Blog post

Pentingnya Mengikuti Webinar Bagi Pekerja

16/10/2022Sandy Patricia

Hi Klobbers!

Di era modern ini, banyak perubahan dan perkembangan yang kita hadapi. Sebagai contoh, ketika pandemi Covid-19 melanda, kita dipaksa untuk tetap produktif bekerja – juga tidak lupa untuk menjaga kesehatan. Sehingga, kegiatan bekerja banyak dilakukan secara online, sampai muncul istilah Work From Home (WFH) atau Work From Anywhere (WFA). 

Selain itu, dalam memajukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) perusahaan, pembelajaran dan pelatihan juga dilaksanakan secara online. Walaupun dilaksanakan secara online, tetapi kita tidak boleh patah semangat ya, Klobbers!

Pembelajaran yang dilakukan secara online atau yang kita sebut dengan seminar online, tentunya memiliki banyak manfaat. Kalian tidak harus menghabiskan banyak biaya transportasi, dan dapat menghemat waktu. Karena bersifat online, kalian juga dapat mempelajari atau memperdalam topik-topik yang kamu ingini dalam rentang waktu yang singkat. Seminar online dapat disebut sebagai webinar – yaitu kegiatan seminar melalui situs web atau aplikasi. 

Nah buat Klobbers yang belum tahu manfaat mengikuti webinar, sekarang kita akan membahas satu per-satu di bawah ini, yuk kita lihat!

Memperdalam Wawasan

Ketika kita menempuh pendidikan formal seperti sekolah dan universitas, kita tentunya dituntut untuk mempelajari banyak hal. Namun, apa yang kita pelajari biasanya terbatas bidang yang kita pilih dan juga bersifat formal. Sehingga, pengetahuan yang kita dapatkan bersifat general atau umum. Oleh karena itu, dengan adanya webinar, kita bisa mempelajari hal baru yang tidak dipelajari saat kita berada di pendidikan formal. 

Dengan mengikuti webinar, kamu tidak perlu memiliki latar belakang yang sama dengan pendidikan formal kamu. Kamu bisa bebas memilih apapun yang ingin kamu pelajari. Bahkan, ini bisa menjadi alternatif kamu dalam berkarir. 

Mendapat E-Sertifikat

Setelah mengikuti webinar, kamu tentunya mendapatkan keuntungan berupa E-Sertifikat. Apa sih gunanya memiliki sertifikat? Buat kamu fresh graduate maupun yang tidak, memiliki sertifikat tentunya dapat membantu kamu dilirik oleh para rekruter. Dengan memiliki sertifikat, kamu juga dianggap aktif dan memiliki ambisi untuk mempelajari hal baru. Sertifikat juga dapat menandakan kamu ahli dan fasih dibidang yang kamu tekuni. Sehingga, nilai profesionalisme dalam bidang yang kamu pelajari pun bertambah. 

Koneksi

Dalam sesi webinar, kamu akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki latar belakang berbeda. Kesempatan kamu untuk memperluas koneksi pun akan semakin besar. Kegiatan tersebut juga mengumpulkan individu yang ingin sama-sama belajar, sehingga menimbulkan rasa empati yang tinggi, dibandingkan rasa kompetitif. 

Kesempatan Tanya Jawab dengan Pakar

Banyak orang tertarik mengikuti webinar dikarenakan oleh narasumber yang hendak membawakan topik pembelajaran. Biasanya, narasumber pengisi kegiatan webinar, sudah memiliki nama dan memiliki kompetensi yang terpercaya sesuai bidang yang mereka pelajari. Sehingga, ketika sesi berlangsung, manfaatkan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi dengan narasumber yang ada. Siapa tahu kamu juga bisa memiliki koneksi dengan narasumber tersebut.

Selain manfaat di atas, dengan mengikuti webinar, kamu juga bisa membuka peluang untuk terus berkembang. Terdapat beberapa webinar yang sifatnya sebagai wadah untuk pelatihan dan perkembangan. Hal ini penting dilaksanakan, guna untuk menyamaratakan skil yang dimiliki oleh pekerja dalam suatu perusahaan. 

Good Luck dalam melatih diri kamu untuk terus menjadi yang terbaik! 

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.