Blog post

Tips Memotivasi Diri saat Mental sedang Tak Sehat

01/01/2023Rahmat S

Hi, Klobbers! Pernahkah kamu mengalami situasi mental yang tidak sehat, padahal kamu sedang mengambil tugas dan tanggung jawab dalam sebuah pekerjaan? Jika kamu sedang mengalami stres dan sedang berjuang untuk memulihkan kembali semangat bekerja tips berikut ini bisa kamu coba untuk membantumu mengatasi kondisi puncak mental yang tidak sehat. 

Buat Rencana Harian

Memiliki segudang tugas dan kewajiban seringkali membuat stres dan menyebabkan kehilangan motivasi. Salah satu cara untuk mengatasi situasi ini adalah manajemen waktu yang tepat. Kamu bisa memulai membuat rencana harian yang menyenangkan agar kondisi fisik dan mentalmu seimbang, sehingga kamu bisa mengerjakan tugas dan kewajibanmu dengan baik. Rencana harian dapat membantumu lebih terarah dalam menjalani kehidupan sehari-hari tanpa harus merasa tertekan dengan segudang pekerjaan. Mulailah kegiatan harian dengan berolahraga, kemudian meluangkan waktu untuk bekerja sedikit demi sedikit, hingga meluangkan waktu untuk diri sendiri. 

Buat Skala Prioritas

Kondisi mental yang kacau akan mengganggu langkahmu untuk melakukan sesuatu, sebab dalam pikiranmu, tugasmu adalah beban, sehingga sering kali kamu kebingungan untuk hal yang harus didahulukan selesai. Tak perlu khawatir, cobalah buat skala prioritas dari setiap tugas-tugasmu, sehingga kamu tahu tugas yang harus kamu dahulukan karena mendesak dan tidak. Perlahan, dengan skala prioritas yang telah kamu buat, kamu dapat menyelesaikan pekerjaanmu. 

Tulis Perkembangan Pencapaianmu

Tidak ada salahnya untuk menulis semua perkembangan pencapaianmu setelah membuat skala prioritas, ini akan membantumu termotivasi untuk segera menyelesaikan tugas-tugasmu. Cara ini juga dapat membantumu menganalisa kemampuan yang kamu miliki dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab, sehingga dapat kamu jadikan acuan evaluasi diri. 

Berikan Dirimu Waktu dan Ruang Nyaman 

Tidak apa-apa untuk merasa sedang tidak baik-baik saja. Kamu perlu jujur terhadap dirimu, ketika sedang dalam kondisi mental yang tidak baik. Berikanlah dirimu ruang nyaman untuk sekadar beristirahat atau melakukan hal-hal yang kamu inginkan. Kamu juga bisa gunakan teknik “take five”, yaitu sebuah teknik membebaskan diri dari tekanan pekerjaan selama 5 menit berulang. Dalam kondisi ini, kamu juga harus mampu menganalisa hal-hal yang membuatmu terhambat melakukan pekerjaan, dengan demikian kamu tau langkah apa yang dapat kamu ambil untuk mengatasi hambatan tersebut. 

Cobalah Buat Daftar Putar Musik

Tips ini bisa kamu coba untuk mengembalikan mood atau sekadar penyemangat dalam beraktivitas. Tips ini akan membantumu lebih relaks saat kondisi mental yang tidak sehat, seperti kurang motivasi, dan cemas. Pilihlah lagu-lagu yang kamu suka dan sesekali menambahkan daftar putar lagu baru untuk menarik perhatianmu.

Ubah Pola Makan dan Minum

Kesehatan mental juga dapat memengaruhi kondisi kesehatan fisikmu, lho. Memerhatikan makanan dan minuman yang masuk dalam tubuhmu juga merupakan hal yang penting. Ini bertujuan untuk menjaga dirimu agar tetap fokus menjalankan aktivitas dan menyelesaikan pekerjaanmu. 

Nah, itulah seputar tips mengembalikan motivasi diri agar kamu dapat kembali bekerja dan menyelesaikan tugas serta tanggung jawabmu. Selamat mencoba.

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.