Merasa Sulit Menjalin Koneksi Sosial? Ini Tipsnya!

08/03/2024Dwi

Hi Klobbers!

Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita memerlukan bantuan orang lain. Mungkin untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga memenuhi kebutuhan emosional. Dengan demikian, menjalin hubungan atau koneksi sosial menjadi hal yang krusial.

Namun sayangnya, terkadang mungkin kamu merasa sulit untuk menjalin koneksi sosial. Mungkin kamu khawatir bahwa percakapan tersebut akan canggung, orang lain mungkin akan merasa bosan dengan kamu, atau mungkin karena berbagai alasan lainnya. Bahkan jika ada banyak orang di sekitar kamu namun kamu merasa sulit untuk menjalin koneksi sosial, bisa terasa menyulitkan atau menyakitkan bagi individu.

Padahal, menjalin koneksi sosial dengan orang lain memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan mental dan kesejahteraan kamu. Oleh karena itu, apabila kamu berada dalam situasi ini dan ingin mengatasinya, yuk simak beberapa tips berikut ini!

Bertemu dengan Orang Baru

Mungkin kamu merasa kesulitan saat berusaha menjalin koneksi dengan orang lain kemudian memilih untuk menjauh bahkan menghindari bertemu dengan hampir semua orang. Sebenarnya, saat mengalami hal yang tidak menyenangkan kemudian mengambil waktu sejenak untuk sendiri atau me-time wajar saja dilakukan agar bisa menenangkan diri dan merasa lebih baik. Namun, jangan sampai terlalu lama atau memutuskan untuk menghindari orang lain sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Kemudian, apa yang bisa dilakukan?

Mungkin kamu bisa mencari aktivitas di mana kamu bisa terhubung dengan orang lain yang memiliki minat atau hobi sama. Tidak perlu terburu-buru, kamu bisa coba melakukannya secara perlahan. Mungkin mulai dengan menyapa orang lain atau dilanjutkan dengan mencoba melakukan small talk terkait dengan kesamaan minat yang dimiliki. Nah, hal sederhana seperti itu juga bisa membantu kamu merasa terhubung dengan orang lain, lho.

Tingkatkan Kemampuan Komunikasi Kamu

Apabila menyadari bahwa menjalin koneksi dengan orang lain terasa sulit karena kurangnya kemampuan komunikasi kamu, maka kamu bisa coba untuk meningkatkannya. Misalnya dengan mengikuti seminar atau kelas untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi, mencoba latihan secara mandiri atau dengan bantuan orang terdekat untuk melatih kelancaran berkomunikasi, dan lain sebagainya.

Silakan belajar dan berlatih untuk meningkatkan skill ini. Semakin meningkatnya skill komunikasi kamu, maka akan semakin mudah untuk menjalin koneksi dengan orang lain. Nah, hal ini nantinya akan membawa manfaat dalam kehidupan sehari-hari dan profesional kamu.

Terapkan Active Listening

Apakah kamu merasa sulit menjalin koneksi dengan orang lain karena dinilai sering kurang tepat dalam menangkap pesan yang disampaikan lawan bicara sehingga terjadi salah paham? Atau mungkin kamu sering mendapatkan keluhan dari orang sekitar karena mereka merasa kurang dihargai saat berbicara? Jika iya, mungkin kamu belum menerapkan skill mendengar secara aktif (active listening), Klobbers.

Salah satu hal penting dalam komunikasi ialah bagaimana kamu menangkap pesan secara utuh dari lawan bicara sehingga meminimalisir kemungkinan salah paham karena pesan yang ditangkap kurang lengkap. Nah, untuk mewujudkan hal ini, kamu bisa coba menerapkan kemampuan active listening.

Active listening bisa memberikan manfaat positif dalam memelihara relasi dengan orang lain. Dengan menerapkannya, kamu bisa menangkap pesan dari lawan bicara secara utuh serta membuat lawan bicara merasa diperhatikan dan dihargai selama berkomunikasi. Bahkan bukan hanya mampu membantu kamu untuk membangun koneksi dengan orang baru, namun juga bisa meningkatkan kualitas hubungan yang telah terjalin dengan orang lain.

Habiskan Waktu dengan Orang Terdekat

Jika menjalin koneksi dengan orang baru terasa sulit atau merasa kehilangan koneksi dengan orang lain, coba lihat kembali bagaimana koneksi dengan orang terdekat kamu, misalnya keluarga dan teman-teman terdekat. Apakah mungkin koneksi kamu dengan mereka juga semakin menurun?

Jika iya, kamu bisa coba menghabiskan lebih banyak waktu dengan mereka. Keluarga dan teman-teman terdekat menjadi salah satu pihak yang telah mengisi dunia sosial kamu. Meningkatkan interaksi yang bermakna bisa membantu kamu untuk kembali merasa terhubung dengan mereka. Jika terasa sulit, silakan lakukan secara perlahan. Mungkin dengan meluangkan waktu sekali seminggu untuk berinteraksi, baik melalui telepon atau bertemu secara langsung.

Setelah memperbaiki atau meningkatkan koneksi dengan orang-orang terdekat, kamu bisa mulai menjalin koneksi dengan orang baru. Atau bahkan mungkin memperbaiki koneksi dengan orang-orang lainnya. 

Nah Klobbers, demikian beberapa tips untuk menjalin koneksi sosial dengan orang lain. Sebenarnya, ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan seseorang merasa sulit menjalin koneksi dengan orang lain. Dengan demikian, strategi yang paling efektif dalam mengatasi hal tersebut bisa berbeda-beda bagi setiap orang, sesuai dengan penyebab yang terjadi.

Namun, jika hal tersebut sudah mengganggu kamu dan terasa sulit untuk mengatasinya sendiri, silakan cari pertolongan tenaga kesehatan mental profesional. Dengan demikian, kamu bisa mencari tahu akar permasalahannya dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat. Good luck, Klobbers!

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.