Blog post

Ingin Meningkatkan Kreativitas? Ini Tipsnya! (2)

05/04/2023Dwi

Hi Klobbers!

Kreativitas merupakan salah satu skill yang sangat bermanfaat dalam kehidupan. Tidak hanya perlu dimiliki jika kamu ingin bekerja di industri kreatif, namun perlu juga dimiliki oleh semua orang. Mengapa demikian?

Kreativitas dibutuhkan untuk menemukan cara baru dalam mengatasi masalah yang muncul dan bagaimana kita menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi. Artinya, kemampuan ini dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan, baik dari kehidupan sehari-hari maupun bekerja. Mulai dari bermain game dengan teman-teman hingga mencari solusi atas masalah yang muncul terkait dengan pekerjaan, kreativitas menjadi hal yang diperlukan.

Kemudian, bagaimana jika kamu ingin mengembangkan skill ini? Nah, dalam artikel sebelumnya, kita sudah membahas lima tips untuk mendorong kreativitas. Sekarang, kita akan membahas tips-tips lainnya yang menarik untuk kamu simak dalam informasi berikut ini!

6. Melakukan Journaling

Apakah ada Klobbers yang sudah rutin melakukan journaling? Dengan rutin menulis jurnal, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, termasuk meningkatkan kreativitas. Kegiatan ini bisa menjadi cara untuk merefleksikan apa saja hal yang telah kamu lalui atau dicapai. Oleh karena itu, kamu dapat menuliskan juga mengenai proses kreatif yang telah dilalui dan ide apa saja yang dihasilkan. Nantinya, berbagai ide yang telah kamu catat saat journaling dapat disimpan dan digunakan di masa mendatang.

7. Mencoba Teknik “Six Hats”

Konsepnya ialah melihat sebuah masalah dari enam  warna topi (sudut pandang) yang berbeda. Dengan melihat dari banyak perspektif bisa membantu kamu untuk mendapatkan lebih banyak ide, Klobbers. Caranya yaitu sebagai berikut:

  • Topi hitam: Menggunakan perspektif negatif. Coba tanyakan pada diri kamu, “Bagian atau elemen mana dari solusi tersebut yang tidak akan berjalan efektif?”. Atau, dengan kata lain, coba analisis apa yang menjadi kelemahan dari solusi tersebut.
  • Topi biru: Berpikir secara luas. Coba tanyakan pada diri kamu, “Apa solusi keseluruhan yang terbaik atas permasalahan ini?”
  • Topi hijau: Berpikir kreatif. Coba tanyakan pada diri kamu, “Apakah ada ide alternatif?”. Atau dengan kata lain, cobalah cari berbagai kemungkinan solusi atas satu permasalahan.
  • Topi merah: Melihat sebuah situasi dari sisi emosional. Coba tanyakan pada diri kamu, “Apa yang perasaan kamu katakan?”
  • Topi putih: Lihatlah situasinya secara objektif. Kemudian, coba tanyakan pada diri kamu, ”Apa saja fakta yang ada?”
  • Topi kuning: Menggunakan perspektif positif. Coba tanyakan pada diri kamu, “Bagian atau elemen mana dari solusi tersebut yang akan berjalan efektif?”

8. Lakukan Hal yang Kamu Sukai

Saat melakukan hal yang disukai, kamu bisa merasa lebih antusias dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada serta lebih mendorong munculnya ide-ide baru. Sebaliknya, jika kamu tidak menikmati hal yang dilakukan, maka akan lebih sulit untuk bersikap positif dalam menjalaninya. Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendorong kreativitas ialah melakukan berbagai hal yang kamu sukai atau minati.

Coba tanyakan pada diri kamu, hobi atau kegiatan apa yang sangat kamu senangi saat melakukannya? Mungkin memasak, bermain musik, melukis, dan lain sebagainya. Setelah itu, kamu bisa meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan tersebut secara konsisten dan asahlah kreativitas yang kamu miliki.

9. Istirahat

Bersemangat dan berkomitmen untuk mengasah kreativitas memang hal yang baik. Namun, jangan sampai kamu terlalu terbebani dengan goal atau ekspektasi hasil yang dibayangkan. Mungkin kamu akan sibuk menghabiskan banyak waktu untuk melatih kreativitas, tapi ingatlah bahwa kamu juga perlu beristirahat.

Saat kamu sudah merasa lelah, istirahatlah sejenak. Mengistirahatkan tubuh dan pikiran sangat penting agar kamu bisa merasa lebih segar dan dapat berpikir dengan lebih jernih. Kamu bisa coba berjalan kaki untuk mengganti suasana dan menghirup udara segar. Di saat kamu merasa relaks, mungkin saja ada berbagai ide baru yang bermunculan di pikiran kamu, Klobbers.

10. Mencari Inspirasi untuk Mendorong Kreativitas

Mungkin kamu berpikir bahwa ide-ide baru dapat muncul dari mana saja dan kapan saja tanpa bisa diduga. Memang, terkadang hal tersebut bisa terjadi. Namun, saat inspirasi tersebut tidak kunjung datang sementara kamu sudah merasa buntu atau tidak dapat berpikir lagi, maka cobalah melihat sumber inspirasi lain yang tersedia. Bisa dengan membaca buku, artikel, mendengarkan lagu, atau strategi lainnya yang paling tepat untuk kamu.

Selain itu, bisa juga dengan cara berkolaborasi. Terkadang, akan lebih mudah bagi kamu untuk mendapatkan ide-ide atau solusi jika berdiskusi atau bahkan berdebat dengan orang lain. Semakin banyak pemikiran, maka akan semakin besar kemungkinan munculnya ide baru. Dari suatu ide yang muncul, kamu mungkin bisa mengembangkannya menjadi hal lain atau malah memicu timbulnya ide lain dari diri kamu sendiri.

Nah Klobbers, demikian informasi mengenai beberapa tips untuk mendorong kreativitas. Usaha untuk mendorong kreativitas tentunya memerlukan komitmen dan waktu untuk terus melatih dan mengembangkan skill ini. Meskipun tidak mudah, ada banyak manfaat juga yang dapat kamu rasakan apabila berhasil meningkatkannya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Good luck, Klobbers!

Referensi:

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.