Blog post

8 Bahan Alami Atasi Kelelahan usai Bekerja

09/06/2023Rahmat S

Hi, Klobbers!

Bekerja seharian dapat membuat tubuh lemas karena kelelahan. Saat tubuh lelah, mengonsumsi makanan saja tidak cukup, lho. Kamu perlu memerhatikan bahan-bahan yang mengandung nutrisi seimbang. Tentunya yang dapat menjadi sumber energi.

Klobbers, tahukah kamu? Ada begitu banyak bahan alami yang mampu mengatasi kelelahan usai bekerja. Berikut ini 8 bahan alami yang dapat membantu mengatasi kelelahan selengkapnya.

Bayam

Bayam merupakan salah satu bahan alami yang paling banyak mengandung magnesium, kalium, dan vitamin B. Kandungan nutrisi ini diketahui dapat mengatasi kelelahan. Hal ini karena ketiganya berperan aktif dalam mengatur metabolisme tubuh.

Kamu dapat mengonsumsi bayam ini dalam bentuk sayur atau jus. Namun, kamu perlu memerhatikan kadar aman konsumsi pada bayam. Hal ini karena bayam mengandung asam oksalat, yakni zat yang umumnya terdapat di dalam sayuran. Jika dikonsumsi berlebihan maka akan berisiko menyebabkan gagal ginjal.

Kunyit

Klobbers, tahukah kamu? Kunyit mengandung kurkumin, senyawa yang mampu mengatasi rasa sakit yang disebabkan oleh berbagai kondisi, salah satunya kelelahan. Kamu bisa menemukan kandungan kunyit dari suplemen atau kunyit yang diolah menadi minuman herbal alami. Tidak hanya itu, kunyit juga biasa digunakan sebagai bumbu masakan.

Air Kelapa

Klobbers, seperti diketahui, air merupakan komponen utama dari massa otot di dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga keseimbangan elektrolit agar tubuh tetap terhidrasi.

Bagaimana caranya? Salah satunya dengan mengonsumsi air kelapa. Air kelapa terbukti kuat mampu mengatasi kelelahan, membantu menghindari kram, dan kelelahan otot. Hal ini karena air kelapa mengandung kalium dan magnesium yang baik untuk tubuh. Meminum kelapa sangat dianjurkan saat kamu merasa lelah usai beraktivitas atau bekerja.

Pisang

Siapa yang tak tahu? Pisang merupakan bahan alami yang juga bermanfaat mengatasi kelelahan. Ya, pisang memiliki kandungan kalium yang mampu memperkuat fungsi saraf dan otot, lho. Tidak hanya itu, Klobbers, pisang juga tinggi kandungan elektrolit da mineral.

Tentu saja, jika tubuh kekurangan kalium bisa menyebabkan kelemahan otot dan kelelahan. Maka pisang menjadi alternatif bahan alami yang bisa mengatasi permasalahan kelelhan dan kelemahan otot tersebut.

Kopi

Klobbers, meski sebagian orang menganggap kopi memiliki kandungan yang dapat menyebabkan dampak yang kurang baik, namun kopi juga bisa menjadi alternatif bahan alami untuk mengatasi kelelahan sementara.

Akan tetapi, kamu perlu memerhatikan dosis dari kopi tersebut. Hal ini mengingat bahwa kopi memiliki kandungan kafein. Nah, dosis aman yang bisa kamu konsumsi adalah 30-300 mg. Kamu bisa meminum kopi di pagi hari untuk mengindari insomnia di malam hari. Kopi dalam jumlah dosis tersebut diketahui dapat memperbaiki suasana hati, terutama saat kamu lelah.

Royal Jelly

Tahukah kamu? Ternyata royal jelly adalah bahan alami yang dapat membantu mengatasi kelelahan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena royal jelly mengandung vitamin B. Selain itu, royal jelly juga dapat meningkatkan pasokan oksigen, lho. Nah, untuk mendapatkan bahan alami ini bisa melalui suplemen atau madu, Klobbers.

Nasi

Klobbers, kamu tentu sudah tidak asing dengan bahan yang satu ini. Nasi dikategorikan sebagai bahan alami yang mampu mengembalikan energi karena mengandung karbohidrat.

Nah, tahukah kamu? Karbohidrat terbagi menjadi dua kategori, yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Apa bedanya? Karbohidrat kompleks dinilai lebih lama dicerna dan lebih mengenyangkan, sementara karbohidrat sederhana sebaliknya.

Nah, Klobbers. Kamu bisa mencoba mengonsumsi bahan makanan alami berkarbohidrat kompleks, seperti gandum, nasi merah, buah nanas, apel, dan wortel.

Brokoli

Klobbers, mengonsumsi brokoli terbukti dapat mengatasi kelelahan. Hal ini karena brokoli banyak mengandung vitamin B yang merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan energi dalam tubuh.

Meski sebagian orang mungkin mengonsumsi vitamin b dari suplemen, namun energi yang diperoleh dari sumber makanan manfaatnya tidak bisa tergantikan oleh suplemen. Jadi cobalah untuk mengonsumsi sayuran brokoli yang kaya akan manfaat ini.

Nah, itulah 8 rekomendasi bahan-bahan alami yang mampu meningkatkan energi di dalam tubuh saat dirimu kelelahan. Selamat mencoba!

 

Sumber

Sumber 

Sumber 

Sumber 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.