Blog post

Tips Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

16/03/2023Rahmat S

Hi, Klobbers! Tahukah kamu? Salah satu kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja adalah komunikasi. Hal ini karena peranan komunikasi sangat penting untuk kesuksesan tujuan yang dicapai atau untuk menyelesaikan pekerjaan. Tanpa adanya komunikasi yang baik, kamu tentu akan kewalahan menghadapi situasi yang mendesak di dalam kantor, bahkan bisa berakibat pada hasil yang buruk bagi perusahaan tempatmu bekerja. 

Klobbers, tahukah kamu? Ada empat tipe komunikasi yang kamu harus kuasai di dunia kerja, yaitu komunikasi verbal, nonverbal, visual, dan tulisan. Meskipun ada beberapa keterampilan komunikasi yang akan digunakan dalam berbagai situasi, penting sekali bagimu untuk terus memerhatikan hal-hal di bawah ini agar kemampuan komunikasimu di tempat kerja meningkat.

Yuk! Intip tips berikut ini untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasimu di kantor. 

1. Komunikasi yang Jelas dan Ringkas

Klobbers, kadang kala kita terjebak pada komunikasi yang terlalu detail, namun kenyataannya sulit dipahami. Akan tetapi, komunikasi yang sedikit juga terkadang bisa berpotensi salah arti, atau intruksi yang diminta tidak jelas. Lalu bagaimana menanggulanginya? Nah, tips yang satu ini bisa kamu coba terapkan, yaitu dengan membiasakan berkomunikasi yang jelas dan ringkas dengan mengurangi pesan ke makna inti yang ingin disampaikan. Hal ini akan membantumu mengurangi kesalahpahaman, mempercepat proyek, dan membantu rekan kerjamu memahami tujuan yang akan dicapai. 

2. Melatih Empati saat Berkomunikasi

Klobbers, meskipun kamu harus memulai komunikasi secara jelas dan ringkas, hal yang satu ini perlu juga kamu latih. Ya, betul. Latihlah empatimu saat berkomunikasi. Pahami perasaan, ide, dan tujuan kolegamu agar terjalin komunikasi dua arah. Ini adalah bagian terpenting yang bisa kamu terapkan ketika di dalam tim mengalami kendala atau masalah. Kamu dapat mengkomunikasikan kepada tim ha-hal strategis apa yang bisa dibantu untuk menyelesaikan kendala tersebut. Namun, jika tidak membantu, empati sering kali mendapat posisi yang cukup menenangkan di dalam situasi sulit. Jadi, cobalah untuk melatih empatimu saat berkomunikasi.

3. Percaya Diri

Salah satu kunci sukses dalam berkomunikasi adalah percaya diri. Ini akan sangat menentukan hasil dari komunikasi yang kamu bangun. Misalnya, kamu ingin mengajukan kenaikan gaji, tentu kamu akan mencoba memberikan pandanganmu sebagai pertimbangan perusahaan untuk menyetujui ajuanmu. Namun, kamu juga tetap harus dengan rasa hormat di dalam percakapan tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan mempertahankan nada yang seimbang dengan memberikan alasan yang masuk akal, sehingga lawan bicaramu menerima ide atau gagasan yang kamu miliki. 

4. Tenang dan Konsisten

Komunikasi tidak selalu berakhir dengan memenangkan kedua belah pihak, sehingga sering kali tidak ditemukan kesepakatan atau terjadi konfik. Penting untuk kamu meregulasi emosimu dengan baik, tetaplah tenang dan konsisten saat berbicara dengan orang lain. Pertahankan nada suara yang seimbang, sehingga kamu dapat mencapai kesimpulan dengan damai dan produktif. 

5. Gunakan dan Perhatikan Bahasa Tubuh

Dalam komunikasi ada yang disebut dengan bahasa tubuh. Ini merupakan komponen yang tak kalah penting dalam komunikasi. Perhatikan baik-baik ekspresi wajah dan gerakan yang ditampilkan rekan kerjamu, tetapi jangan lupa, kamu juga perlu memerhatikan cara berkomunikasi dirimu baik disengaja atau tidak disengaja dengan sikap yang kamu tampilkan. 

Itulah 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk melatih kemampuan komunikasimu di kantor. Selamat mencoba, Klobbers!

 

Sumber  

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.