Blog post

Ingin Membeli Rumah di Usia Muda? Yuk Simak Tips ini!

16/03/2022Nadine K

Hi Klobbers!

Banyak dari kita sudah mencapai usia di mana kita merasa perlu untuk lebih mandiri. Sudah mulai menghasilkan uang sendiri, bisa bepergian sendiri, dan tidak sedikit dari kita sudah mulai berpikir-pikir untuk mulai berkeluarga. Ini semua mengarah kepada pertanyaan, “Haruskah saya membeli rumah agar bisa lebih mandiri?”. Tentu saja ini bukanlah pertanyaan yang gampang untuk dijawab. Rumah adalah investasi jangka panjang yang membutuhkan perencanaan dan penganggaran yang cermat.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum kamu membeli rumah:

GAYA HIDUP

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan ketika muncul keinginan untuk membeli rumah adalah gaya hidup, termasuk gaya hidupmu saat ini dan juga gaya hidup yang diharapkan di masa depan. 

Keluarga

Apakah kamu memiliki anggota keluarga yang berketergantungan denganmu? Seberapa besar atau kecil keluargamu sekarang dan juga yang kamu harapkan di masa depan? Di mana lokasi keluargamu sekarang? Ini semua pertanyaan penting ketika membeli rumah. Rumah adalah tempat di mana sebuah keluarga dapat menetap dan bertumbuh bersama, dan orang-orang dalam keluarga ini tentunya memiliki keperluan masing-masing yang harus dipenuhi untuk kehidupan sehari-harinya. Mereka pun berhak memberi opini tentang rumah yang akan dibeli dari segi lokasi, ukuran, hingga gaya dan desain rumah. 

Mobilitas

Kemudian kamu juga harus mempertimbangkan mobilitasmu. Yang dimaksud mobilitas termasuk seberapa sering kamu perlu pergi dinas, travelling, atau berpindah tempat. Jika kamu tergolong sebagai orang yang sering berpindah tempat setiap beberapa tahun, membeli rumah mungkin bukan ide terbaik untuk saat ini. Selain itu, jika kamu tinggal sendiri, bepergian untuk waktu lama mengakibatkan tidak ada orang yang hadir untuk mengurus kebutuhan rumah. 

LOKASI

Dimana kamu ingin tinggal di masa depan? Apa itu di kota besar atau pedesaan? Di dekat pantai atau di pegunungan? Lokasi rumah tidak hanya soal estetika tetapi juga akan mempengaruhi pekerjaan, gaya hidup, dan yang paling penting, harga rumah. 

Sudah sering kita dengar, harga rumah di Jakarta maupun di sekitar Jabodetabek sangatlah mahal. Selain itu, banyak kota besar di Indonesia seperti Samarinda, Yogyakarta, Manado, dan Pekanbaru mengalami lonjakan hargat. Di waktu yang sama, dengan banyaknya proyek pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia, banyak daerah yang menjadi opsi baru dan menarik untuk membeli rumah.

Pastikan kamu tahu persis lokasi mana yang paling strategis untuk gaya hidupmu saat ini dan masa depan, serta rencana jangka panjang sebelum melakukan pembelian rumah.

KEUANGAN

Rumah bisa menjadi salah satu investasi terbesar dalam hidupmu dan karena itu memang membutuhkan keuangan yang signifikan. Membeli rumah mungkin masih tampak seperti tujuan yang jauh bagi banyak anak muda, tetapi jika kamu bijak mengelola uang dari sekarang pun, tujuan ini sangat dapat dicapai. 

Satu hal yang harus kamu pelajari ketika ingin membeli rumah adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Ini adalah skema kredit khusus bagi orang-orang yang ingin membeli rumah dengan jangka waktu 5 – 25 tahun. Kamu bisa memperbandingkan tarif beberapa bank untuk menemukan mana yang paling cocok untukmu.

Dalam menggunakan KPR, usia juga menjadi faktor karena usia maksimal pelunasan adalah 55 tahun. Ini berarti semakin muda kamu membeli rumah, semakin banyak waktu yang kamu akan miliki untuk melunasi kredit. Misalnya, jika kamu berencana untuk melunasinya dalam 20 tahun, paling lambat harus membeli rumah melalui kredit adalah pada usia 35 tahun.

Beberapa hal lain yang dapat dilakukan untuk mengelola keuangan selama proses ini termasuk menyiapkan budget, mulai menabung untuk uang muka, mengurangi pengeluaran sehari-hari, dan mencari cara untuk menciptakan lebih banyak pendapatan baik melalui investasi atau dari memulai bisnis.

Membeli rumah adalah investasi tidak hanya bersifat finansial, tetapi juga untuk masa depanmu. Ini memberikan keamanan dan tempat tinggal, yang merupakan kebutuhan dasar manusia, dan dapat diturunkan kepada anak-anak dan generasi yang akan datang. Tentu saja, tidak semua orang mungkin memprioritaskan memiliki rumah atau bahkan merasa perlu memilikinya saat ini, dan ini tidak menjadi masalah! Jika kamu mempertimbangkan untuk membeli rumah, semoga poin-poin ini dapat membantu untuk memulainya.

Berikan Komentar

Your email address will not be published.