Blog post

Menerapkan Mindful Eating untuk Hidup Lebih Sehat

04/10/2022Dwi

Hi Klobbers!

Pernahkah kamu bertanya kepada diri sendiri, sebenarnya apa sih yang kamu makan dan minum dalam sehari? Mungkin saja ada Klobbers yang secara teratur menjadwalkan makanan sehari-hari. Atau, mungkin juga ada Klobbers yang mengikuti selera dan memilih makanan sesuai dengan yang diinginkan saat itu juga. Misalnya, kamu melihat orang lain makan junk food, kemudian langsung memutuskan untuk mengonsumsi junk food juga.

Bagaimanapun juga, makanan dan minuman yang kita konsumsi menjadi hal yang penting karena pola makan berpengaruh terhadap kesehatan kita. Selain itu, perilaku makan kita juga menjadi hal penting yang mungkin sering dianggap sepele. Misalnya, saat dikejar oleh berbagai kesibukan, kamu pun cenderung makan dengan terburu-buru atau terlalu cepat. Hal ini bisa saja dianggap lumrah, namun sebenarnya berisiko terhadap tubuh dan kesehatan kamu. Dampak dari makan terlalu cepat antara lain berisiko mengalami tersedak hingga obesitas. Jika dibiarkan, lama-kelamaan dapat menjadi kebiasaan yang memberikan dampak tidak baik untuk tubuh dan kesehatan kita.

Kemudian, apa yang bisa dilakukan untuk membangun kebiasaan baik dalam perilaku makan? Nah, salah satu hal yang bisa kamu coba ialah menerapkan mindful eating, Klobbers. Yuk, cari tahu tentang mindful eating serta apa saja manfaatnya!

Apa itu Mindful Eating?

Mindful eating didasarkan pada konsep mindfulness, yaitu sebuah bentuk meditasi yang membantu kamu untuk meningkatkan kesadaran penuh tentang pikiran, emosi, atau pengalaman dari setiap momen. Nah, mindful eating ialah menggunakan perhatian penuh untuk mencapai keadaan dimana kamu memiliki kesadaran penuh pada pengalaman, keinginan, dan isyarat fisik saat makan. Lebih lanjut, mindful eating melibatkan beberapa hal seperti berikut ini:

  • Makan secara perlahan dan tanpa ada gangguan
  • Membedakan antara kondisi di saat kamu benar-benar merasa lapar atau tidak sedang lapar namun terpicu untuk makan
  • Mendengarkan isyarat dari tubuh ketika lapar dan makan hanya sampai merasa kenyang
  • Melibatkan indra yang kamu miliki dengan memperhatikan warna, bau, suara, tekstur, dan rasa
  • Makan untuk menjaga kesehatan dan well-being
  • Mengapresiasi makanan

Mengapa Perlu Menerapkan Mindful Eating?

Di zaman ini, sebagian masyarakat hidup dalam tempo waktu yang cepat. Berbagai aktivitas yang padat kadang mengakibatkan waktu makan menjadi sangat sempit atau terburu-buru. Belum lagi berbagai distraksi yang kita hadapi saat makan, seperti makan sambil bekerja, makan sambil scroll media sosial, atau makan sambil menonton film. Apakah ada Klobbers yang merasa relate dengan hal ini?

Jika iya, perilaku makan seperti ini bisa berdampak negatif. Jika tidak dilakukan secara mindful, aktivitas makan biasanya selesai dengan cepat. Apabila demikian, hal ini bisa menjadi masalah karena otak membutuhkan waktu hingga 20 menit untuk mengirimkan sinyal bahwa kamu sudah kenyang. Akibatnya, bisa saja kamu mengonsumsi lebih banyak makanan yang tidak sehat tanpa kamu sadari. Atau bisa saja kamu memiliki kebiasaan untuk mengonsumsi makanan saat tidak benar-benar merasa lapar atau bahkan saat sedang tidak lapar sekali.

Mungkin ada Klobbers yang bertanya-tanya, apakah dengan menerapkan mindful eating berarti harus selalu makan yang sehat atau tidak boleh makan saat sedang berada dalam perjalanan? Tidak begitu ya, Klobbers. Mindful eating berfokus pada semua indra yang kamu miliki dan benar-benar memberi perhatian penuh pada makanan, mulai dari kamu berbelanja, memasak, menyajikan, hingga kamu memakan makanan tersebut. Intinya, kamu menganalisis pilihan kamu dengan penuh pertimbangan, mulai dari intensi untuk makan hingga memberikan perhatian penuh dalam pengalaman mengonsumsi makan. Dengan demikian, menerapkan mindful eating bisa membantu kamu untuk menghindari makan secara berlebihan sehingga kamu bisa memiliki pola makan yang lebih sehat dan meningkatkan well-being.

Manfaat Menerapkan Mindful Eating

  • Beristirahat sejenak dari kesibukan yang kamu jalani, meredakan stres, dan rasa cemas
  • Membuat pilihan makanan yang lebih sehat dengan mempertimbangkan manfaat serta bagaimana perasaan kamu setelah selesai mengonsumsi makanan
  • Meningkatkan kesehatan pencernaan dengan makan secara perlahan
  • Membantu kamu merasa lebih cepat kenyang dengan makan lebih sedikit
  • Jika lebih perhatian terhadap sinyal yang diberikan tubuh, maka bisa mendukung manajemen berat badan yang lebih baik
  • Dapat lebih menikmati dan lebih mengapresiasi makanan yang dikonsumsi

Nah Klobbers, itulah informasi seputar mindful eating serta apa saja manfaatnya. Mungkin tidak mudah untuk menerapkannya, namun harap diingat bahwa mindful eating merupakan sebuah proses yang memerlukan niat, usaha, dan komitmen untuk dapat menjadikannya sebagai kebiasaan. Selain itu, mindful eating juga bisa menjadi pilihan yang dapat dicoba apabila kamu sudah mencoba berbagai cara diet, namun belum ada yang berhasil. Stay safe and healthy, Klobbers!

Referensi:

Sumber

Sumber 

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.