Blog post

7 Tips Efektif Menarik Minat Rekruter

19/05/2023Rahmat S

Hi Klobbbers! Mempersiapkan diri sebelum mulai mencari kerja merupakan tahap awal yang perlu dipersiapkan dengan baik. Mulai dari menyiapkan dokumen penting seperti CV, portofolio, ijazah, transkrip nilai, kartu identitas, dan berbagai dokumen pendukung. Tidak kalah penting juga mempersiapkan diri untuk mengikuti berbagai rangkaian proses rekrutmen. Nah, namun selain dua hal diatas, menemukan cara efektif untuk menarik minat rekruter terhadap dirimu menjadi faktor yang tidak kalah penting untuk kamu perhatikan ya, Klobbers!

Artikel ini membahas beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menarik minat rekruter terhadap dirimu. Yuk disimak ya! Biar kamu lebih mudah dapat pekerjaan yang sesuai denganmu. 

Manfaatkan Hubungan Profesionalmu

Merupakan ide bagus untuk menjalin hubungan baik dengan rekan kerja, atasan, dan klien untuk meningkatkan peluang menemukan pekerjaan yang sesuai denganmu. Melalui hubungan yang akrab kamu dapat menemukan berbagai hal positif yang dapat membantu kamu untuk berkembang dan menemukan pekerjaan impianmu. Mulai dari pengalaman yang kamu terima, skill yang kamu pelajari, sampai surat rekomendasi dirimu untuk pekerjaan baru. Hal ini sangat mungkin terjadi karena sering kali, atasanmu pernah bekerja dengan rekruter. Kamu juga dapat bertanya langsung dengan mereka untuk mengetahui rekruter yang mereka kenal dan percaya. 

Bangun Profil  Profesional di Media Sosial 

Memiliki akun media sosial yang profesional menjadi salah satu cara penting yang perlu untuk kamu lakukan. Melalui media sosial rekruter dapat menghubungimu secara langsung. Pastikan sebelum bertemu dengan rekruter, informasi di media sosialmu sudah diperbarui. Itu berarti langkah pertama adalah memperbarui CV-mu. Mulai dari menambahkan semua keterampilan, pencapaian, dan sertifikasi yang akan membantu kamu lebih menonjol. Jangan lupa untuk mencantumkan berbagai cara untuk menghubungimu sehingga rekruter dapat memilih opsi yang paling nyaman bagi mereka.

Membuat akun media sosial profesional dapat menjadi yang efektif untuk membangun citra yang baik. Kamu dapat memulai dengan berbagi artikel yang relevan, menyampaikan pemikiranmu tentang masalah penting yang sedang terjadi, atau membuka diskusi untuk membahas sesuatu terkait  bidang tertentu. Perlu kamu ingat Klobbers, media sosialmu kemungkinan besar akan diperhatikan oleh rekruter secara detail karena perusahaan ingin memastikan bahwa kamu akan mewakili mereka dengan baik. Pilihan bagus lainnya adalah membangun situs web profesional untuk menunjukan resume, portofolio, dan dukungan yang kamu terima. Situs web profesional dapat membantu kamu untuk memperlihatkan keahlian dan membantu rekruter mempelajari lebih lanjut tentangmu. 

Manfaatkan Komunitas atau Organisasi Profesional 

Aktif di komunitas dapat membantu kamu membuat rekruter memperhatikanmu lebih jauh. Kamu dapat memulai dengan membagikan  pemahamanmu melalui presentasi terkait bidang keahlianmu di kelompok komunitas atau organisasi lokal. Ketika kamu bergabung dengan suatu organisasi, namamu akan terdaftar dalam direktori, yang dapat digunakan oleh rekruter untuk menemukan kandidat. Organisasi profesional terkadang mengadakan acara atau konferensi yang dihadiri oleh rekruter, menjadikannya tempat yang bagus untuk menjalin hubungan.

Mencari Rekruter Secara Online

Daripada hanya menunggu rekruter menghubungimu, kamu dapat langsung menghubungi rekruter. kamu dapat mencarinya di situs web media sosial profesional dan menghubungi mereka dengan mengirimkan permintaan untuk terhubung. Jika mereka menerima, kamu dapat mengirimkan pesan secara langsung. Dalam banyak kasus, mereka akan menyertakan email mereka di informasi kontak mereka. Hal ini menjadi cara terbaik untuk menghubungi mereka. 

Mengirim email ke rekruter adalah cara paling umum untuk menghubungi mereka. Perekrut berpotensi menerima ratusan email setiap hari dari calon kandidat lain, jadi kamu perlu membuat emailmu menonjol. Buat pesan kamu lebih spesifik, penting untuk mencantumkan nama rekruter, perusahaan mereka, dan posisi yang kamu minati. Buat pesan atau email singkat dan mudah dibaca sehingga akan menghemat waktu rekruter, yang dapat membuat mereka memandang kamu dengan lebih baik. Pastikan untuk mencantumkan CV-mu ke pesan. Jika perekrut ingin mempelajari lebih lanjut tentangmu, mereka akan menghubungimu kembali. Email pertama akan mengatur hubungan yang dapat mengarah ke wawancara.

Tindak Lanjut

Rekruter adalah orang yang sangat sibuk bekerja dengan ratusan kandidat sekaligus. Akan sangat membantu untuk menghubungi mereka dengan sopan untuk mendapatkan informasi terbaru tentang proses wawancara. Ini akan memastikan bahwa nama kamu tidak hilang atau dibayangi oleh kandidat potensial lainnya. Yang terbaik adalah menindaklanjuti setelah sekitar satu minggu tidak ada tanggapan. 

Ucapkan Terima Kasih Kepada Rekruter 

Setelah rekruter membantu kamu mendapatkan pekerjaan, pastikan kamu mengirimkan email terima kasih kepada mereka. Kesopanan kecil ini akan membantu kamu untuk membentuk hubungan yang baik. Di masa mendatang, jika kamu perlu mendapatkan bantuan dari perekrut yang sama lagi, kemungkinan besar mereka akan bekerja sama dengan kamu. 

Menjadi Sumber Bagi Rekruter

Cara yang baik untuk mengamankan hubungan yang baik dengan rekruter adalah dengan merekomendasikan teman dan orang-orang dalam jaringanmu untuk posisi lain yang ingin diisi oleh rekruter. Ini menciptakan hubungan yang saling menguntungkan yang dapat membuat rekruter senang bekerja sama dengan kamu di masa mendatang.

 

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.