Blog post

Mengenal Employee Benefit di Perusahaan

12/01/2023Sandy Patricia

Hai Klobbers!

Manfaat karyawan yang didapatkan ketika bekerja telah berkembang dari waktu ke waktu, meskipun secara umum, manfaat yang diberikan pada umumnya sama. Manfaat yang diberikan perusahaan kepada pekerja dapat membantu menarik bakat baru dan mendukung karyawan yang kamu miliki.

Manfaat yang diberikan bisa bersifat kompetitif, hal ini baik dalam membantu perusahaan merekrut karyawan yang dibutuhkan. Manfaat besar juga membantu karyawan saat tetap sehat, termotivasi, dan mengurangi gangguan atau kesulitan pribadi.

Pada artikel ini, kita akan melihat beberapa manfaat karyawan.

Apa itu Manfaat Karyawan?

Employee benefit (manfaat karyawan) adalah program atau kebijakan yang ditawarkan oleh perusahaan kepada karyawan-karyawannya sebagai tambahan dari gaji atau upah mereka. Manfaat karyawan biasanya diberikan untuk meningkatkan kualitas hidup karyawan, meningkatkan keterikatan dan loyalitas mereka terhadap perusahaan, serta untuk meningkatkan daya saing perusahaan dalam mempekerjakan dan mempertahankan karyawan yang terbaik.

Manfaat karyawan dapat berupa:

  1. Asuransi kesehatan: Memberikan jaminan perlindungan finansial bagi karyawan yang sakit atau terluka.
  2. Asuransi jiwa: Memberikan jaminan perlindungan finansial bagi keluarga karyawan jika karyawan tersebut meninggal dunia.
  3. Cuti tahunan: Memberikan kesempatan bagi karyawan untuk berlibur selama jangka waktu tertentu setiap tahun.
  4. Program pensiun: Memberikan karyawan dengan kontribusi perusahaan ke dalam rekening pensiun mereka untuk mempersiapkan masa tua mereka.
  5. Program pembelian saham: Memberikan karyawan dengan kesempatan untuk membeli saham perusahaan dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar.
  6. Fasilitas olahraga dan rekreasi: Memberikan akses bagi karyawan untuk berolahraga atau menikmati fasilitas rekreasi di tempat kerja.
  7. Pendidikan dan pelatihan: Memberikan kesempatan bagi karyawan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka melalui program pendidikan atau pelatihan.
  8. Bantuan keuangan: Memberikan bantuan keuangan bagi karyawan yang mengalami masalah keuangan, seperti pinjaman atau bantuan biaya kesehatan.

Manfaat karyawan menjadi pendorong besar perpindahan pekerjaan pada tahun 2022. Menurut Pew Research Center, pada bulan Januari hingga Maret tahun 2022, rata-rata sembilan juta pekerja memilih pindah dari tempat kerja mereka setiap bulan, dan selama periode April 2021 hingga Maret 2022, 60% dari mereka yang berpindah pekerjaan mengalami peningkatan pendapatan riil mereka dibandingkan bulan yang sama pada tahun sebelumnya. 

Pada tahun ini, manfaat karyawan menjadi sorotan. Menurut Laporan Tren Perekrutan dan Tempat Kerja Memang & Glassdoor 2023, pekerja AS yang berusia 25-54 mengatakan tunjangan menjadi semakin penting dalam mempertimbangkan tempat kerja yang dipilih. 

Laporan juga menekankan, bahwa asuransi kesehatan memiliki kenaikan sebesar 44% untuk pekerja berupah lebih tinggi, cuti berbayar mencapai 74%, dan manfaat rencana pensiun meningkat sebesar 56%.

Kesimpulan

Manfaat karyawan yang diberikan oleh perusahaan bervariasi tergantung pada ukuran perusahaan, industri, dan lokasi geografisnya. Sebagian besar perusahaan memiliki beberapa manfaat karyawan yang ditawarkan, tetapi tidak semua manfaat tersedia untuk semua karyawan. Beberapa manfaat mungkin hanya tersedia bagi karyawan yang telah bekerja di perusahaan tersebut selama jangka waktu tertentu atau yang memenuhi kriteria tertentu.

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.