Blog post

Berikut Soft Skills yang Bisa Bantu Kamu Sukses!

04/04/2022Gregorius Yudhistira

Hi Klobbers!

Tahukah kamu, baik dalam pekerjaan yang kamu lakukan, baik itu di kantor, usaha sendiri, ataupun freelance¬ł kalau kamu tidak hanya membutuhkan kemampuan teknis (hard skill) saja, tetapi juga kemampuan non-teknis (soft skill)? Dikutip dari Kompas, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim juga mengatakan bahwa soft skills sama dibutuhkannya dengan hard skill oleh tenaga kerja dan pendidikan Indonesia. Nah, sekarang intip yuk, soft skills apa saja yang diminati dan pending pada era ini, dan bisa membantu kamu untuk sukses!

Kreativitas

Saat bersaing dalam menuju kesuksesan, kamu harus terlihat lebih berbeda dan menonjol disbanding orang lain, dan kreativitas dapat membantu hal tersebut. Kreativitas dalam hal ini berarti kemampuan dimana kamu dapat membuat suatu ide, produk, gagasan atau konsep baru yang terkadang bisa terlihat out of the box.

Kreativitas kamu agar lebih menonjol juga dapat ditunjang dengan aspek-aspek lain seperti pola pikiran yang selalu fokus pada solusi, agar kamu bisa menerapkan kreativitas kamu pada pemecahan masalah. Aspek lain yang dapat menunjang juga sifat inisiatif dan keinginan untuk melakukan hal lebih. Dengan hal-hal tersebut, kreativitasmu akan lebih mudah terlihat, dan kamu akan menjadi pribadi yang lebih menonjol dalam meraih kesuksesanmu.

Komunikasi

Apapun pekerjaanmu, mulai dari bekerja di perusahaan, punya usaha, sampai menjadi seorang pekerja lepas (freelance), pasti kamu akan bertemu dan berinteraksi dengan orang lain. Interaksi tersebut tentunya akan mempengaruhi bagaimana hasil pekerjaanmu, baik secara langsung maupun tidak langsung. Maka dari itu, kemampuan komunikasi yang baik menjadi kunci penting dalam membantu kesuksesanmu.

Lalu aspek apa saja yang biasanya dinilai dalam kemampuan komunikasi? Ada beberapa contoh aspek yang dinilai krusial dalam kemampuan komunikasi, salah satunya adalah kemampuanmu untuk mengatur informasi. Hal ini untuk memastikan bahwa informasi yang kamu dapatkan dan kamu berikan tidak berbeda dan menyebabkan misinformasi. Contoh berikutnya adalah memahami orang lain. Kamu tentunya akan bertemu dengan banyak jenis orang. Memahami cara komunikasi dan gaya interaksi mereka dapat membantumu dalam melatih kemampuan komunikasi. Kamu juga bisa tahu lebih lanjut mengenai gaya interaksi melalui artikel blog dan learning video di Klob loh! Contoh lain adalah etika dalam komunikasi. Pastikan kamu dapat berkomunikasi dengan siapapun sesuai dengan etika yang ada. Hal ini akan mempengaruhi bagaimana orang lain menilaimu.

Kemampuan Kerja Sama

Selain komunikasi, saat bertemu dan bekerja dengan orang lain, kamu juga membutuhkan kemampuan untuk bisa bekerja sama. Dengan kemampuan ini, kamu bisa tetap produktif saat bekerja dengan orang lain, dan menghasilkan hasil yang optimal.

Dalam kemampuan kerja sama, kamu harus dapat membangun hubungan yang efektif dengan rekan kerjamu. Selai itu, kemampuan untuk dapat mengembangkan tidak hanya ide sendiri, namun juga ide orang lain dapat menjadi hal yang berharga. Seseorang yang bisa mengakomodasikan sebuah interaksi yang dapat mencapai kesepakatan dan memecahkan masalah bersama juga akan dianggap sebagai orang dengan kemampuan kerja sama yang baik.

Kemampuan Berpikir Kritis & Logis

Di era dimana ada banyaknya informasi, kamu harus pandai-pandai mengolahnya dengan kritis dan logis. Baik itu informasi yang kamu dapatkan dari seseorang, maupun dari internet. Kamu juga harus memiliki pemikiran yang logis dalam menginterpretasi informasi-informasi yang kamu dapatkan.

Aspek-aspek yang dapat mendukung kemampuan berpikir kritis dan logis yang bisa membantumu sukses antara lain adalah kemampuan untuk mengidentifikasi masalah maupun kesempatan. Terkadang kita bisa melihat suatu kejadian, dan kita harus bisa menilai apakah kejadian ini bisa menjadi kesempatan yang baik bagi kamu, atau masalah yang dihindarkan. Mengetahui langkah apa yang harus kamu ambil selanjutnya bisa sangat berpengaruh baik buat kamu. Hal lain yang dapat menunjang kemampuan berpikir kritis dan logismu adalah kemampuan dalam mencari alternatif. Dengan kemampuan ini, kamu dapat memberikan alternatif-alternatif solusi dan bahkan melihat prediksi hasil dari alternatif tersebut.

Applied Learning

Sesuai dengan bahasan di atas, dengan banyaknya informasi di era ini, terkadang kamu tidak hanya harus kritis dan logis saja. Ada saatnya setelah kamu menerima dan menginterpretasi sebuah informasi, kamu harus bisa menerapkannya. Inilah yang disebut sebagai applied learning. Adanya kemampuan ini dapat membantu kamu menerima, mengolah, dan akhirnya menerapkan informasi dan pelajaran yang kamu dapatkan secara cepat.

Dalam applied learning, kamu harus secara aktif mencari dan berpartisipasi dalam aktivitas belajar. Ilmu yang kamu miliki tidak hanya perlu sebatas apa yang kamu dapatkan di sekolah ataupun kuliah, terutama dengan mudahnya kamu mendapatkan ilmu di internet. Situs-situs belajar seperti Skillshare, Udemy, atau MasterClass bisa membantu kamu mendapatkan ilmu. Ada banyak juga webinar-webinar gratis yang bisa kamu ikuti untuk menambah ilmu yang bisa kamu terapkan. Kamu juga bisa menggunakan Klob untuk belajar melalui Ensiklobedia, atau melihat webinar yang diadakan Klob melalui Kaleidosklob lho!

Berikut adalah beberapa soft skills yang bisa membantu kamu. Dengan adanya soft skills yang berimbang dengan kemampuan hard skills, kamu bisa memenuhi potensimu, dan membantumu untuk menjadi sukses ke depannya!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.