Blog post

Tips agar CV Kamu Memikat Perusahaan Idaman

30/04/2019Nabilah Zullyan

Pernah dengar kan tagline iklan “kesan pertama begitu menggoda”? Pasti kamu pernah merasakan perasaan itu ketika ada perusahaan idaman kamu sedang membuka lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat kamu! Tergoda untuk buru-buru membuka email dan mengirimkan CV-mu?  

Sebenarnya yang merasa “tergoda” bukan hanya kamu lho! Perusahaan pun sering merasakan hal yang sama jika mereka melihat CV yang memikat hati!  Penasaran bagaimana caranya membuat CV yang bisa memikat hati perusahaan? Klob punya 5 tips buat kamu!

1. Kirimlah CV Kamu dengan Subjek Email yang Tepat

Setiap hari HRD mendapatkan puluhan hingga ratusan  email dan cara mereka untuk mencari kandidat yang melamar pekerjaan adalah melalui filtering subject atau mencari judul email dengan keywords. Saat melamar perkerjaan, jangan sampai kamu mengosongkan subjek email, tetapi tulislah subjek email dengan posisi lamaran dan nama kamu.

Contoh Subjek Email : “Lamaran Pekerjaan Accounting – Adi Nugroho

2. Tulislah Body Email dengan Kalimat Formal dan Sopan

Seperti sinopsis yang ada di back cover sebuah novel, disusun sedemikian rupa dengan kalimat yang menggoda orang untuk membaca novel. Begitupula dengan kalimat yang kamu susun pada body email, ini adalah saatnya kamu memberikan kesan pertama yang baik kepada perusahaan. Tulis alasan kenapa kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut dan hal-hal menarik tentang diri sendiri, seperti kepribadian kamu.

Jangan lupa menggunakan kalimat yang formal dan sopan dalam penulisan  untuk menunjukkan bahwa kamu serius. Hindari menggunakan bahasa sehari-hari yang berakibat membuat kamu tidak terlihat profesional.

3. Gambarkan Prestasi dan Pencapaian yang Pernah Kamu Raih

Jika kamu memiliki prestasi jangan pernah ragu untuk mencantumkannya. Misalnya, kamu ingin melamar pada posisi copywriting, tahun 2018 kamu menjadi juara ketiga membuat cerita pendek tingkat universitas. Prestasi tersebut bisa dicantumkan dalam CV.

Tonjolkan prestasi yang mempunyai kaitan dengan posisi yang kamu lamar. Dengan begitu kamu akan memiliki nilai tambah dimata perusahaan.

4. Hindari Kesalahan Penulisan Data Diri dan Typo!

Penulisan yang salah atau typo terlihat seperti kesalahan yang sepele. Namun jika kamu melakukannya, kamu akan terlihat tidak teliti dan tidak profesional. Apalagi posisi yang kamu lamar membutuhkan ketelitian.

Oleh karena itu, pastikan berulang kali sebelum mengirimkan lamaran pekerjaan. Kamu juga bisa meminta bantuan teman atau orang tua-mu untuk menjadi mata kedua.

5. Jangan Menggunakan Desain CV yang berlebihan

Desain yang kamu gunakan dalam membuat CV merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, karena desain tersebut menjadi representasi diri kamu di mata perusahaan. Pilihlah desain yang minimalis namun terlihat profesional. Kamu bisa melihat tutorial di youtube atau menggunakan website yang bernama Canva untuk membantu kamu dalam membuat CV yang menarik.

Berikut contoh CV yang salah :  

Ingatlah bahwa hal yang paling penting ialah CV yang kamu buat harus dapat menggambarkan berbagai informasi penting mengenai diri kamu. Semoga tips Klob ini membantu kamu untuk membuat CV dan mempermudah kamu mendapat pekerjaan yang sesuai dengan impian kamu ya!

Semangat mengejar impian Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.