Blog post

Serba-Serbi tentang Diet yang Perlu Kamu Ketahui (2)

24/11/2023Dwi

Halo Klobbers!

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai informasi dasar tentang diet dalam artikel part 1. Nah, sekarang kita akan lanjut membahas bagaimana cara memulai diet serta tips untuk kamu yang ingin konsisten menjalani diet. Yuk, simak dalam informasi berikut ini!

Bagaimana Cara Memulai Diet?

Jika kamu tertarik untuk mulai diet, berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Pahami tujuan kamu melakukan diet

Kamu dapat mengevaluasi kembali bagaiamana pola hidup yang dijalani selama ini serta apa yang menjadi tujuan kamu melakukan diet. Apakah ingin mencapai bentuk tubuh yang kamu anggap ideal atau mungkin karena kondisi kesehatan tertentu yang kamu alami? Pada intinya, kamu perlu memahami terlebih dahulu bagaimana kondisi kesehatan kamu sebelum mulai menjalani diet tertentu, Klobbers.

2. Membuat rencana diet

Setelah memahami tujuan diet, selanjutnya kamu bisa memilih tipe diet yang akan dijalani. Silakan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai berbagai jenis diet yang aman dan sehat untuk dilakukan. Jangan lupa untuk menyesuaikan juga dengan kemampuan diri kamu, Klobbers. Artinya, kamu bisa memilih diet yang menurut kamu paling realistis untuk dijalani sesuai dengan kondisi diri. Setelah itu, kamu dapat menyusun rencana makan sehari-hari sesuai dengan jenis diet yang dipilih.

Jangan lupa untuk memasukkan makanan yang kamu sukai (namun sehat) juga dalam rencana tersebut, misalnya buah-buahan tertentu, sayur-sayuran, makanan laut (seafood), kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Namun jika tidak terlalu yakin jenis diet apa yang paling tepat sesuai dengan kondisi kesehatan kamu, silakan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter agar dapat mengetahui komposisi tubuh serta apa saja yang perlu dilakukan untuk mendukung program diet kamu. Harap diingat, jangan sampai sembarangan memilih jenis diet tertentu, terlebih lagi diet yang ekstrem karena dapat berisiko bagi kesehatan, Klobbers.

3. Lakukan secara perlahan

Mengubah pola makan bukanlah hal yang mudah, Klobbers. Tidak perlu memaksakan diri, kamu bisa membuat perubahan selangkah demi selangkah agar diet ini bisa berjalan dalam jangka waktu yang panjang, bahkan menjadi kebiasaan baru yang sehat untuk kamu. Bisa dimulai dengan menyediakan bahan makanan yang lebih sehat, mencari resep-resep makanan sehat, mengganti camilan yang biasa menjadi camilan yang lebih sehat, dan lain sebagainya.

4. Membuat goal yang realistis

Jika kamu menjalani diet karena ingin menurunkan berat badan, maka hal tersebut wajar saja. Namun, harap diingat bahwa untuk mencapai hal tersebut bukanlah sesuatu yang instan karena memerlukan usaha, waktu, dan konsistensi diri untuk dapat mencapainya. Oleh karena itu, buatlah goal yang realistis sesuai dengan kondisi diri kamu. Jangan sampai terburu-buru  mengonsumsi atau melakukan sesuatu karena diiming-imingi klaim bahwa akan mendapatkan hasil instan dari produk tertentu.

5. Berolahraga

Mengubah pola makan menjadi lebih sehat dan mengurangi kalori memang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, jangan lupa bahwa olahraga juga menjadi esensial untuk dilakukan agar dapat membantu kamu dalam membakar kalori dan meningkatkan kebugaran tubuh.

Tips agar Kamu Bisa Konsisten Menjalani Diet

Setelah menjalani diet, mungkin kamu akan merasa bahwa hal tersebut ternyata tidak semudah atau seindah yang dibayangkan sebelumnya. Mungkin juga kamu akan berpikir untuk menyerah karena hasil dari menjalani diet tidak secepat itu dapat terlihat hasilnya atau mungkin ada berbagai hal lain yang bisa saja kamu alami sehingga menurunkan motivasi. Padahal, menjalani diet memang memerlukan waktu dan konsistensi agar hasilnya bisa dirasakan. Kemudian, bagaimana cara agar dapat konsisten menjalani diet? Berikut ini beberapa tipsnya, yaitu:

1. Ingat kembali tujuan kamu

Saat akan menyerah atau motivasi menurun, coba ingat kembali apa sebenarnya tujuan awal kamu melakukan diet. Untuk membantu menjaga motivasi, kamu bisa menuliskan goal atau tujuan menjalankan diet di berbagai tempat yang memudahkan kamu untuk melihatnya. Misalnya di dinding kamar, wallpaper ponsel, dan lain sebagainya.

2. Lihat bagaimana progres kamu

Hasil yang signifikan mungkin membutuhkan jangka waktu yang lebih lama agar dapat dilihat atau dirasakan hasilnnya. Dengan demikian, kamu bisa membuat goal dalam jangka waktu yang lebih pendek untuk mendukung tercapainya goal dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Misalnya, kamu membuat goal kecil dengan target mengonsumsi lima buah-buahan dan sayuran dalam waktu sehari, mengurangi porsi daging yang dikonsumsi, berolahraga minimal tiga kali dalam seminggu, dan lain sebagainya. Dengan demikian, kamu dapat melihat kembali bagaimana progres yang telah dicapai dari langkah-langkah kecil yang telah dirancang, apakah kamu berhasil mencapainya atau perlu melakukan evaluasi dari rencana diet tersebut.

3. Berikan reward untuk diri kamu

Jika berhasil mencapai goal kecil yang telah dirancang, tidak ada salahnya memberikan hadiah untuk diri kamu. Sebaliknya, jika ternyata progres kamu tidak sesuai dengan harapan, maka jangan terlalu keras dengan diri kamu. Kamu bisa mengevaluasi kembali apakah mungkin ada bagian dari rencana diet yang perlu disesuaikan kembali atau mungkin bagaimana cara mengantisipasi hal tersebut tidak terulang kembali di masa mendatang. Jangan lupa bahwa kamu juga perlu menikmati setiap prosesnya agar hal ini bisa berjalan dalam jangka waktu yang lebih lama, Klobbers.

Nah Klobbers, demikian informasi seputar diet yang perlu kamu ketahui. Pada intinya, jika kamu ingin menjalani sesuatu, maka cobalah mencari tahu informasi mengenai hal tersebut sebanyak-banyaknya sebelum mulai melakukannya. Sesuaikan juga dengan kondisi kesehatan dan kemampuan kamu, ya. Jangan sampai memaksakan sesuatu hingga nantinya berdampak negatif terhadap diri kamu. Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Good luck, Klobbers!

Referensi:

Sumber

Sumber

Sumber 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.