Blog post

Pahami Jenis Penjualan B2B dan B2C

06/04/2023Rahmat S

Hi Klobbers!  Perlu untuk kamu ketahui bahwa ada dua jenis bentuk penjualan, yaitu Business-to-business (B2B) dan Business-to-consumer (B2C). Memahami persamaan dan perbedaan antara jenis penjualan ini dapat membantu kamu mengoptimalisasikan proses penjualan saat bertemu dengan calon pembeli. Yuk simak perbedaannya! 

Apa itu B2B? 

Business to business atau sering disebut B2B merupakan proses penjualan yang melibatkan penjualan produk atau layanan ke bisnis lain. Untuk itu, kamu akan sering terlibat dengan pembeli profesional yang sangat paham dengan proses penjualan. Penjualan B2B adalah istilah yang mengacu pada penjualan bisnis-ke-bisnis, di mana bisnis atau perusahaan menjual produk atau layanan ke bisnis lain daripada menjual langsung ke konsumen (penjualan B2C). Penjualan B2B bisa menjadi lebih kompleks dalam siklus pembelian karena banyak organisasi memiliki banyak pembeli atau pembuat keputusan lain yang bertanggung jawab atas pembelian produk dan layanan yang membantu memajukan tujuan perusahaan.

Penjualan B2B dapat dipisahkan menjadi tiga kategori penjualan berbeda yang dapat membantu menentukan metode perusahaan untuk mencapai target pasarnya:

  1. Penjualan B2B di mana perusahaan menjual produk yang melayani kebutuhan bisnis seperti pemasok kantor yang menjual produk seperti peralatan, perkakas, dan barang-barang kantor lainnya yang diperlukan
  2. Penjualan B2B di mana bisnis menjual bahan atau sumber daya yang digunakan perusahaan lain untuk memproduksi produk mereka sendiri, seperti grosir peralatan yang menyediakan komponen mesin hingga perusahaan manufaktur yang menggunakan suku cadang tersebut untuk memproduksi produk mereka sendiri
  3. Penjualan B2B di mana perusahaan mungkin menyediakan layanan khusus untuk bisnis lain, seperti firma hukum bisnis atau firma manajemen keuangan

Apa itu B2C?

Penjualan B2C melibatkan penjualan produk atau layanan kepada konsumen. Proses penjualan untuk penjualan B2C biasanya jauh lebih singkat, dengan banyak pelanggan yang melakukan pembelian produk atau layanan yang ditawarkan. Salah satu contoh penjualan B2C adalah agent asuransi yang menawarkan polis asuransi kepada seorang calon pembeli. 

Sumber 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.