Blog post

Tips Menghadapi Difficult People saat Bekerja! (1)

07/06/2023Dwi

Hi Klobbers!

Menghadapi berbagai macam orang dengan segala sifat atau karakternya yang berbeda merupakan salah satu tantangan yang kamu hadapi dalam hidup. Baik saat menjalani pendidikan atau dalam berbagai situasi sosial lainnya, kamu akan terus berkenalan dengan banyak orang baru serta berinteraksi dengan mereka. Terkadang, ada orang yang bisa cocok berteman dengan kamu, namun ada juga orang yang sulit untuk dihadapi (difficult people) atau perlu diwaspadai.

Begitu juga dalam dunia kerja, mungkin kamu akan bertemu dengan orang yang suka bergosip, suka menyalahkan orang lain, atau berbagai tipe rekan kerja toxic lainnya. Meskipun membuat kamu merasa tidak nyaman atau bahkan mungkin merugikan kamu, namun kamu dituntut untuk bisa bersikap profesional, terlepas dari bagaimana tipe rekan kamu. Kemudian, apa yang bisa kamu lakukan jika berada dalam situasi seperti ini? Berikut ini beberapa tipsnya!

1. Mengabaikannya

Apakah kamu pernah mengalami situasi dimana ada seseorang yang mengganggu kamu sehingga kamu bereaksi (misal: marah atau kesal), namun mereka malah semakin bersemangat untuk mengganggu kamu lagi? Mungkin saja mereka ingin membuat kamu merasa marah dan terganggu dengan apa yang mereka lakukan. Nah, hal yang sama juga bisa terjadi saat kamu berhadapan dengan difficult people. Mungkin mereka akan berusaha menyebarkan isu negatif tentang kamu atau mengatakan hal-hal yang kurang baik atau tidak sopan.

Jika kamu bereaksi seperti yang diharapkan, mungkin mereka akan semakin mengulangi perilakunya. Oleh karena itu, kamu bisa coba untuk melakukan hal yang sebaliknya dengan bersikap tenang atau bahkan mengabaikan perilaku mereka. Kemudian, fokuslah terhadap tugas atau kegiatan yang sedang dikerjakan. Dengan demikian, mungkin saja mereka akan menyerah untuk memengaruhi kamu dengan perilaku yang kurang menyenangkan. Atau bahkan malah akan lebih menghormati kamu karena kamu menunjukkan sikap dingin dan tidak peduli terhadap apapun yang mereka lakukan.

2. Berusaha Membangun Hubungan

Saat berhadapan dengan difficult people, kemungkinan besar kamu akan enggan untuk terlibat atau berinteraksi dengan mereka. Namun, kamu bisa coba cara sebaliknya, yaitu membangun hubungan dengan mereka. Terlebih lagi jika kamu sedang mengerjakan suatu project bersama, maka akan lebih sulit untuk menghindari mereka.

Meskipun perilaku mereka tidak menyenangkan, namun pasti ada alasan dibaliknya. Setiap orang bisa memiliki pengalaman dan perjalanan yang berbeda sehingga dapat memengaruhi perilaku yang ditampilkan. Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat dilakukan ialah membangun hubungan dan berusaha untuk lebih mengenal mereka.

Misalnya mencari tahu apa saja yang disukai atau tidak disukai, bagaimana gaya bekerjanya, dan lain sebagainya sehingga kamu bisa lebih memahami diri mereka. Apabila dilakukan secara tulus, mungkin saja mereka juga akan berusaha untuk memperlakukan kamu dengan lebih baik.

3. Fokus terhadap Hal yang Bisa Dikontrol

Terkadang, mungkin kamu akan menghadapi situasi dimana difficult people ini mengganggu atau bahkan menghambat pekerjaan kamu. Misalnya dengan tidak mau memberikan data yang kamu butuhkan atau sulit dihubungi saat kamu perlu mendiskusikan sesuatu dengan mereka. Jika hal tersebut masih bisa diatasi dengan meminta data atau mendiskusikannya dengan rekan kerja lain, maka kamu bisa mempertimbangkan cara tersebut.

Memang, sangat wajar jika kamu merasa kesal atau marah pada mereka. Namun, jika terus-menerus fokus pada perasaan tersebut, kamu akan terjebak dalam emosi negatif dan malah menghambat produktivitas. Oleh karena itu, cobalah untuk bersikap tenang dan rasional, kemudian pertimbangkan berbagai alternatif solusi yang bisa diambil.

4. Membuat Batasan (Boundaries)

Jika terasa sangat mengganggu, kamu bisa berdiskusi secara langsung dengan rekan kerja tersebut dan membuat boundaries. Harap diingat bahwa kamu juga berhak untuk memberitahukan kepada orang lain bagaimana kamu ingin diperlakukan, Klobbers, termasuk saat bekerja.

Cobalah untuk berdiskusi terlebih dahulu kepada mereka (dalam diskusi tertutup), bagaimana perilaku mereka mengganggu kamu serta bagaimana pengaruhnya dalam bekerja. Kemudian, jelaskan bagaimana harapan kamu ke depannya dan apa saja batasan yang kamu berikan kepada mereka. Cobalah untuk berdiskusi dengan tenang dan tegas. Katakan bahwa kamu tidak dapat menerima jika mereka melanggar boundaries tersebut dan apa yang bisa kamu lakukan sebagai konsekuensinya.

Nah Klobbers, demikian beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat menghadapi difficult people dalam dunia kerja. Mungkin akan terasa sulit atau tidak menyenangkan jika harus berinteraksi dengan berbagai tipe difficult people. Terlebih lagi jika kamu terlibat dalam suatu pekerjaan bersama, kamu dituntut untuk mampu menyelesaikan tanggung jawab yang dimiliki secara profesional. Oleh karena itu, kamu bisa mempersiapkan strategi jika suatu saat nanti berada dalam situasi seperti itu. Selain tips di atas, masih ada beberapa tips lainnya yang akan kita bahas dalam artikel part 2. Sampai jumpa dalam artikel berikutnya, Klobbers. Stay safe and healthy!

Sumber

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.