Blog post

Tips untuk Menemukan Karier yang Kamu Cintai

11/05/2023Dwi

Halo Klobbers!

Apakah ada Klobbers yang sedang membuat rencana dalam membangun karier? Atau merasa tidak bahagia dengan karier yang dijalani saat ini dan ingin mengubah karier (switch career)? Sebenarnya, apa sih yang kamu cari dari pekerjaan atau karier yang akan dijalani? Apakah kamu bekerja untuk mendapatkan penghasilan atau mungkin ada  hal lain yang ingin kamu capai?

Menjalani karier bisa terasa melelahkan jika kamu tidak menikmatinya. Sebaliknya, apabila kamu mencintai dan menikmati pekerjaan yang dijalani, maka prosesnya bisa terasa lebih ringan dan menyenangkan. Untuk menemukan karier yang cocok dengan diri kamu pun tentunya memerlukan waktu dan pemahaman mengenai diri sendiri.

Jika menurut kamu sangat penting untuk bisa menjalani karier yang dicintai, maka artikel ini cocok untuk kamu. Sebenarnya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menemukan karier yang tepat. Nah, dalam artikel ini akan membahas beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk membimbing kamu dalam membangun karier yang kamu cintai. Yuk, simak beberapa tips berikut ini!

Mengidentifikasi Goal dan Values

Pertama-tama, kamu perlu memikirkan dengan baik mengenai goal yang ingin dicapai dalam karier. Dalam hal ini, biasanya orang akan lebih bahagia saat nilai atau value yang dimiliki sejalan dengan kariernya. Oleh karena itu, kamu bisa mempertimbangkan apa saja value yang dimiliki, baik sebagai individu maupun seorang profesional.

Value yang dipertimbangkan pun bisa beragam, mulai dari value pribadi hingga menyangkut budaya kerja. Dengan demikian, kamu bisa memahami secara lebih mendalam, ingin menjadi individu yang seperti apa dan apa sebenarnya hal yang penting untuk kamu. Misalnya, kamu ingin melakukan pengabdian masyarakat dan ini menjadi hal yang penting bagi kamu. Dengan demikian, kamu bisa mengingat nilai ini saat proses pencarian karier, apakah karier yang akan dipilih memungkinkan kamu untuk melaksanakan hal tersebut.

Brainstorming Karier

Setelah mengetahui goal yang ingin dicapai dan value yang dimiliki, ini saatnya untuk brainstorming mengenai berbagai pilihan pekerjaan yang memungkinkan kamu untuk mencapai keduanya. Nah, dalam proses brainstorming ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan berbagai sumber daya maupun tools yang ada. Misalnya, berdiskusi dengan orang yang lebih berpengalaman dalam bidang karier yang diinginkan atau mencari informasi sebanyak-banyaknya melalui search engine. Selain itu, mungkin saja membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses brainstorming ini, Klobbers. Oleh karena itu, diperlukan semangat dan kesabaran dalam prosesnya, ya.

Magang

Ingin mencari tahu secara lebih mendalam apakah karier yang akan kamu pilih memang tepat sesuai dengan goal dan value yang dimiliki? Jika ya, salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan magang atau bekerja dalam periode tertentu, Klobbers. Dengan demikian, kamu bisa merasakan sendiri bagaimana pengalaman menjalani karier tersebut, mulai dari tantangan yang dihadapi, suka dukanya, hingga kesesuaian dengan goal dan value kamu. Nah, langkah ini bisa dilakukan sebelum kamu memutuskan untuk berkomitmen dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Tetap Fleksibel

Hidup terkadang penuh dengan kejutan. Mungkin saja karier yang ternyata tepat untuk kamu merupakan karier yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya atau menjadi hal baru bagi kamu. Oleh karena itu, kamu perlu berpikiran terbuka mengenai berbagai opsi yang ada serta memiliki keinginan untuk mencoba berbagai hal baru yang bermanfaat bagi kamu, baik untuk diri kamu sendiri maupun terkait karier. Jika kira-kira kamu menemukan potensi karier yang sesuai dengan goal dan value kamu, jangan sampai menyiakan-nyiakan kesempatan yang ada, Klobbers.

Refleksi Diri

Selama proses pencarian karier, kamu perlu melakukan refleksi diri untuk mengevaluasi kembali apa saja yang dapat dipelajari dari usaha yang telah dilakukan. Apakah ada opsi karier yang potensial sesuai dengan goal dan value kamu? Atau mungkin menemukan insight lain yang membawa kamu pada pilihan karier baru?

Jika menemui kegagalan selama prosesnya, jangan sampai kamu berkecil hati dan menjadi tidak percaya diri untuk terus berusaha menemukan karier yang paling tepat. Ambillah insight dari kegagalan yang kamu alami dan jadikan hal tersebut sebagai pengalaman berharga untuk meningkatkan kualitas diri. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan refleksi diri secara berkala untuk melihat kembali bagaimana progres yang sudah dilakukan. Selain itu, refleksi diri juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui bagaimana goal dan value kamu dalam memilih karier, apakah masih sama seperti sebelumnya atau ada mengalami perubahan.

Nah Klobbers, demikian beberapa tips untuk menemukan karier yang kamu cintai. Selain beberapa tips di atas, kamu juga bisa menjalani psikotes untuk membantu mengetahui minat dan bakat kamu sehingga nantinya bisa mencari kerja sesuai dengan potensi diri. Yuk, cari tahu karier yang tepat untuk kamu di Klob. Selamat mencoba, Klobbers!

Referensi:

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.