Blog post

Tips Sukses Magang untuk Klobbers

26/09/2019Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Magang adalah tahap yang penting dalam mengenal dunia pekerjaan. Untuk yang belum mempunyai pengalaman kerja, ini bisa menjadi kesempatan yang baik untuk terjun sekaligus belajar tentang dunia pekerjaan. Untuk kamu yang ingin magang dengan sukses, yuk ikuti tips berikut:

1. Kenali Perusahaan

Pastikan kamu mengenal perusahaan yang kamu daftar. Setiap perusahaan mempunyai kultur kerja yang berbeda, nilai yang berbeda, dan juga cara menyelesaikan masalah yang berbeda. Tugas kamu adalah mencari tahu informasi-informasi tersebut sebelum memulai magang. Caranya dengan melakukan riset di internet, bertanya ke teman atau orang yang bekerja di perusahaan tersebut, dan bertanya ke recruiter saat kamu interview. Jika kamu tahu akan informasi-informasi ini, kamu akan menjadi lebih mudah menentukan jika kamu akan cocok dengan perusahaan tersebut.

2. Jangan Takut Bertanya

Sebagai karyawan magang, kamu mempunyai banyak kesempatan untuk belajar. Selayaknya orang baru, kamu mesti bertanya jika kamu memiliki kendala dalam melaksanakan pekerjaan. Kamu bisa bertanya kepada orang sekitar kamu. Jangan sampai menjadi sulit karena kamu malu bertanya. Namun jangan lupa, kamu sebaiknya bertanya pada waktu yang tepat, artinya kamu harus melihat situasi orang yang kamu ingin tanyakan. Jika pertanyaan kamu tidak mendesak dan orang yang akan kamu tanyakan sedang sibuk, sebaiknya kamu mencari waktu lain untuk bertanya.

3. Bangun Etika Kerja

Etika kerja sangatlah penting karena ini akan berpengaruh dengan performa kamu. Periode magang bisa menjadi peluang untuk kamu bisa membangun etika kerja yang kuat. Kamu bisa memulai dengan hal-hal yang kecil seperti datang tepat waktu, tidak sering izin atau bolos, dan menyelesaikan tugas sesuai waktu yang ditentukan. Jika etika kerja kamu baik, perusahaan juga akan tertarik untuk mempekerjakan kamu sebagai karyawan tetap.

4. Magang di Bidang yang Kamu Minati

Pastikan kamu magang di bidang yang minati. Ini adalah hal penting yang terkadang yang bisa terlalaikan. Mungkin ada beberapa dari kamu yang hanya ingin pengalaman kerja. Kamu boleh magang di bidang apa saja. Namun, jika kamu magang di bidang yang diminati, kamu akan lebih bersemangat dan lebih produktif. Ini akan membuat pengalaman magang kamu lebih menyenangkan.

Semoga tips ini dapat membantu kamu untuk menjadi karyawan magang yang sukses. Bagi yang ingin mengetahui minat kerja kamu, kunjungi Klob.id dan ikut tes minat kerja di Klob Meter. Sukses selalu ya Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.