurusan ilmu hukum dalam artikel part 1. Nah, selain dua prospek karier yang telah dibahas, masih ada beberapa peluang karier menarik lainnya untuk jurusan ilmu hukum yang akan kita bahas dalam artikel ini. Yuk, simak informasi berikut!

3. Hakim

Seperti yang kita ketahui, hakim memegang peranan yang sangat penting dalam dunia hukum untuk menciptakan keadilan bagi masyarakat. Selain itu, seorang hakim harus andal atau benar-benar memahami ilmu hukum, memiliki kemampuan analisis yang baik, mampu mendengarkan secara aktif, mampu berkomunikasi di muka umum (public speaking) dengan baik, hingga memiliki skill kepemimpinan.

Apabila kamu ingin berkontribusi langsung dan menegakkan keadilan dengan menjadi hakim, nantinya ada serangkaian tahapan seleksi yang harus dilalui, Klobbers. Setelah lulus dalam mengikuti serangkaian seleksi CPNS MA, kamu akan diangkat menjadi PNS dan mengikuti pendidikan calon hakim. Apabila kamu berhasil lulus, maka akan diusulkan untuk diangkat menjadi hakim.

4. Paralegal

Apakah Klobbers pernah mendengar tentang istilah paralegal? Paralegal merupakan orang yang memiliki keterampilan hukum, namun bukan seorang pengacara. Mereka bekerja di bawah bimbingan seorang pengacara dan memiliki tugas untuk mendukung pekerjaan yang dilakukan oleh pengacara. Biasanya mereka bertugas untuk membuat laporan dari kasus yang ditangani serta mengatur dan melakukan penelitian dalam hal hukum. Selain itu, mereka akan menghadiri pengadilan juga apabila dibutuhkan.

5. Notaris

Menjadi notaris merupakan salah satu pilihan yang cukup populer bagi para lulusan jurusan hukum perdata di Indonesia. Notaris memiliki hak dan wewenang untuk membuat dan mencetak akta, baik untuk perusahaan, lembaga, yayasan, hingga bangunan rumah. Selain itu, notaris juga memiliki hak dalam membuat akta autentik, perjanjian, ketetapan, warisan, dan lain sebagainya. Nah, jika kamu tertarik untuk menjadi notaris, kamu perlu melanjutkan pendidikan magister kenotariatan atau pendidikan spesialis notariat yang telah dilegalisasi.

6. Konsultan Hukum

Konsultan hukum merupakan seorang profesional yang memberikan bimbingan hukum untuk bisnis dan individu. Konsultan hukum memiliki tanggung jawab yang sama dengan pengacara, namun konsultan hukum hanya memberikan nasihat hukum di luar sidang. Bidang umum yang ditangani oleh konsultan hukum meliputi hukum bisnis, real estate, dan hukum keuangan. Biasanya, konsultan hukum bertugas untuk membantu kliennya dalam membuat keputusan hukum yang tepat dan mengembangkan praktik bisnis sesuai hukum yang berlaku.

7. HRD

Apakah Klobbers ingin bekerja sebagai staf HRD atau personalia di suatu organisasi? Mungkin latar belakang pendidikan yang paling sering dicari untuk mengisi posisi staf HRD ialah psikologi. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi jurusan lainnya untuk menjadi staf HRD juga lho, termasuk jurusan ilmu hukum. Nantinya kamu akan mengurus hal yang berkaitan dengan urusan pendataan, undang-undang perusahaan, serta hukum yang berlaku dalam lingkup perusahaan.

8. Diplomat

Siapa nih Klobbers yang bercita-cita ingin menjadi diplomat? Bekerja sebagai diplomat, artinya kamu akan menjadi wakil negara yang tinggal di negara lain. Diplomat berugas untuk mengawasi hubungan internasional antara kedua negara mengenai kesepakatan perdamaian, ekonomi, budaya, hak asasi manusia, dan lingkungan. Bukan hanya itu saja, kamu juga akan menjadi perwakilan negara yang mengelola hubungan bilateral, melakukan negosiasi, hingga mengambil keputusan internasional.

Nah Klobbers, demikian informasi seputar jurusan ilmu hukum dan beberapa prospek karier yang bisa kamu pilih. Harap diingat bahwa apapun pilihan karier yang diambil, diperlukan niat dan ketekunan agar dapat berhasil mencapai dan menjalani karier impian kamu. Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Good luck, Klobbers!

Referensi:

Sumber

Sumber

 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.