Blog post

Customer Service dan Pentingnya dalam Bisnis (2)

11/07/2024Dwi

Hi Klobbers!

Tidak dapat dipungkiri, terkadang ada produk atau layanan yang kurang memenuhi standar sehingga sebagai pelanggan perlu menyampaikan keluhan atau memberikan feedback pada pihak yang bersangkutan. Di sinilah peran customer service diperlukan untuk dapat menampung keluhan dan memberikan solusi pada para pelanggan.

Jika pelanggan merasa puas akan pelayanan yang baik, maka dapat memberikan citra yang positif dan meningkatkan kepuasan pelanggan agar mereka loyal terhadap brand. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan atau bisnis untuk memastikan bahwa customer service yang disediakan sangat baik untuk menjaga kepuasan pelanggan. Kemudian, apa saja ciri bahwa customer service yang diberikan dapat dinilai baik? Nah, berikut ini beberapa kualitas yang sebaiknya dipenuhi, yaitu:

Active Listening dan Empati

Tentunya ada alasan di setiap keluhan atau kekecewaan yang disampaikan oleh pelanggan. Dengan menerapkan active listening dan empati artinya kamu berusaha menempatkan diri untuk berada di posisi pelanggan dan berusaha memahami pesan yang ingin disampaikan mereka. Dengan demikian, kamu bisa memahami inti permasalahan yang disampaikan dan memberikan respons yang lebih tepat. Dari sisi pelanggan pun, mereka akan merasa lebih dihargai dan dianggap penting oleh perusahaan.

Pengetahuan tentang Produk dan Layanan yang Baik

Para pelanggan tentunya berharap bisa mendapatkan arahan maupun penjelasan yang baik terkait produk dan layanan yang diberikan. Oleh karena itu, persiapkan berbagai kemungkinan pertanyaan yang akan diajukan oleh pelanggan agar mereka yakin bahwa tim customer service yang bertugas benar-benar kompeten dan dapat membantu mereka.

Responsif

Bayangkan jika kamu di posisi sebagai pelanggan yang menyampaikan keluhan namun ditanggapi secara lambat oleh perusahaan atau brand yang bersangkutan. Tentu kamu akan merasa kesal atau jengkel bukan?

Setiap pelanggan tentunya ingin dilayani secara responsif. Jika waktu yang diperlukan untuk mengatasi masalah pelanggan sampai berhari-hari atau sangat lama, mereka akan merasa kecewa dan menilai buruk perusahaan yang bersangkutan. Oleh karena itu, diperlukan kerja yang efektif dan efisien dari tim customer service agar bisa memberikan layanan yang berkualitas.

Profesional

Sebagai perwakilan perusahaan yang akan menghadapi pelanggan secara langsung, kamu perlu bersikap profesional sepanjang waktu. Perlu diingat bahwa ada berbagai tipe pelanggan yang mungkin dihadapi, mulai dari yang dapat diajak bekerja sama (kooperatif) hingga pelanggan dengan respon emosi yang intens seperti marah. Meskipun terkadang tidak mudah, kamu perlu menghadapi setiap pelanggan dengan sopan, hormat, serta tetap tenang dan sabar.

Demikian beberapa ciri dari customer service yang baik. Jika kamu punya rencana membangun atau bahkan sedang menjalankan bisnis, silakan pertimbangkan sisi customer service-nya juga agar bisa menjalin koneksi yang positif dengan pelanggan serta meningkatkan rasa percaya mereka dengan produk dan layanan yang diberikan.

Nah, untuk kamu yang sedang mencari lowongan kerja dan ingin menggali kekuatan serta potensi diri, jangan lupa untuk manfaatkan Klob ya! Ada berbagai psikotes di Klob Meter yang bisa membantu kamu untuk lebih memahami diri serta berbagai lowongan kerja yang bisa diakses di sana. Semoga informasi ini bermanfaat. Stay safe and healthy, Klobbers!

Referensi:

Sumber

Sumber

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.