Blog post

Hal yang Perlu Dimiliki untuk Bekerja di Industri Broadcasting

19/11/2019Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Apakah kamu senang berbicara di depan orang banyak? Jika iya, kamu memiliki kesempatan untuk bekerja di industri broadcasting. Secara luas industri ini bergerak dalam pendistribusian konten video dan audio melalui alat komunikasi massal. Sejalan dengan perkembangan teknologi, alat komunikasi menjadi lebih beragam. Yang awalnya hanya radio dan televisi, sekarang sudah ada video streaming dan juga podcast atau audio streaming di internet.

Beberapa contoh bidang pekerjaan dalam industri broadcasting seperti Radio Announcer, MC, Voice Dubber dan juga Podcaster. Orang Indonesia yang ahli dan memiliki pengalaman dalam semua bidang ini adalah kak Ankatama Ruyatna. Bagi kamu yang tertarik bekerja di industri Broadcasting, kak Anka mempunyai beberapa saran mengenai hal-hal yang harus kamu miliki:

1. Passion

Hal yang utama yang dibutuhkan untuk bekerja di industri broadcasting adalah passion! Jika kamu memiliki passion dalam bidang apapun, karier kamu akan beranjak karena prioritas kamu dalam bekerja adalah mencapai goals atau impian dalam hidup kamu.

2. Announcing Skill

Sebagai penyiar, kamu hanya perlu membawa diri sendiri saat siaran. Oleh karena itu, kamu perlu memiliki announcing skill. kemampuan ini bisa dipelajari saat kamu kuliah di bidang communication. Namun, kamu bisa mempelajari ilmu ini melalui kelas pelatihan yang tersedia di mana mana. Bahkan kamu bisa belajar melalui konten di internet seperti di YouTube dan sebagainya. Dua contoh dari kemampuan ini adalah cara artikulasi dan intonasi.

3. Kenal Diri Sendiri

Di industri broadcasting kamu akan bertemu dengan banyak orang. Agar kamu bisa nyaman berkenalan dengan orang lain, kamu harus mengenal diri sendiri terlebih dahulu. Dengan begitu kamu akan lebih mudah mengenalkan diri kepada orang lain. Ini akan berguna agar kamu bisa merepresentasikan diri sendiri atau perusahaan dimana kamu bekerja.

4. Ice Breaking Skill

Mewawancarai tokoh terkenal dan inspiratif adalah hal yang biasa di industri broadcasting. Jika kamu tidak terbiasa, kamu akan mudah gugup. Untuk menyiasati hal ini kamu perlu melakukan ice breaking. Sebelum wawancara, luangkan waktu untuk berbincang-bincang dengan lawan bicara kamu untuk mengenal orang tersebut. Dengan begitu, kamu akan lebih lancar berbincang saat on air.

Semoga ini dapat membantu kamu dalam mempersiapkan diri untuk bekerja di industri broadcasting. Untuk Belajar lebih lanjut, simak video Klob Talk Bersama Kak Anka di YouTube Channel Klob! Good luck Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.