Blog post

6 Tips Sukses Mendapatkan Promosi Jabatan

19/02/2023Rahmat S

Hai, Klobbers! Apakah kamu sudah cukup lama bekerja di sebuah perusahaan? Jika ya, ini saat yang tepat untuk kamu mempersiapkan diri mendapatkan promosi jabatan baru. Promosi jabatan akan membuatmu mengambil peran yang lebih besar di perusahaan. Selain itu, kamu juga akan mendapat gaji dan pencapaian yang juga tinggi. Namun, sebelum kamu mempromosikan dirimu, cobalah tips berikut agar sukses mendapatkan promosi jabatan.

Berikan Dedikasi Penuh dan Nilai Lebih yang Ada pada Dirimu

Klobbers, tahukah kamu? Cara yang paling mudah untuk mendapatkan promosi jabatan adalah dengan memberikan apa yang diinginkan perusahaan. Kamu bisa memberikan kontribusi lebih kepada perusahaan, sehingga kamu akan memiliki nilai lebih di mata atasanmu. Kamu juga dapat meningkatkan nilai dirimu dengan cara memberikan kinerja yang baik dan selalu terlibat aktif dalam berbagai kesempatan. Hal tersebut akan membantu dirimu terekspos lebih luas, bahkan kamu juga bisa memperluas pengetahuan, keterampilan, dan pengalamanmu, lho. Hal ini juga berpotensi membuka peluang karier kamu lebih besar.

Carilah Panutanmu di Kantor yang Sudah Mendapatkan Promosi 

Ada pepatah mengatakan, guru terbaik adalah pengalaman. Kamu bisa melihat beberapa orang yang telah berpengalaman mendapatkan promosi jabatan di kantormu. Hal ini berguna untuk mengidentifikasi cara mendapatkan promosi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di perusahaan tempatmu bekerja. 

Pengamatan tersebut bisa kamu mulai dengan melihat ciri-ciri kepribadian, prestasi yang diraih, dan kebiasaan umum yang mereka lakukan di lingkungan kerja, sehingga mereka layak mendapatkan promosi. Kamu bisa mulai bersosialisasi dengan banyak orang di kantor, atau bahkan menunjukkan kesediaanmu dalam berbagai kesempatan guna membangun hubungan baik dengan rekan kerja dan atasan di kantor.

Minta Umpan Balik Atasanmu Terhadap Kinerjamu

Klobbers, selain kedua tips di atas kamu juga bisa mencoba tips selanjutnya, yaitu dengan meminta umpan balik kepada atasanmu terhadap kinerja yang sudah kamu lakukan selama bekerja di perusahaan tempat kamu bekerja. Agar kamu mendapatkan umpan balik dari atasanmu, kamu bisa memulai dengan mempresentasikan dirimu seprofesional mungkin untuk mendapatkan promosi. Kamu bisa memaparkan prestasi, keterampilan yang kamu miliki, serta pengalaman yang telah diperoleh. Tunjukkan kepada atasanmu bahwa kamu memiliki nilai lebih yang akan membuat perusahaan berkembang, sertakan dengan angka dan contoh spesifik agar meyakinkan atasanmu. Tak lupa sampaikan niatmu untuk mengembangkan karirmu di perusahaan tersebut.

Tunjukkan Keterampilan Kepemimpinanmu

Seseorang yang mendapatkan promosi sering kali tidak lepas dari sifat kepemimpinan yang ia miliki. Oleh karena itu, di setiap kesempatan yang ada kamu perlu menunjukkan sisi pemimpinmu. Kamu bisa menampilkan diri sebagai panutan bagi rekan kerjamu, sehingga kamu akan disegani dan dihormati di lingkungan kerja. Tidak hanya itu, lakukanlah setiap pekerjaan dengan baik, sehingga personal branding yang kamu tampilkan menunjukkan kualitas dirimu sebagai seorang pemimpin.

Tunjukkan Kemampuan Identifikasi dan Penyelesaian Masalah 

Tips berikutnya agar kamu sukses mendapatkan promosi jabatan adalah dengan menjadi individu yang berinisiatif tinggi. Kamu harus memiliki kepekaan terhadap suatu masalah atau kondisi mendesak. Hal ini akan membantumu memiliki nilai lebih dalam mengidentifikasi masalah dan menyelesaikannya secara tepat. Kemampuan ini jelas sangat dibutuhkan pemimpin perusahaan. Apalagi dalam menghadapi situasi yang dinamis dalam sebuah perusahaan.

Pertahankan Kinerja yang Baik

Memiliki kinerja yang baik dan stabil menjadi salah satu alasan dan pertimbangan seseorang layak diberikan promosi jabatan. Oleh karena itu, kamu harus konsisten mempertahankan etos kerja yang baik. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu menguasai peranmu dan siap mengambil posisi yang lebih penting atau menantang di perusahaan. 

Agar kinerjamu stabil, kamu perlu terus mengembangkan dan melatih diri agar terlihat dominan dari kolegamu, sehingga atasanmu akan terkesan dengan personalmu. Selain itu, kamu juga perlu mengelola tanggung jawab pekerjaan sebaik mungkin. 

Itulah enam tips agar kamu sukses mendapatkan promosi jabatan. Apakah kamu siap untuk posisi barumu? Selamat mecoba. 

 

Sumber

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.