Blog post

Menerapkan Mindfulness saat Bekerja

19/04/2022Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers! Ketika pekerjaan menumpuk, ada kecenderungan bagi kita untuk memaksakan diri untuk menyelesaikan semuanya tanpa beristirahat. Ini menyebabkan konsentrasi kita menurun. Jika kebiasaan ini dibiarkan saja, akan ada dampak negatif pada kinerja serta ketentramanmu. Mungkin beberapa dari kamu sulit untuk fokus saat bekerja. Atau kamu seringkali mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Hal ini dapat menyebabkan hasil yang tidak maksimal. Jika kamu kurang memberikan perhatian cukup terhadap apa yang kamu kerjakan, kamu akan mudah membuat kesalahan. Salah satu cara yang dikenal untuk meningkatkan konsentrasi serta efisiensi kerja adalah Mindfulness.

Apa yang dimaksud dengan Mindfulness

Mindfulness adalah sebuah aktivitas dimana seseorang mempertahankan keadaan yang meningkatkan kesadaran penuh tentang pikiran, emosi, atau pengalaman seseorang dari setiap momen. Secara singkat, mindfulness adalah aktivitas yang meningkatkan kesadaran dalam kegiatan tertentu. Salah satu cara paling mudah untuk menerapkan mindfulness adalah dengan memfokuskan perhatian pada pernafasan.

Menerapkan mindfulness saat bekerja dapat mengurangi stress serta meningkatkan fokus. Selain itu, sebuah studi dari Wharton, University of Pennsylvania juga menyatakan bahwa mindfulness dapat membuat orang lebih mudah membantu satu sama lain dalam pekerjaan. Dengan begitu pekerjaan dapat diselesaikan secara efektif.

Untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, kamu harus memulai membangun kebiasaan untuk menerapkan mindfulness. Berdasarkan Greater Good Magazine, Berikut adalah beberapa cara untuk menerapkan mindfulness saat bekerja:

1. Memulai hari dengan mindfulness

Kebiasaan apa yang biasanya kamu lakukan di pagi hari? Mungkin ada dari kalian yang langsung mencari sarapan atau menyiapkan secangkir teh atau kopi. Ini semua adalah hal yang baik, namun kamu juga perlu memastikan bahwa kesejahteraanmu juga terjaga di pagi hari. Sebuah penelitian menunjukan kita mengeluarkan hormon stress beberapa menit setelah bangun pagi karena kita memikirkan kegiatan pada hari tersebut. Nah, agar kamu tidak terlalu stress memikirkan pekerjaanmu, gunakan 2 menit di pagi hari untuk hanya berfokus pada pernafasan. Perhatikan kondisi tubuh saat menarik dan menghembuskan nafas. Jika ada pikiran mengenai kegiatan ke depan, biarkan pikiran itu berlalu dan kembali berfokus kepada nafas.

2. 10 menit mindfulness sebelum memulai aktifitas

Sebelum kamu berangkat kerja atau sesampainya kamu di kantor, kamu bisa menggunakan 10 menit untuk berfokus kembali kepada pernafasan. Cari tempat yang tenang, untuk melakukan hal ini. Setelah kamu berada di tempat tenang, cukup perhatikan nafasmu seperti latihan sebelumnya. Jika perlu, tambahkan berhitung saat menarik dan menghembuskan nafas. Tidak ada cara yang salah. Perlu diperhatikan bahwa kamu dapat menikmati waktu yang singkat ini untuk sendiri. Akan ada banyak pikiran mengenai pekerjaan, namun kamu perlu memastikan bahwa 10 menit ini adalah waktu yang lebih penting bagi kamu untuk fokus dan relaksasi.

3. Hindari Multitasking

Multitasking bisa membuatmu merasa produktif, namun kamu bisa mudah menjadi lelah serta membuat pekerjaanmu tidak menjadi efektif. Sebuah studi mengenai multitasking menunjukan bahwa membutuhkan waktu kira-kira 15 menit untuk seseorang kembali fokus kepada tugas utamanya setelah kembali dari gangguan seperti email. Tujuan dari mindfulness adalah meningkatkan fokus dan kesadaran pada saat bekerja. Artinya, ketika kamu bekerja, kamu perlu memfokuskan kegiatan pada satu hal sebelum berpindah pada kegiatan lain sehingga kamu menjadi lebih efektif dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut. Prioritaskan diri untuk menyelesaikan pekerjaan satu per satu sehingga kamu tidak mudah kewalahan.

4. Mindfulness Setelah Bekerja

Setelah menyelesaikan pekerjaan, gunakan waktumu kira-kira 10 menit untuk beristirahat kembali dengan menerapkan mindfulness. Setelah berhenti bekerja, lakukan relaksasi kembali dengan berfokus pada nafas. Matikan gadget serta peralatan elektronik lain yang dapat mengganggu waktumu. Gunakan waktu ini untuk bersantai, lepaskan pikiran-pikiran yang menyebabkan stress sehingga kamu bisa pulang dan melakukan kegiatan lain dengan perasaan yang lebih tentram.

Jika kamu berhasil membangun kebiasaan untuk menerapkan mindfulness kemampuanmu untuk fokus serta kesadaran diri akan meningkat. Dengan demikian, kamu akan lebih efektif dalam bekerja. Semoga kebiasaan ini bisa membantu kamu untuk lebih efektif saat bekerja sehari-hari. Semangat selalu Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.