Blog post

5 Cara Sehat untuk Mencintai Diri Sendiri (2)

17/02/2024Dwi

Hi Klobbers!

Mencintai diri sendiri (self-love) menjadi hal penting bagi setiap orang agar bisa menemukan kenyamanan dan kedamaian dengan diri sendiri serta menjalani hidup dengan lebih bermakna. Sebelumnya kita sudah membahas beberapa cara untuk mencintai diri dengan sehat. Nah, dalam artikel ini kita akan lanjut membahas beberapa tips lainnya!

3. Lakukan hal positif yang membuat kamu merasa bahagia

Apakah Klobbers menyadari kapan terakhir kali melakukan sesuatu yang membuat diri kamu bahagia? Mungkin kamu sibuk sekali bekerja untuk memenuhi kebutuhan orang lain (misal: kamu merupakan sandwich generation) sehingga tidak sempat meluangkan waktu untuk diri sendiri. Atau mungkin juga kamu memiliki tanggung jawab ganda untuk merawat dan bekerja membiayai kebutuhan rumah. Dalam situasi tersebut, mungkin kamu akan merasa jenuh dan letih mengurus semuanya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk ambil waktu sejenak agar kamu bisa merasa lebih relaks.

Tanyakan pada diri kamu, apa yang kamu butuhkan atau hal apa yang bisa membuat kamu merasa bahagia? Mungkinkah kamu membutuhkan me-time tanpa diganggu oleh siapa pun? Atau kamu ingin berjalan-jalan dan rekreasi di alam? Jika demikian, rencanakan waktu liburan untuk diri kamu sendiri.

Cara lain yang mungkin lebih sederhana ialah meluangkan waktu rutin untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan. Misalnya, meluangkan jadwal rutin mingguan untuk menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat, menikmati waktu makan dengan menerapkan mindful eating, meluangkan waktu untuk membaca bahan bacaan yang kamu sukai setiap harinya, meluangkan waktu secara rutin untuk berolahraga, atau meluangkan waktu untuk melakukan hobi lainnya.

4. Merawat diri (self-care)

Hal lain yang juga sering dilakukan oleh kebanyakan orang sebagai perwujudan self-love ialah merawat diri. Merawat tubuh dengan sebaik-baiknya juga bisa membantu menyegarkan pikiran. Kegiatan merawat diri pun bisa beragam, seperti memotong atau merapikan rambut, melakukan perawatan kuku, merawat wajah, dan lain sebagainya.

Tidak melulu harus mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan di salon, sekarang ada beberapa perawatan diri yang bisa dilakukan di rumah dengan lebih hemat. Misalnya membeli masker wajah, membeli satu set peralatan untuk merapikan kuku, dan lain sebagainya.

Dengan semakin banyak produk skincare dan bodycare lokal dengan kualitas yang bagus saat ini bisa mendukung kamu untuk lebih memperhatikan dan merawat diri sesuai dengan budget yang ada. Namun harap diingat, kamu harus selektif dalam memilih dan membeli produk. Pastikan bahwa kamu memilih bodycare dan skincare yang sudah memiliki izin BPOM serta sesuaikan dengan kebutuhan kulit kamu.

5. Journaling

Apakah Klobbers pernah mendengar istilah journaling? Journaling merupakan kegiatan menuangkan pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan.

Kamu bisa menulis perasaan dan pengalaman yang dilalui sehari-hari, rencana masa depan, dan lain sebagainya. Mungkin terkadang kamu bingung dengan siapa bisa berbagi cerita secara aman atau tepercaya. Atau mungkin juga di saat ingin berbagi cerita, support system kamu sedang tidak tersedia karena sibuk dengan urusan masing-masing.

Nah, di saat seperti itu kamu bisa menuangkannya secara leluasa melalui kegiatan journaling, Klobbers.

Selain bisa merasa aman dalam menuangkan pikiran dan perasaan tanpa perlu takut dinilai, ada berbagai manfaat menarik dari journaling yang bisa didapatkan. Salah satunya ialah meredakan kecemasan dan membantu kamu mengelola stres yang dirasakan.

Demikian informasi seputar mencintai diri sendiri dan beberapa hal yang bisa kamu coba sebagai praktiknya. Apa pun kelebihan maupun kekurangan kamu, hal tersebut merupakan bagian dari diri kamu yang perlu kamu sadari dan terima. Apabila ada kekurangan diri yang bisa diperbaiki atau ditingkatkan menjadi lebih baik, berusahalah sebaik mungkin untuk meningkatkannya.

Self-love mengajarkan individu untuk memperhatikan kebutuhan dirinya, namun bukan berarti tidak melakukan apa pun untuk meningkatkan kualitas dirinya. Pada akhirnya, jika kualitas diri semakin meningkat maka kamu sendiri yang akan merasakan manfaatnya. Bahkan bisa juga memberikan pengaruh positif pada orang terdekat kamu. Jangan lupa untuk menyayangi dan merawat diri kamu ya, Klobbers!

Sumber

 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.