Blog post

4 Tips Jitu Minta Tolong saat Depresi dan Kesepian

06/05/2023Rahmat S

Hi, Klobbers!

Pernahkan kamu berada di titik terendah dalam hidup? Mengalami mental health crisis adalah sebuah kondisi yang menyulitkan. Kamu tidak dapat melewatinya sendiri. Oleh karena itu, kamu butuh beberapa cara untuk meminta tolong kepada orang lain dalam mengatasinya.

Berikut ini ulasan lengkap 5 tips jitu minta tolong saat depresi dan kesepian selengkapnya.

  1. Hubungi Orang terdekat dan Terpercaya

Klobbers, Langkah awal yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi depresi dan kesepian adalah menghubungi seseorang yang menurutmu tepat dan terbaik dalam mendengarkan keluh kesahmu. Tahukah kamu? Meminta tolong kepada orang yang dipercaya, suportif, dan tidak menghakimi dapat membantumu tidak merasa sendiri akibat pengaruh pikiran yang negatif.

  1. Tidak Perlu Malu untuk Minta Tolong

Klobbers, cara jitu yang kedua ini merupakan dasar ketika kamu meminta tolong di kondisi kesehatan mental yang kacau. Mungkin Sebagian orang merasa tidak siap jika harus berbagi cerita atau bahkan suit mendeskripsikan apa yang dirasakan. Dengan begitu, perasaan malumu harus kamu singkirkan demi kualitas kesehatan mental yang lebih baik. Namun, hal ini tidak perlu dipaksakan jika dirimu belum memiliki kesiapan atau kenyamanan. Akan tetapi, penting bagimu untuk mengabari atau mengakui kepada mereka bahwa kondisimu sedang tidak baik-baik saja.

  1. Hubungi Profesional jika Diperlukan

Cara jitu dalam mengatasi depresi dan kesepian adalah dengan minta tolong kepada tenaga professional. Upaya ini dilakukan agar kamu dapat mempelajari beragam strategi coping saat gejala-gejala depresi muncul. Sebagian orang enggan datang ke tenaga professional karena malu, atau bahkan menambah kecemasan. Namun jangan khawatir, kamu bisa memilih alternatif lain dengan menggunakan perantara yang dapat menghubungkanmu dengan tenaga professional.

  1. Stop Menyalahkan Diri Sendiri

Klobbers, keadaanmu bukanlah kesalahan dirimu. Jadi, ketika kamu hendak meminta tolong kepada orang lain di saat kondisi depresi, hindari menyalahkan diri sendiri. Biarkan dirimu merasakan apa yang saat itu kamu rasakan. Perlu diingat bahwa depresi tak menjadikan seseorang lebih buruk dari orang lain.

Itulah empat tips jitu untuk meminta tolong kepada orang lain saat kamu merasa depresi dan kesepian. Hal ini guna menghindari tindakan-tindakan yang dapat melukai dan merugikan diri sendiri. Selamat mencoba, Klobbers!

 

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.