Customer Service dan Pentingnya dalam Bisnis (1)
Halo Klobbers!
Saat membangun sebuah bisnis, ada banyak sekali detail yang perlu direncanakan secara matang agar bisnis bisa berjalan dan berkembang sesuai harapan. Tidak hanya memikirkan produk, layanan, maupun strategi marketing yang akan digunakan. Namun, kamu juga perlu memikirkan bagaimana cara mempertahankan pelanggan (customer retention) agar bisa mendapatkan profit dari para pelanggan setia.
Nah, salah satu strategi yang bisa dilakukan ialah dengan memberikan layanan pelanggan (customer service) yang baik. Kemudian, apa sih yang dimaksud dengan customer service dan mengapa penting dalam sebuah bisnis?
Seputar Customer Service
Customer service merujuk pada dukungan dan bantuan yang diberikan kepada pelanggan, baik sebelum, selama, dan setelah pelanggan membeli sebuah produk atau layanan. Dapat dikatakan bahwa customer service berperan sebagai perwakilan perusahaan karena akan berinteraksi langsung dengan pelanggan. Tanggung jawabnya pun cukup beragam, meliputi:
- Menjawab pertanyaan dari pelanggan
- Menerima keluhan dan memberikan solusi pada pelanggan
- Follow-up kendala yang disampaikan oleh pelanggan
- Memberikan arahan maupun saran kepada pelanggan
Ada beberapa tipe customer service yang biasanya disediakan oleh perusahaan. Mulai dari pelayanan secara langsung (in-person), melalui saluran telepon, email, media sosial, hingga live chat.
Mengapa Penting dalam Bisnis?
Saat menjual sebuah produk atau layanan, ada kemungkinan bahwa pelanggan akan mengalami kebingungan atau masalah terkait produk yang dibeli. Di saat itulah mereka akan mencari perwakilan perusahaan atau brand untuk menyampaikan keluhannya. Nah, di sinilah peran atau fungsi dari customer service sebagai perwakilan perusahaan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.
Jika pelanggan mengetahui bahwa ada customer service yang akan membantu mereka dalam menyelesaikan masalah atau memberikan arahan, pelanggan akan merasa lebih tenang atau yakin untuk membeli produk karena adanya perwakilan perusahaan yang dapat dihubungi jika terjadi sesuatu di masa mendatang. Namun tidak hanya sampai di situ, kualitas layanan pun sangat penting diperhatikan.
Jika merasa puas akan layanan yang diberikan, mereka akan merasa senang dan meningkatkan kemungkinan menjadi pelanggan yang setia. Bahkan pelanggan yang baru pertama kali membeli produk atau layanan bisa menjadi pelanggan setia yang akan terus kembali membeli produk dan menggunakan layanan dari perusahaan. Selain dapat mempertahankan pelanggan, ada beberapa manfaat lainnya dari menyediakan customer service yang baik, yaitu:
- Mempertahankan karyawan (employer retention). Jika pelanggan merasa puas, artinya semakin besar kemungkinan mereka melakukan pembelian berulang dan nantinya akan berkaitan dengan keuntungan yang didapat oleh perusahaan. Apabila penjualan bagus dan perusahaan mendapat keuntungan, maka semakin besar juga kemungkinan karyawan untuk sejahtera dan terhindar dari Selain itu, ada juga karyawan yang cenderung ingin bertahan bekerja di suatu perusahaan karena mengetahui perusahaan tempatnya bekerja memprioritaskan para pelanggannya.
- Kemungkinan dipromosikan oleh para pelanggan setia. Salah satu strategi marketing yang terkenal ialah word of mouth marketing, di mana para pelanggan setia dengan sukarela akan mempromosikan sebuah brand kepada para kenalannya. Hal ini tentunya tidak terlepas dari rasa percaya dan pengalaman positif yang dimiliki para pelanggan terhadap
- Nilai plus yang membedakan kamu dari brand. Persaingan dengan kompetitor lain cukup ketat sehingga kamu perlu menampilkan sisi yang berbeda untuk menarik minat pelanggan. Jika kamu mampu memberikan pengalaman yang berkesan dan positif pada para pelanggan, bisa menjadi nilai plus yang membedakan kamu dari brand lainnya.
–
Demikian pembahasan seputar customer service dan manfaatnya dalam bisnis. Selanjutnya kita akan membahas tentang ciri-ciri customer service yang baik dalam artikel Klob part 2. Sampai jumpa dalam artikel berikutnya, Klobbers!