Blog post

4 Tips Budgeting Bagi Pekerja yang Tinggal di Indekos

09/06/2023Rahmat S

Hi, Klobbers!

Kamu seorang pekerja yang memilih tinggal di indekos karena jarak ke tempatmu bekerja lebih dekat? Artikel ini cocok untuk mengatur keuanganmu secara maksimal sebagai ‘anak kos’.

Apakah budgeting itu penting? Ya, tentu saja. Melakukan Budgeting akan membantumu memaksimalkan alokasi pendapatan dari gaji yang kamu terima. Tentu saja, ini bertujuan agar kamu tidak boros dan tidak mengeluarkan uang lebih dari gajimu.

Berikut ini 6 tips budgeting selengkapnya!

Pisahkan Kebutuhan dan Keinginan

Klobbers, terkadang mungkin kamu menginginkan sesuatu. Alih-alih self reward, tetapi malah membuatu boncos di awal. Oleh karena itu, kamu harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Catatlah seluruh pengeluaranmu, dengan demikian kamu dapat mengetahui besaran kebutuhan dan keinginanmu agar kamu tidak mengeluarkan uang dengan jumlah lebih besar dari gajimu.

Cobalah memilah kebutuhan yang penting, mendesak, tidak penting, dan tidak medesak, sehingga antara kebutuhan dan keinginanmu dapat terpenuhi kedua-duanya.

Catat Seluruh Pendapatanmu

Klobbers, tahukan kamu? Mengetahui seluruh pendapatanmu dapat membantumu menentukan pengeluaran serta tujuan finansialmu. Maka, buatlah daftar sumber pendapatanmu. Arti kata lain, kamu menulis dari mana saja pendapatanmu berasal, seperti gaji bulanan, uang saku (jika ada), fee dari suatu acara, atau freelance, hingga keuntungan dan investasi.

Catat Pengeluaranmu

Mencatat pengeluaran dapat dilakukan dengan dua kategori, yaitu pengeluaran primer (rutin), dan pengeluaran sekunder (sampingan). Pengeluaran primer salah satunya seperti biaya sewa indekos. Ini termasuk rutin karena kamu akan membayarnya setiap bulan. Sementara pengeluaran sekunder, seperti berbelanja baju atau benda-benda terkait hobi.

Mencatat pengeluaran akan mempermudah dirimu untuk melihat kalkulasi pengeluaran secara maksimal, sehinga kamu dapat menentukan arus keuangan yang harus dikontrol dan dikurangi.

Klobbers, jangan lupa untuk menabung. Tentu ini akan menjadi prioritas anak kos agar memiliki dana darurat. Dalam mencatat pengeluaranmu, gunakan kategori yang paling penting terlebih dahulu, selain biaya sewa indekos, makan, transportasi, perlengkapan sehari-hari, juga bisa kamu prioritaskan.

Gunakan Berbagai Macam Metode Budgeting

Di era yang serba digital, tidak ada salahnya menggunakan berbagai macam metode budgeting yang tersedia di aplikasi atau kamu juga bisa mencatatnya langsung dengan metode 50/30/20, zero based budget, dan lain-lain.

Nah, itulah 4 tips budgeting yang bisa kamu coba terapkan sebagai anak kos. Namun, perlu diingat bahwa budget setiap bulan bisa saja berbeda sehingga pastikan kamu mempersiapkan pengeluaranmu di bulan-bulan khusus. Tidak hanya itu, kamu juga harus menyisipkan uang darurat setiap bulannya untuk keperluan yang sangat mendesak. Jangan lupa juga untuk selalu memantau budget setiap bulannya. Dengan begitu, kamu belajar untuk lebih bijak dalam menggunakan uang. Selamat mencoba, Klobbers.

 

Sumber

Sumber 

Sumber 

 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.