Blog post

Ingin Mencapai Work-Life Balance? Yuk, Atur Waktumu!

09/04/2022Arifa Dwiratri

Halo Klobbers! Siapa sih di sini yang tidak ingin memiliki Work-Life Balance dalam hidupnya? Kamu bisa bekerja secara produktif, namun juga bisa beristirahat atau bersenang-senang dengan baik. Terlebih, di era digital seperti ini, banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote atau dari jarak jauh. Sehingga, kamu bisa mengerjakan pekerjaanmu dari tempat-tempat yang menyenangkan namun pekerjaan juga bisa diselesaikan dengan baik.

Hm, menarik ya, apalagi untuk Gen Z dan Millennials?

Namun, pada kenyataannya, Work-Life Balance tidak semudah itu bisa kita capai. Dibutuhkan kemampuan time management atau pengaturan waktu dengan baik agar kehidupan pekerjaan dan pribadimu bisa berjalan sesuai dengan porsinya masing-masing. Lalu, gimana sih cara kita mengatur waktu agar semuanya seimbang? Yuk, simak artikel berikut!

Membuat Perencanaan Setiap Hari

Pagi hari sebelum memulai bekerja, atau di malam sebelumnya, sebaiknya kamu membuat plan mengenai tugas-tugas dan aktivitas apa yang akan kamu kerjakan di hari itu. Misalnya, di pagi hari kamu ada meeting, lalu dilanjutkan dengan membuat report, dan seterusnya.

Kamu bisa membaginya menggunakan bullet points atau menggunakan aplikasi seperti Evernote, Basecamp, dan aplikasi lainnya untuk membuat perencanaan. Pastikan kamu menjalani semua rencanamu dengan teratur ya! Hindari prokrastinasi yang hanya akan membuat rencanamu jadi berantakan!

Time Management Matrix

Mungkin Eisenhower Matrix sudah tidak terdengar asing lagi di telingamu. Yup, Eisenhower Matrix adalah sebuah metode pemetaan aktivitas untuk membantu dalam membuat skala prioritas yang ditemukan oleh Dwight D Eisenhower, seorang mantan Presiden Amerika Serikat ke 34.

Kamu bisa melihat contoh gambar di bawah ini untuk memetakan setiap aktivitas yang akan kamu kerjakan berdasarkan urgensi dan kepentingan.

Sumber gambar: Luxafor

Setelah kamu mengetahui aktivitas mana dengan tingkat urgensi dan kepentingan yang paling tinggi, maka kamu akan bisa mengurutkan skala prioritas dan mengerjakannya berdasarkan urutan yang sudah dibuat. Selamat mencoba!

Meminimalisir Distraksi

Salah satu hal yang bisa menyebabkan tertundanya pekerjaan kita adalah distraksi. Hal ini akan kamu temui sehari-hari. Misalnya, kamu sedang fokus mengerjakan sebuah dokumen, lalu tiba-tiba sebuah notifikasi Instagram di handphone mu masuk dan kamu berakhir membuka Instagram dan scrolling timeline.

 Alhasil, pekerjaanmu jadi tidak selesai sehingga kamu membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dan memakan waktu lainnya yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk berkegiatan lain. Oleh sebab itu, kamu perlu meminimalisir kemungkinan distraksi yang akan terjadi. Misalnya, dengan menon-aktifkan notifikasi sosial media selama bekerja, atau tidak membuka tab lain yang berisi non-pekerjaan.

Itulah tiga tips mengatur waktu yang bisa kamu lakukan untuk menjaga Work-Life Balance. Walaupun mungkin dalam kenyataannya pembagian waktumu tidak seimbang seutuhnya, namun paling tidak, pekerjaan dan kegiatanmu yang lainnya tidak terbengkalai. Yuk, mulai menjalani aktivitas dengan teratur, Klobbers!

Jangan lupa membaca artikel menarik lainnya di Blog by Klob ya!

Sumber:

https://www.aerotek.com/en/insights/work-life-balance-time-management-skills-that-work

https://luxafor.com/the-eisenhower-matrix/

Berikan Komentar

Your email address will not be published.