Blog post

Cara Melewati Masa Probation di Tempat Kerja

29/06/2022Nadine K

Hi Klobbers!

Seperti yang kamu semua tahu, perjalanan karier kamu tidak hanya berakhir saat mendapatkan pekerjaan. Saat kamu memulai kerja pada hari pertama, banyak perusahaan menganggap periode ini sebagai masa probation kamu. Masa probation atau juga sering disebut masa percobaan ini berlangsung antara 1-6 bulan dan digunakan untuk manajemen untuk melihat apakah kamu orang yang paling tepat untuk posisi itu. Ini adalah waktu yang penting dalam karir baru kamu untuk membuktikan diri dan mengesankan rekan kerja kamu. Ada banyak ketentuan berbeda antara perusahaan tentang apa yang dimaksud dengan masa percobaan dan bagaimana mereka mengukur kinerja kamu. Namun, hanya melewatinya adalah tantangan utama kamu sebagai karyawan baru.

Di sini kami memiliki beberapa tips untuk membantu kamu melalui periode penting ini. 

Buat first impression yang baik

Kamu hanya dapat membuat first impression atau kesan pertama sekali dan ketika kamu melakukannya, kena inilah yang akan diingat orang-orang. Dalam beberapa hari pertamamu, berhati-hatilah dalam cara kamu menampilkan diri. Ini termasuk cara kamu berpakaian, sikapmu, serta semua tindakanmu. Pastikan untuk datang tepat waktu dan menyapa semua rekan kerja baru. Tunjukkan kerendahan hati, bersikap positif, dan terbuka terhadap ide dan orang baru.

Selesaikan tugas kamu dan jangan takut untuk bertanya

Salah satu yang pasti akan diukur saat periode probation adalah seberapa baik kamu dapat menyelesaikan tugas. Pastikan untuk tidak melewatkan deadline, selalu periksa kembali pekerjaan kamu untuk menghindari hasil yang tidak rapi, dan jangan takut untuk mengajukan pertanyaan untuk mengklarifikasi instruksi atau mempelajari cara melakukan sesuatu dengan benar. Sebagai karyawan baru, rekan-rekanmu tidak akan mengharapkan kamu untuk dapat melakukan segala sesuatu dengan sempurna, hingga kamu sebenarnya diharapkan untuk mengajukan pertanyaan dan belajar sambil bekerja. 

Integrasikan diri kamu di dalam perusahaan

Kenali rekan kerja dan supervisor kamu. Jangan membatasi diri hanya pada orang-orang di dalam tim kamu, tetapi bercabang ke unit bisnis dan staf kantor lainnya. Bersikap terbuka dan komunikatif adalah hal positif yang harus dimiliki seorang anggota tim. Berkenalan dengan rekan-rekan sekitar akan membantu dalam dua cara: di satu sisi kamu akan segera terbiasa dengan semua karakter dan budaya tempat kerja baru, dan di sisi lain kamu dapat memperluas jaringan profesional dan sosial kamu. 

Ambil inisiatif dan ambil peluang

Sebagai karyawan baru, kamu mungkin merasa gugup untuk berbicara atau menonjol di lingkungan baru. Namun, jika kamu dapat berkontribusi secara konstruktif untuk percakapan atau proyek, ini pasti akan memberimu poin tambahan di mata supervisor. Berani untuk berinisiatif menunjukkan tingkat keberanian dan kepercayaan diri yang berharga. Jangan lupa, bagaimana kamu bisa berharap untuk maju dalam kariermu jika kamu tidak berani mengambil risiko?

Tetap jaga diri

Kamu mungkin merasa tekanan untuk melakukan tugas kamu dengan sempurna dalam beberapa bulan pertama ini. Meskipun ini dapat membantu, sama pentingnya untuk beristirahat dan menjaga diri sendiri. Ambil kesempatan ini untuk mengetahui kapasitas kamu untuk bekerja dan jangan terlalu memaksakan diri. Pertahankan pola pikir positif dan belajarlah untuk mengelola stres kamu. Jangan sampai kamu jatuh sakit dan kehilangan waktu berharga untuk membuktikan diri sebagai aset bagi perusahaan kamu. 

Sebelum kamu menyadarinya, masa percobaan tiba-tiba sudah berlalu dan kinerja kamu akan dinilai secara resmi. Jika kamu telah mengikuti semua tips yang kami sebutkan di atas, tidak perlu khawatir lagi karena kemungkinan besar kamu telah membuat atasan kamu terkesan. Ini hanya permulaan karirmu, Klobbers. Yuk, lanjutkan!

sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.