Blog post

Tokoh-Tokoh yang Dapat Menginspirasi Klobbers sebagai Pemimpin

15/10/2019Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Banyak tokoh dunia yang memberikan pengaruh besar di dalam sejarah. Setiap dari mereka harus melalui proses yang tidak mudah. Terkadang mereka harus membuat keputusan yang sulit, menghadapi pertikaian, serta membuat kebijakan yang kontroversial. Walaupun begitu, mereka memiliki karakter yang memberikan dampak besar kepada lingkungan sekitarnya, bahkan di dunia.

Berikut ini adalah figur-figur pemimpin ternama yang memiliki dampak besar kepada sekitarnya.

1. Nelson Mandela

Nelson Mandela adalah Presiden Afrika Selatan yang menjabat pada tahun 1994 sampai 1999. Ia dikenal dengan usahanya dalam menghentikan apartheid yaitu sebuah kebijakan segregasi rasial di Afrika Selatan. Secara efektif memberantas rasisme di negaranya dan membuka jalan agar setiap orang bisa hidup dalam keharmonisan. Sebelum memimpin negaranya, ia pernah dijerumuskan ke penjara oleh karena tuduhan bahwa ia ingin menggulingkan pemerintahan. Perlakuan keji yang ia alami di penjara tidak membuatnya marah, justru ini membuatnya menjunjung tinggi nilai pengampunan dan kasih sayang. Karakternya yang tahan banting membuat ia menjadi seorang yang dikagumi orang di seluruh dunia.

2. Abraham Lincoln

Abraham Lincoln adalah Presiden Amerika ke 16. Di bawah pimpinannya, Amerika bersatu walaupun melewati masa perang saudara. Selain itu, ia juga dikenal sebagai the Great Emancipator atau seorang emansipator yang hebat karena ia berperan besar dalam memberantas perbudakan di Amerika. Abraham Lincoln memulai kehidupan dari awal yang sederhana. Ia tidak terlahir dari keluarga kaya ataupun ternama. Ia juga bukan seorang pahlawan perang, namun ia dapat memimpin negara besar dalam melewati masa tersuramnya dalam sejarah. Salah satu julukannya adalah “honest Abe”, julukan ini diberikan kepada Abraham Lincoln karena sifatnya yang jujur sebagai seorang pemimpin.

3. Dr. Martin Luther King Jr.

Martin Luther King Jr. adalah seorang aktivis Amerika Serikat yang memperjuangkan hak orang kulit hitam. Ia adalah salah satu tokoh utama dalam gerakan hak-hak sipil di Amerika pada tahun 1955-1968. Perjuangannya dalam menghapus segregasi mendapatkan perhatian dari negaranya dan dunia. Ia menggunakan cara protes tanpa kekerasan yang terinspirasi oleh Mahatma Gandhi. Usahanya berbuah hasil karena setelah setahun, kebijakan segregasi ras dihapuskan di Amerika. Ia memberikan inspirasi untuk orang banyak dari pidatonya “I Have a Dream” yang menjadi salah satu pidato terbaik sepanjang masa. Kegigihannya dalam memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan, membuat ia menjadi salah satu pemimpin inspirasional di dunia.

4. Margaret Thatcher

Sebagai perdana menteri wanita pertama di Britania Raya, Margaret Thatcher tidak hanya membuktikan bahwa ia adalah seorang pemimpin hebat namun juga sebagai orang yang handal dalam bidang yang didominasi oleh pria. Saat menjejaki karier sebagai politisi, ia sempat menjadi pemimpin partai konservatif selama 15 tahun. Sikapnya yang tegas dan pantang mundur membuatnya dijuluki “The Iron Lady”. Gaya memimpinnya yang mencakup kebijakan politik, ekonomi dan sosial dijuluki dengan nama “Thatcherism”. Walaupun kebijakannya banyak yang dianggap kontroversial, sikap tegas dan kemampuan Margaret Thatcher dalam mengontrol banyak bidang dalam skala besar membuktikan bahwa ia adalah pemimpin yang hebat.

5. Ir. Soekarno

Tokoh besar Indonesia ini tidak pernah berhenti menginspirasi para pemuda tanah air untuk lebih maju kedepan. Insinyur Soekarno yang dikenal dengan Bung Karno berperan besar dalam membentuk negara Indonesia yang berdaulat. Dengan inisiatif yang tinggi, ia mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia usai Perang Dunia II. Bukan hanya itu, di bawah pimpinannya, Indonesia memiliki fondasi negara yang kuat. Inisiatif yang tinggi adalah salah satu karakter yang membuat Bung Karno tercantum sebagai pemimpin yang hebat.

Siapakah pemimpin dunia yang kamu kagumi? Karakter apa yang membuat mereka menonjol sebagai salah satu pemimpin terhebat? Semoga deskripsi singkat tentang tokoh-tokoh pemimpin ini bisa menjadi inspirasi untuk mengebangkan karakter kamu agar bisa memberi dampak kepada sekitar kamu. Selalu semangat, terinspirasi, dan pantang menyerah Klobbers!

Comments (1)

Berikan Komentar

Your email address will not be published.