Blog post

Tips Bahagia Sepanjang Perjalanan Dinas!

01/04/2022Kontributor Blog by Klob

Ditulis oleh: Laksita Gama Rukmana

Halo Klobbers!

Selama bekerja kamu pasti akan mengalami yang namanya perjalanan dinas baik ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Perjalanan dinas ini bisa dilakukan sendiri, berangkat bersama sesama rekan kerja, dengan atasan atau dengan staff. Perjalanan dinas ini juga bisa dilakukan dengan transportasi umum atau bahkan menggunakan transportasi pribadi dari kantor. Pada artikel ini aku akan berbagi tips seru perjalanan dinas supaya kamu tetap waras sepanjang perjalanan.

Pahami Maksud dan Tujuan Perjalanan Dinas

Sebelum melakukan perjalanna dinas kamu harus tau tujuan perjalanan ini untuk apa.  Misalnya kamu bersama rekan kerjamu ditugaskan untuk mengerjakan sebuah proyek video testimoni masyarakat terhadap infrastruktur yang sudah dibangun.  Kamu harus tau dimana lokasi shootingnya, siapa yang akan di wawancarai dan poin-poin penting yang harus ada dalam sebuah proyek video tersebut. Saat kamu memahami maksud dan tujuan perjalanan dinas, selama di perjalanan kamu akan fokus sehingga segala tanggung jawab pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik. 

Kenali Karakter Rekan Kerja 

Saat melakukan perjalanan dinas terkadang kamu berangkat bersama rekan kerjamu. Kamu harus tau dengan siapa kamu melakukan perjalanan dinas. Saat kamu berangkat dengan atasan, tentu kamu harus menjaga sopan santun, pahamilah karakternya misalnya atasan kamu adalah tipical orang yang tepat waktu maka jadilah orang yang tepat waktu selama perjalanan.  Atau mungkin kamu berangkat dengan sesama rekan kerjamu, kamu juga perlu memahami karakteristik pribadinya, misalnya rekan kerja kamu ini adalah orang yang pelor alias gampang tidur, jadi semisal sedang di transportasi Ia mudah terlelap tidur kamu harus terbiasa dengan hal tersebut. Atau misalnya kamu berangkat bersama staff kamu, kamu bisa menjadi sosok inspiratif bagi Ia yang mungkin masih baru dan beradpasti dengan kantor dan dunia kerja. 

Bawalah Perlangkapan yang Kamu Butuhkan

Melakukan perjalanan dinas berarti kamu akan melakukan kehidupan di “jalan”. Bawalah segala keperluanmu dengan detail agar merasa nyaman dijalan. Misalnya bawa alat mandi (meskipun mungkin di hotel tersedia), bawalah pakaian dengan berlebih agar tidak perlu membeli jika pakaianmu kotor atau basah, bawalah obat-oabatan yang kamu perlukan, bawalah bekal makanan jika misalnya dijalan kulinernya tidak sesuai dengan seleramu, bawalah vitamin atau hal yang dapat memperkuat imun, bawa juga hal yang kamu sukai untuk menunjang mood kamu seperti buku, playlist lagu dan lain-lain. Alat kantor juga tidak perlu ketinggalan lho, misalnya laptop, charger laptop, charger HP, alat tulis, printer portable dan lain-lain. Ohya, di tengah Pandemi Covid-19 seperti saat ini jangan lupa membawa perlengkapan untuk menunjang protocol kesehatan seperti misalnya cadangan masker dan juga handsainitiser. 

Jadilah Adaptif

Selama perjalanan dinas terkadang kita akan menemui hal yang diluar kuasa kita seperti misalnya perjalanan tidak sesuai jadwal, kendaraan mogok, kecelakaan, client yang ingin ditemui tidak sesuai harapan, kesulitan mencari penginapan, tidak sependapat dengan rekan kerja dan lain-lain. Untuk mengatasi hal tersebut kamu harus tetap semangat dan menjaga emosi agar tetap mindfulness selama melakukan perjalanan dinas. Yakinlah bawa bersama kesulitan pasti ada kemudahan. Justru pengalaman selama perjalanan dinas akan membuatmu semakin mengenal rekan kerja dan juga atasanmu. 

Nah demikianlah tips seru perjalanan dinas dari aku. Semoga artikel ini dapat membuat Klobbers semangat melakukan perjalanan dinas ya. Semangat terus bekerja dan berkarya untuk dirimu sendiri dan juga keluarga tercinta. Jangan lupa untuk membaca artikel bermanfaat lainnya di Blog by Klob! dan mencari informasi lowongan pekerjaan terkini di Klob.id agar kamu bisa segera memulai perjalanan dinasmu!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.