Blog post

Apa Keuntungan dari Setup Dual Monitor untuk Bekerja?

11/08/2022Nadine K

Hi Klobbers!

Jika kamu seorang gamer atau ahli komputer, kamu mungkin sudah cukup kenal dengan setup dual monitor. Ada alasan mengapa setup ini sangat populer di kalangan orang-orang yang bekerja dengan komputer. Alasan-alasan ini juga berlaku kepada para pekerja kantoran yang seluruh kariernya hidup di dalam komputer. Karena semakin banyak orang mengalami kerja remote atau jarak jauh, tidak sedikit karyawan yang sekarang benar-benar memikirkan set up kerja mereka dan bagaimana cara untuk menyesuaikannya dengan gaya kerja mereka. Jika kamu sedang mencari cara untuk me-level up set up kerja pribadimu, mungkin satu ide bagus adalah untuk menambah monitor kedua.

Mempermudah Alur Kerja

Menggunakan monitor kedua mempermudah dan mempercepat penggunaan beberapa program secara bersamaan. Daripada harus beralih antara beberapa window, program kedua dapat diletakkan di monitor kedua, membuat alur kerja lebih cepat dengan meminimalisir jumlah klik yang diperlukan. Selain itu, kita semua pasti pernah mengalami kerepotannya mencari file yang benar di antara banyak window yang terbuka saat bekerja dengan dua file atau lebih. Dengan dua monitor, kamu dapat menyebarkan file-file itu di antara dua layar dan dengan lebih mudah bekerja dengan beberapa file terbuka bebarengan.

Peningkatan Produktivitas

Penelitian mendukung kepercayaan bahwa memiliki set up dual monitor dapat meningkatkan produktivitas. Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Proceedings of the Human Factors and Ergonomic Society menemukan bahwa menggunakan dua monitor terasa lebih efisien dan gampang untuk digunakan daripada monitor tunggal. 98% peserta memilih konfigurasi dua monitor sebagai preferensi mereka setelah berkesempatan untuk mengalaminya. Selain itu, konfigurasi ini mengurangi jeda kerja. Jika sesuatu terjadi pada satu monitor, kita masih dapat terus bekerja menggunakan monitor yang berfungsi tanpa kehilangan produktivitas atau data.

Kenyamanan

Bagi pekerja yang terutama menggunakan laptop, ruang kerja yang disediakan oleh monitor yang lebih besar dapat sangat membantu. Terutama sebagai upgrade dari perangkat dengan layar kecil, keyboard kecil, dan trackpad. Menggunakan monitor juga jauh lebih ergonomis dibanding kerja langsung dari laptop. Docking laptop menawarkan fleksibilitas penuh pada set up kerja dengan kemampuan untuk mengambil laptop dan membawanya ke tempat lain atau presentasi di luar kantor.

Sebelum membeli monitor kedua, pastikan untuk melihat apakah komputermu mendukung lebih dari satu monitor atau tidak. Kamu dapat melihat bagian belakang PC kamu dan melihat apakah video card yang saat ini ada di komputer memiliki lebih dari satu port output video, atau jika komputermu sudah ter-install lebih dari satu video card. Jika iya, sistem kamu siap untuk monitor kedua. Jika tidak, kamu mungkin perlu membeli video card tambahan atau upgrade sebelum kamu mendapatkan monitor kedua itu. Semoga sukses Klobbers!

 

sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.