Blog post

Karakteristik Individu Kreatif yang Wajib Kamu Tahu!

07/05/2023Rahmat S

Hi Klobbers! 

Tahukah kamu kreativitas menjadi salah satu nilai penting yang dipertimbangkan oleh HR dalam memilih kandidat. Kreativitas yang tinggi membuat seseorang mampu untuk memecahkan masalah melalui ide-ide baru yang Ia miliki dan beradaptasi dengan perubahan situasi. Kemampuan ini tentunya sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Namun sudahkah kamu mengetahui karakteristik apa saja yang dimiliki oleh individu yang kreatif? Yuk, cari tahu lebih jauh tentang karakteristik individu kreatif, yang tentunya perlu kamu kembangkan!

  1. Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Individu yang memiliki kreatifitas, senang untuk mempelajari hal-hal baru. Jadi kebanyakan waktu luang mereka gunakan untuk melakukan sesuatu yang menurut mereka menarik. Mereka akan merasa senang atau puas jika diberikan tugas dengan konsep baru. Biasanya individu yang memiliki kreativitas, terlihat melalui rasa ingin tahu yang mereka tampilkan dengan mengajukan pertanyaan, seperti “mengapa” atau “bagaimana”. Pertanyaan-pertanyaan ini bertujuan untuk menciptakan diskusi seputar ide yang dapat diuji coba. Selain itu, hal ini juga dapat berfungsi sebagai proses brainstorming, di mana mereka mencoba mencari ide-ide baru untuk mengatasi masalah. 

  1. Menikmati Proses 

Individu yang memiliki kreatif, biasanya sangat menikmati proses saat mereka mengumpulkan berbagai ide-ide baru sampai mereka menemukan ide yang tepat. Dari pada menganggapnya terlalu serius, mereka cenderung membuat hal ini terasa menyenangkan. 

  1. Terbuka dengan Berbagai Sudut Pandang

Orang yang berpikiran terbuka bersedia mendengar dan mencoba ide-ide baru. Saat berkolaborasi dengan orang lain, orang kreatif ingin mendengar semua kemungkinan dan mengeksplorasinya lebih jauh. Karena keterbukaan pikiran mereka, mereka tidak menilai secara instan ide atau perspektif orang lain. Sebaliknya, mereka meluangkan waktu untuk mendengarkan orang lain sehingga mereka dapat memahami ide atau perspektif tersebut dengan lebih baik. Mereka juga terbuka untuk pengalaman baru, sehingga mereka senang mencoba berbagai cara dalam melakukan tugas. 

  1. Mudah Menyesuaikan Diri

Mirip dengan keterbukaan pikiran, Individu kreatif memiliki fleksibilitas yang tinggi. Sifat ini mendukung kemauan mereka untuk mencoba ide dan pengalaman baru. Orang yang memiliki fleksibilitas sangat mudah untuk beradaptasi dengan perubahan. 

  1. Memiliki Kepekaan yang Tinggi

Memiliki sifat peka terhadap lingkungan, membuat individu kreatif sangat sensitif dengan perubahan yang terjadi disekitarnya. Hal ini membuat mereka memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap orang lain, mereka lebih mudah membangun hubungan yang kuat dan saling percaya. Kepekaan mereka juga dapat meningkatkan kesadaran mereka terhadap masalah di sekitar, yang mendorong mereka untuk menyelesaikannya. 

  1. Mandiri

Bekerja secara mandiri membuat individu kreatif cenderung membuat keputusan sendiri tentang bagaimana cara melakukan sesuatu, tanpa instruksi atau tuntutan dari orang lain. Sifat mandiri ini juga membuat orang kreatif lebih merasa nyaman menghadapi tantangan secara mandiri. Dengan kebebasannya, mereka dapat menggunakan waktu selama yang mereka butuhkan untuk memahami tugas dan menyelesaikannya. Mereka bahkan melihat tantangan ini sebagai peluang untuk berkembang secara profesional dan mengembangkan keterampilan yang mereka miliki 

Sumber 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.