Blog post

Ingat, Karakter Yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja!

16/10/2022Rahmat S

Hai Klobbers!

Sudahkah kamu mengenali karaktermu dalam bekerja? Tahukah kamu karakter merupakan bagian dalam dirimu yang terlihat dalam bentuk perilaku, dan sebagai dasar mengungkapkan kepribadianmu. Mengetahui karakter terbaikmu dapat membantu kamu dalam mengembangkan potensi diri dan meningkatkan performa dalam bekerja. Selain itu, hal ini menjadi salah satu sumber penilaian rekruter tentang bagaimana kamu bekerja dengan orang lain atau menangani tugas.

Yuk kenali beberapa karakter yang dibutuhkan dalam dunia kerja!

Ambisius 

Individu yang ambisius adalah individu yang memiliki keinginan kuat untuk berhasil mencapai tujuannya. Karakter ambisius ini, dapat terlihat dalam dirimu, ketika kamu menunjukkan upaya yang besar dan dedikasi yang tinggi untuk mengatasi tantangan atau melampaui tujuan organisasi.

Kreatif

Individu yang kreatif adalah individu yang dapat menggunakan imajinasinya untuk menciptakan sesuatu dengan tujuan mencari solusi untuk penyelesaian suatu masalah. Perlu kamu ketahui kreativitas tidak hanya diterapkan pada bidang seni, tetapi juga diperlukan untuk memecahkan masalah yang sulit, menyajikan informasi dengan cara yang jelas dan menarik, atau menemukan cara yang lebih baik untuk menyelesaikan tugas.

Penuh Kasih

Individu yang berbelas kasih adalah seseorang yang dapat merasakan sekaligus mengungkapkan simpati kepada orang lain. Individu yang memiliki karakter ini, biasanya memiliki sikap suka membantu rekan kerja ketika menghadapi tantangan yang sulit. Selain itu, individu dengan karakter ini bisa berada pada posisi pekerjaan apapun, dan akan sangat membantu apabila berada dalam posisi  pelayanan pelanggan.

Teliti

Individu yang teliti, akan berhati-hati dalam mengambil tindakan untuk mencapai tujuannya. Mereka yang memiliki karakter ini, cenderung untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk menyelesaikan tanggung jawabnya. Umumnya, orang yang teliti juga memiliki tingkat disiplin diri yang lebih tinggi dan berusaha untuk menyelesaikan setiap tugas dengan kemampuan terbaiknya.

Berani

Individu yang memiliki sikap berani adalah seseorang yang tidak tergoyahkan oleh tantangan dan kesulitan. Mereka yang memiliki karakter ini, cenderung mengambil proyek yang ditakuti oleh orang lain, karena terlalu sulit atau membutuhkan terlalu banyak upaya. Selain itu, individu dengan karakter ini, memiliki rasa percaya diri untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya, sehingga mereka mau mengambil risiko yang lebih besar dan dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar juga.

Fleksibel

Individu yang fleksibel dapat dengan cepat beradaptasi dengan perubahan dalam rencana, seperti jadwal proyek yang dipersingkat atau kebutuhan baru untuk klien. Kemampuan untuk menyesuaikan tindakan berdasarkan perubahan di lingkungan kerja sangat penting untuk berhasil dalam melaksanakan tugas dan berhasil dalam perusahaan yang memiliki ritme kerja cepat.

Jujur

Individu dengan karakter ini, ​​selalu tulus dan jujur dalam melaksanakan tugasnya, serta memiliki rasa tidak nyaman berpartisipasi dalam praktik penipuan. Kejujuran sangat penting di semua posisi dalam pekerjaan, terutama dalam bidang yang diatur secara ketat seperti keuangan.

Setia

Seorang karyawan yang loyal mendukung organisasi dan misinya. Seseorang yang loyalitas yang tinggi, dapat dipercaya untuk menjaga informasi sensitif dan lebih mungkin bertahan di perusahaan dalam jangka panjang.

Disiplin

Seseorang dengan disiplin diri yang baik dapat mengatasi godaan untuk menyimpang dari jalan menuju kesuksesan, seperti menunda mengerjakan tugas dan keraguan terhadap diri sendiri. Karyawan yang memiliki disiplin diri, memiliki sikap bekerja keras, tepat waktu, dan patuh terhadap aturan yang berlaku. 

Tangguh

Orang yang tangguh adalah seseorang yang dapat dengan cepat pulih dari kemunduran, stres, situasi buruk atau perubahan tak terduga. Mereka yang memiliki karakter ini, ketika dihadapkan dengan kegagalan mencapai suatu tujuan, mereka dengan cepat menyusun rencana untuk melampaui tujuan berikutnya.

Rendah hati

Individu yang memiliki kerendahan hati, cenderung untuk menghindari membual tentang prestasi yang mereka miliki dan menaruh hormat kepada orang lain ketika mendapatkan pujian atau pengakuan.

Sabar 

Orang yang sabar dapat mentoleransi kemunduran, penundaan, atau tantangan tak terduga tanpa menjadi cemas atau marah. Memiliki kesabaran sangat penting untuk pekerjaan yang membutuhkan waktu lama untuk melihat hasil usahamu, seperti saat memimpin tim media promosi.

Terhormat 

Seseorang yang terhormat memiliki integritas dan bertindak sesuai dengan prinsip dan etikanya. Karyawan yang terhormat adalah seseorang yang akan selalu memastikan tindakan yang diambil menunjukkan hal yang positif pada perusahaan tempat mereka bekerja.

Gigih 

Karyawan yang memiliki kegigihan dalam bekerja, selalu mengupayakan untuk mencapai tujuan tanpa henti. Mereka melanjutkan jalan mereka meskipun ada rintangan atau kesulitan yang mereka hadapi di sepanjang jalan. Kegigihan adalah sifat yang sangat baik bagi seseorang dalam penjualan, jurnalisme, pelayanan publik, dan hukum.

Rasa Ingin Tahu 

Rasa ingin tahu merupakan sifat karakter penting yang dapat mendorong seseorang untuk ingin mengetahui atau mempelajari keterampilan, informasi, dan kemampuan baru tanpa diminta terlebih dahulu. Mereka yang memiliki rasa ingin tahu dapat secara mandiri memotivasi diri mereka sendiri untuk belajar dan tumbuh dalam peran dan pekerjaan mereka. Rasa ingin tahu adalah sifat penting untuk banyak jenis pekerjaan, terutama pekerjaan yang dapat digambarkan sebagai pekerjaan yang terbuka, fleksibel, dan strategis.

Berikut merupakan contoh beberapa karakter yang dapat membantu kamu dalam memposisikan diri untuk pekerjaan yang kamu inginkan dan sebagai dasar untuk kamu mengembangkan potensi diri sesuai dengan peran yang kamu miliki. 

Sumber 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.