Blog post

Sering Mengantuk saat Meeting? Ini Tips Mengatasinya!

01/06/2023Dwi

Halo Klobbers!

Apakah ada Klobbers yang sering mengantuk saat bekerja? Atau mungkin kamu sering mengantuk saat mengikuti sebuah meeting? Memang, rasa kantuk bisa muncul kapanpun dan dimanapun serta dapat dialami oleh siapa saja. Namun, bagaimana jika kamu mengantuk di tengah-tengah meeting penting? Saat ini mungkin sudah banyak meeting yang dilakukan secara online, namun tidak jarang masih banyak juga meeting yang dilakukan secara offline. Nah, jika sedang meeting secara offline dan tidak dapat mengatasi rasa kantuk yang dirasakan, mungkin saja kamu akan jatuh tertidur dan menjadi sorotan bagi semua peserta meeting yang hadir. Tentunya kamu tidak ingin hal itu terjadi bukan?

Terlebih lagi, meeting menjadi suatu aktivitas yang dilakukan oleh hampir semua orang saat bekerja. Bahkan ada beberapa role tertentu yang mungkin akan melibatkan meeting sebagai salah satu agenda mayoritas saat bekerja. Durasi meeting pun bisa beragam, bisa dalam waktu yang singkat atau bahkan waktu yang cukup panjang. Dalam satu hari kerja pun mungkin saja kamu akan mengikuti lebih dari satu agenda meeting dengan berbagai orang berbeda.

Apabila sering mengantuk saat meeting, maka bisa berpengaruh juga terhadap produktivitas kamu. Rasa kantuk akan membuat kamu tidak fokus mendengarkan dan memahami apa yang sedang didiskusikan sehingga perlu mengulang kembali materi meeting yang baru saja diikuti agar dapat memahami apa yang sedang dibahas. Jika demikian, mungkin saja kamu perlu lembur karena waktu bekerja dihabiskan untuk meeting dan mengulang materi meeting kembali sehingga tidak sempat menyelesaikan tugas-tugas lainnya. Kemudian, bagaimana cara untuk bisa tetap terjaga saat mengikuti meeting? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Membuat Perencanaan

Meskipun terkadang kamu diminta mengikuti meeting dadakan, namun sebagian besar meeting dilakukan secara terencana, dari segi waktu dan lokasinya. Memang, preferensi waktu bekerja yang efektif bisa berbeda bagi setiap orang. Namun, jika kamu berkesempatan untuk mengatur waktunya, sebaiknya hindari waktu “kritis” melakukan meeting, yaitu setelah selesai makan siang. Cobalah cari tahu kapan waktu bekerja yang paling efektif bagi kamu dan atur meeting yang akan dilaksanakan dalam periode waktu tersebut.

Akan tetapi, jika kamu tidak bisa mengontrol kapan waktu meeting akan dilaksanakan, kamu masih bisa mencoba cara lain untuk mempersiapkannya. Misalnya dengan tidur lebih awal pada malam sebelumnya untuk memastikan agar tubuh kamu mendapatkan istirahat yang cukup dan bangun dalam kondisi yang segar. Kemudian, kamu juga bisa berolahraga pada hari sebelumnya untuk melepas stres setelah lelah bekerja. Atau, cobalah mencari aktivitas lain yang bisa membantu kamu untuk melepaskan rasa lelah dan stres dengan efektif setelah menjalani hari. Dengan demikian, kamu bisa lebih siap untuk menghadapi aktivitas di hari berikutnya, termasuk saat bekerja.

Selain itu, ada hal lain yang perlu diperhatikan bagi atasan atau orang yang berperan dalam mengatur agenda meeting agar dapat meminimalisir kemungkinan peserta meeting mengantuk, yaitu kejelasan dari agenda meeting serta memastikan bahwa peserta yang menghadiri meeting memang relevan sesuai dengan agenda meeting tersebut. Jika peserta merasa bahwa agenda meeting tersebut memang penting karena relevan dengan pekerjaan mereka, maka dapat membuat mereka lebih tertarik dan tidak bosan atau mengantuk saat mengikutinya. Oleh karena itu, jika kamu menjadi orang yang berperan dalam mengatur agenda meeting, jangan lupa juga untuk memperhatikan hal ini ya.

2. Tidur Siang Sejenak

Apakah Klobbers termasuk orang yang suka tidur siang sejenak untuk mengembalikan semangat dan energi agar dapat melanjutkan aktivitas? Jika ya, kamu bisa coba tidur siang sejenak selama 20 menit, Klobbers. Mungkin saja ada aktivitas atau tugas lain di pagi hari yang membuat kamu merasa sangat lelah sementara kamu perlu mengikuti meeting setelah jam makan siang atau di sore hari menjelang pulang kerja.

Jika situasinya seperti itu, kamu bisa coba tidur siang sejenak untuk mengisi kembali energi agar dapat bekerja dengan efektif setelahnya. Namun, jangan sampai kamu tidur dalam durasi yang terlalu lama atau tidur dalam periode waktu yang terlalu larut untuk tidur siang. Nantinya, hal ini justru bisa membuat kamu bangun dalam kondisi tidak segar atau mengganggu waktu tidur kamu di malam hari.

3. Berpartisipasi dalam Meeting

Tidak berpartisipasi saat meeting sehingga tidak melakukan apapun bisa membuat kamu merasa bosan dan akhirnya mengantuk, Klobbers. Nah, sebaliknya, berpartisipasi dalam meeting yang dilaksanakan dapat membantu kamu untuk tetap terjaga. Caranya bisa beragam, Klobbers. Mulai dari membuat kontak mata dengan pembicara, memberikan ide saat ditanyakan, memberikan pertanyaan, hingga membuat catatan meeting untuk menjaga agar pikiran kamu tetap terjaga.

4. Mengonsumsi Snack dan Minum Kafein

Mengomsumsi camilan atau snack bisa menjadi salah satu opsi yang dapat dicoba. Saat kamu memakan sesuatu, maka akan memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk berpikir. Selain itu, perilaku saat mengonsumsi snack pun bisa membantu kamu untuk tetap terjaga. Akan tetapi, jangan sampai sembarangan dalam memilih snack ya, Klobbers. Pilihlah snack sehat yang dapat meningkatkan produktivitas. Kemudian, hindari juga mengonsumsi snack yang keras atau berbau cukup tajam agar tidak mengganggu peserta meeting lain.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi atau matcha. Mengonsumsi minuman berkafein bermanfaat untuk membantu meningkatkan fokus serta kewaspadaan sehingga bisa mengurangi rasa kantuk. Meskipun demikian, kamu perlu menyesuaikan konsumsi snack dan kafein sesuai dengan kondisi tubuh kamu, Klobbers. Jangan sampai mengonsumsinya secara berlebihan sehinga menimbulkan efek negatif terhadap tubuh.

5. Izin Meninggalkan Meeting

Daripada memaksakan diri untuk tetap terjaga meskipun tidak ada cara yang berhasil, kamu bisa mempertimbangkan untuk izin meninggalkan meeting sejenak dan berusaha kembali menyegarkan diri. Pergilah ke kamar mandi dan mencuci muka dengan air dingin. Kemudian, kamu bisa berjalan kaki sebentar untuk menghirup udara segar dan mengganti suasana. Saat kamu sudah merasa lebih segar dan bisa fokus kembali, silakan kembali melanjutkan meeting tersebut.

Nah Klobbers, demikian beberapa tips yang bisa dicoba untuk membantu kamu tetap terjaga saat mengikuti meeting. Jika kamu bisa fokus saat meeting, maka akan membantu kamu untuk bisa bekerja dengan efektif. Ingatlah juga bahwa berada dalam kondisi yang prima menjadi salah satu modal penting untuk bisa fokus bekerja, termasuk saat meeting. Oleh karena itu, jagalah kesehatan kamu dengan sebaik mungkin, ya. Selamat mencoba tips di atas, Klobbers. Good luck!

Referensi:

Sumber

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.