Blog post

6 Tips Membuat Batasan yang Sehat di Tempat Kerja Agar Lebih Produktif

24/03/2023Rahmat S

Hi, Klobbers! 

Tahukah kamu? Ternyata keseimbangan antara kerja dan kehidupan pribadi adalah hal yang sangat penting. Oleh sebab itu, kamu perlu memberikan batasan-batasan yang sesuai di tempat kerja agar kamu bisa lebih efektif dan memaksimalkan potensi yang ada di dalam dirimu. 

Berikut ini, Klobbudies telah merangkum sejumlah tips untuk kamu cara membuat batasan yang sehat di tempat kerja.

Ketahui Batasan Diri Sendiri

Klobbers, sebelum kamu mengkomunikasikan batasan dirimu kepada yang lain, kamu harus mengetahui batasan dirimu sendiri. Batasan ini tentu berdasarkan nilai dan prinsip yang kamu yakini dan pegang teguh dalam berkehidupan. 

Kamu dapat mulai menuliskan beberapa hal untuk mengidentifikasi batasan dirimu, seperti batasan fisik dan mental diri sendiri, kesadaran dan empati terhadap perasaan yang sedang dialami, izinkan diri sendiri untuk menentukan batasan diri, dan terakhir kamu bisa mempertimbangkan lingkungan tempat kerja yang sedang kamu jalani. 

Buat Pola Kerja yang Jelas 

Setelah mengetahui batasan diri sendiri, penting bagimu untuk melihat struktur yang jelas di perusahaan tempat kamu bekerja. Ini akan memperlihatkan tugas dan tanggung jawab dirimu dengan rekan kerjamu yang lain. Kamu dapat membuat pola kerja yang jelas untuk diri sendiri dan mudah diikuti rekan kerja yang lain apabila mengharuskanmu bekerja dalam sebuah tim. 

Komunikasikan Batasanmu dengan yang Lain 

Setelah menentukan batasanmu, kamu bisa mengkomunikasikannya kepada rekan kerja atau atasan, seperti contoh, kamu tidak bisa menerima panggilan telepon saat lewat jam kerja (malam hari). Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengkomunikasikan kepada mereka waktu terbaik kamu dalam menerima panggilan telepon atau pekerjaan tambahan. 

Jaga Hubungan Baik di Ranah Profesional

Klobbers, apakah kamu merupakan orang yang senang bersosialisasi? Atau kamu memiliki sahabat di kantor? Orang mudah bergaul dan suka bersosialisasi cenderung mendapatkan banyak sahabat atau teman. Namun, kamu perlu menjaga komunikasi di ranah profesional agar hubungan personalmu tidak mengganggu batasan yang telah kamu buat. Meski kamu memiliki hubungan yang dekat, kamu tetap perlu menerapkan batasan-batasan yang telah kamu buat. 

Berani Katakan TIDAK!

Klobbers, ini bagian penting yang harus kamu terapkan. Berhentilah menjadi people pleaser dan mulai berani untuk mengatakan tidak. Hal ini merupakan cara untuk menerapkan batasan di tempat kerja. Jika kamu tergolong individu yang tidak berani mengatakan tidak, kamu dapat mempertanyakan secara spesifik perintah yang diberikan kepadamu, lalu kamu dapat menyampaikan kondisi dirimu jika dirasa pekerjaan yang dilimpahkan kepadamu terlalu berat atau tidak sesuai dengan bidangmu, maupun tanggung jawabmu. 

Gunakan Teknologi

Ini tips yang tidak kalah pentingnya untuk kamu membantumu menerapkan batasan di kantor. Ya, gunakanlah teknologi untuk membuat batasan. Salah satu teknologi yang bisa kamu gunakan untuk menentukan batasanmu adalah dengan Google Calendar. Aplikasi tersebut akan membantumu dalam mengatur jam kerjamu, sehingga rekan kerja dan atasan tahu kapan kamu mulai bekerja setiap harinya. Bisa juga dengan memasang informasi singkat di aplikasi sosial media, seperti WhatsApp, bahwa kamu sedang sibuk atau sedang di kantor, dan pilihan informasi lainnya. 

 

Sumber

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.