Blog post

Mengatasi Job Search Anxiety Sebagai First-Jobber

22/04/2022Nadine K

Kita semua sudah pasti mengerti betapa susahnya perjalanan mencari kerja yang cocok. Terutama, untuk pencari kerja pemula, proses pencarian kerja bisa menimbulkan rasa cemas hingga stress berlebihan. Inilah yang dikenal sebagai Job Search Anxiety. Semua pencari kerja pasti pernah mengalaminya, tapi tahukah kamu penyebabnya dan cara mengatasinya? Yuk, mari kita cari tahu sama-sama.

PENYEBAB JOB SEARCH ANXIETY

Banyak hal yang bisa menyebabkan rasa cemas saat mencari kerja, diantaranya:

  1. Merasakan ketidakpastian mendapat pekerjaan dikarenakan jurusan yang kamu miliki
  2. Keluar dari zona nyaman dan mulai jauh dari teman kuliahmu
  3. Semakin kompetitif saingan di pasar kerja
  4. Merasakan ketidaksiapan untuk mulai bekerja sebagai seorang profesional
  5. Membayangkan dampaknya pekerjaan pertamamu kepada seluruh jenjang karier
  6. Rasa takut kegagalan

Mungkin kamu mengalami salah satu atau kombinasi dari penyebab diatas ini. Tapi jangan khawatir, Klobbers. Setelah mengenal penyebab atas Job Search Anxiety-mu sekarang waktunya untuk mencari solusi.

CARA MENGATASINYA

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi dan membasmi job kecemasan ini. 

1. Fokus pada apa saja yang dapat kamu kendalikan dan rencanamu

Selama mencari kerja ada banyak sekali hal yang diluar kendalimu. Biasanya memikirkan hal-hal inilah yang menimbulkan rasa stress. Sebaiknya fokus kepada semua hal yang bisa kamu atur. Diantaranya: membaguskan CV, mencari dan melamar ke pekerjaan yang cocok dengan kita, networking dengan para rekruter di media sosial, dan selalu mengasah keterampilanmu.

2. Tetapkan tujuan yang aspiratif dan harapan yang realistis

Sebelum melamar kerja, pastikan posisi lowongan tersebut cocok dengan pengalaman, keterampilan, dan rencana kariermu. Jangan terlalu membatasi diri dan berkecil hati untuk melamar, tapi juga jangan asal lamar. Memang ada bagusnya dalam mempunyai mimpi besar, tapi jalan untuk mencapainya harus tetap realistis.

3. Hindari mengisolasikan dirimu

Jangan segan bercerita kepada keluarga dan teman-teman terdekatmu jika sedang mengalami kecemasan. Kemungkinan besar, support system-mu ini dapat membantu dengan nasehat dari pengalaman mereka masing-masing. Walaupun solusi susah untuk ditemukan, menjelaskan perasaanmu dengan kata-kata dapat dan melampiaskan emosi negatif-mu bisa sangat meringankan hati. 

Mencari kerja adalah proses penuh ketidakpastian dan kecemasan. Mengalami job search anxiety hanya wajar dan cukup normal. Untuk teman-teman yang sedang mencari kerja di saat ini juga jangan menyerah. Tetap semangat, Klobbers!

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.