Blog post

Karakteristik Umum Generasi X di Tempat Kerja

01/02/2024Dwi

Halo Klobbers!

Biasanya, setiap generasi memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dengan orang-orang dari generasi lainnya. Dari waktu ke waktu, individu dari antar generasi hidup pun berdampingan di masyarakat. Misalnya di lingkungan keluarga, masyarakat, tempat belajar, hingga tempat kerja.

Perbedaan karakteristik antar generasi bisa memberikan manfaat positif atau mungkin menjadi tantangan saat menjalani tugas dalam berbagai situasi. Terlebih lagi dalam dunia kerja yang menjadi wadah berkumpulnya berbagai orang dari berbagai generasi, perbedaan karakteristik ini mungkin menjadi tantangan dalam menyelesaikan tanggung jawab yang dimiliki. Padahal, diperlukan kolaborasi yang baik dari semua pihak agar mampu mencapai tujuan bersama dan meraih kesuksesan.

Sampai saat ini, masih banyak generasi X dan Milenial yang bekerja bersama di suatu institusi atau kantor. Perbedaan usia antara pekerja generasi X dan Milenial pun mungkin menyebabkan adanya perbedaan perilaku, cara bekerja, dan cara berpikir yang dapat menimbulkan konflik di tempat kerja. Nah, jika dapat memahami perbedaan karakteristik antara satu generasi dengan generasi lainnya maka bisa membantu untuk mengurangi kendala atau gap yang ada.

Dalam artikel sebelumnya sudah membahas tentang perbedaan gaya bekerja, hirarki bekerja, dan semangat bekerja antara generasi X dan Milenial. Sekarang kita akan membahas karakteristik lainnya dari generasi X dalam informasi berikut ini!

Independen

Generasi X dikenal senang bekerja secara individu dari usia muda. Mereka menghargai kebebasan dan memiliki rasa tanggung jawab untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada secara mandiri. Oleh karena itu, saat bekerja pun mereka kurang suka diawasi secara terus-menerus.

Mereka cenderung memberikan kinerja yang lebih baik saat tidak terlalu disupervisi. Apabila menemui kendala, mereka akan mencari cara untuk menyelesaikannya dan tidak sungkan untuk mempelajari berbagai skill baru untuk mendukung hal tersebut. Mereka memiliki semangat kerja yang tinggi atau bisa dikatakan ambisius untuk mencapai prestasi. Jika memiliki suatu tujuan, mereka akan berusaha mencapainya dengan caranya sendiri.

Mementingkan Work-Life Balance

Generasi X cenderung mengutamakan keluarga dan work-life balance. Mereka berusaha untuk menyeimbangkan antara kehidupan pekerjaan dan pribadi agar bisa mewujudkan aspirasi yang dimiliki. Atau dapat dikatakan bahwa mereka bekerja untuk hidup dibandingkan hidup untuk bekerja.

Karena mengutamakan work-life balance, generasi X cenderung memiliki manajemen waktu yang lebih baik untuk bisa menyeimbangkan waktu pribadi dan bekerja. Selain itu, selain bekerja untuk orang lain, mereka juga cenderung memiliki semangat berbisnis (entrepreneurial) yang tinggi dan cara berpikir tersendiri.

Fleksibel

Karakteristik umum lain yang biasanya melekat pada generasi X ialah kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan cukup baik. Mereka siap untuk menerima perubahan dan beradaptasi di tempat kerja. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, mereka suka berpikir dan menyelesaikan masalah yang dihadapi secara mandiri. Oleh karena itu, jika ada perubahan dan dituntut untuk mampu beradaptasi, mereka tidak akan sulit untuk mau mempelajari berbagai hal baru demi mencapai kesuksesan.

Mendukung kemampuan mereka dalam beradaptasi, mereka cenderung inklusif dan menghargai berbagai perbedaan yang ada. Mereka menghargai humor dan menyukai lingkungan kerja yang bersahabat dan menyenangkan.

Nah Klobbers, demikian beberapa karakteristik umum dari generasi X. Meskipun tidak sepenuhnya mutlak untuk menggambarkan generasi X (karena adanya perbedaan individual), namun mengetahui beberapa karakteristik umum ini bisa membantu kamu untuk lebih memahami mereka sehingga bisa berkolaborasi dengan lebih baik untuk mencapai kesuksesan.

Tidak dapat dihindari, pasti ada perbedaan dalam aspek apapun di suatu tempat kerja. Oleh karena itu, diperlukan respect dalam berinteraksi serta kemauan untuk belajar mengenai perbedaan yang ada sehingga dapat lebih mudah beradaptasi dan berkolaborasi. Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Good luck, Klobbers!

Referensi:

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.