Blog post

Urgensi Pengalaman sebagai Investasi di Dunia Kerja

21/05/2022Kontributor Blog by Klob

Ditulis oleh: Risalah Damar Ratri

Setiap waktu yang kita lewati akan memberikan pengalaman-pengalaman yang berharga di hidup kita. Pengalaman itu nantinya akan memberikan feedback yang sesuai dengan apa yang kita lakukan di masa lampau. Misalnya semasa menempuh pendidikan  tentu banyak sekali kejadian dan hal-hal menarik yang pernah kita lakukan. Semakin baik kita memanfaatkan waktu, maka semakin baik pula pengalaman-pengalaman kita peroleh.

Kehidupan di masa mendatang memerlukan persiapan dari sekarang, baik dalam hidup berumah tangga, di dilingkungan baru, maupun di dunia pekerjaan. Khususnya di dunia kerja, pengalaman adalah investasi paling berharga untuk menunjang pekerjaan yang kita lakukan. Para pemimpin perusahaan akan memilih mereka yang memiliki banyak pengalaman karena mereka yakin pengalaman-pengalaman yang dimilikinya akan memberikan hasil terbaik untuk perusahaan.

Namun, perlu diingat bahwa pengalaman juga harus disertai dengan kerja keras, walaupun sebelumnya kita memiliki pengalaman yang hebat , tetapi setelah itu kita tidak berusaha mengembangkannya, maka hal itu juga akan sia-sia. Perlu adanya tekad, ketekunan, dan kerja keras untuk terus mengembangkan potensi yang ada di dalam diri kita. Lalu mungkin akan muncul pertanyaan, bagaimana cara memperoleh pengalaman itu? Dari mana kita memperolehnya? Pengalaman bisa datang dari mana saja dan kapan saja, pengalaman yang baik dicari bukan ditunggu, manfaatkan setiap kesempatan yang memberikan peluang untuk diri sendiri.

Lalu mungkin juga akan timbul pertanyaan seperti ini, bagaimana jika peluang tidak sesuai dengan apa yang kita mau dan kita minati? Bukankah sesekali kita harus keluar dari zona nyaman untuk mencicipi pengalaman-pengalaman yang menyenangkan.

Sebab di masa depan, kita tidak pernah tahu akan singgah di dunia kerja yang seperti apa, kita tidak tahu apakah kita akan bekerja dengan apa yang kita mau dan senangi. Kita tidak akan pernah tahu masa depan akan mengiring kita ke mana. Namun, kita masih bisa bersiap mulai sekarang. Memanfaatkan fasilitas pendidikan dengan baik, mencoba peluang-peluang yang ditawarkan, agar nantinya mau bekerja di mana pun kita dapat menghadapinya, kita mampu mengatasi kesulitannya. Dunia kerja berbeda masa-masa kita menempuh pendidikan, ia membutuhkan kita dengan pengalaman dan kesungguhan, dunia kerja membutuhkan kita yang mau memanfaatkan peluang.

Nah, sampai sini tentu dapat dipahami bahwa pengalaman itu sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Oleh karena itu berikut beberapa tips untuk memperoleh banyak pengalaman:

  1. Manfaatkan waktu luang untuk mempelajari dan mencoba sesuatu yang baru  tapi harus tetap istirahat ya.
  2. Setiap ada peluang coba untuk “berani” menerimanya, siapa tahu di masa depan itu berguna untuk kita.
  3. Jangan terlalu membuang waktu dan menyepelekannya, waktu tidak bisa diputar, ia akan sia-sia jika kamu mengabaikannya.

 

Tiga tips di atas kalau kalian lakukan dengan baik, pati hasilnya akan baik. Semua usaha yang kita lakukan tidak akan mengecewakan kita, walaupun tampaknya hasil tidak sesuai dengan yang kita kau, tetapi percayalah itu adalah hasil terbaik yang Tuhan berikan untuk kita.

Ke depannya persaingan di dunia kerja akan semakin ketat, jadi selagi masih kesempatan untuk menginvestasikan waktu kita dengan mencari sebanyak-banyak pengalaman. Karena melalui semua itu kita juga akan mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru dan mungkin dari beberapa hal yang telah kita lakukan kita dapat menemukan bakat-bakat yang terkubur lama dalam diri sendiri.

Berikan Komentar

Your email address will not be published.