Blog post

Tips Buat Kamu agar Mahir Negosiasi Gaji

17/02/2023Rahmat S

Hi Klobbers!

Tahukah kamu mengapa negosiasi gaji itu penting? Melakukan negosiasi gaji penting kamu lakukan, untuk menaikan nilai dari apa yang akan kamu kerjakan. Negosiasi gaji biasanya dilakukan pada saat sesi wawancara kerja atau promosi jabatan.

💡 Tips Negosiasi Gaji: 

1. Riset Tentang Gaji dan Posisi

Saat ini, banyak platform yang dapat kamu gunakan untuk mencari informasi mengenai besaran gaji untuk setiap posisi pekerjaan. Salah satunya yaitu platform Klob dengan fitur skala, kamu dapat mencari informasi besaran gaji sesuai dengan sektor industri, area karier, dan posisi pekerjaan yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menilai besaran gaji yang bisa kamu dapatkan berdasarkan tahun pengalaman kerja yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga perlu Memeriksa UMP (Upah Minimum Provinsi) dan UMK (Upah Minimum Kabupaten/Kota) yang berlaku di perusahaan tempat kamu akan bekerja nantinya. Melakukan riset yang tepat, dapat membantu kamu untuk menentukan kisaran gaji yang bisa kamu ajukan ke HRD.

2. Tunjukkan Kemampuan

Mengetahui kemampuan dan skill yang kita miliki, juga menjadi tolak ukur untuk menilai besaran gaji yang dapat kamu peroleh. Kamu dapat menjelaskan secara detail, hal apa saja yang dapat kamu lakukan sesuai dengan skill yang kamu miliki. Sehingga kamu bisa memperoleh gaji sesuai ekspektasi. 

3. Pertimbangkan Benefit Lainnya

Selain Gaji biasanya perusahaan akan menawarkan manfaat lain bagi karyawan seperti tunjangan kesehatan, fasilitas transportasi, fasilitas olahraga, dll. Kamu perlu bertanya terkait manfaat yang bisa kamu dapatkan kepada recruiter, jika kamu diterima di perusahaan tersebut. 

Contoh Negosiasi Gaji yang Efektif:

Sebelumnya Saya ucapkan terima kasih atas tawaran pekerjaan yang Bapak/Ibu berikan pada posisi [..] untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. 

Setelah mempertimbangkan penawaran gaji dan manfaat yang Bapak/Ibu berikan, saya ingin berdiskusi kembali terkait hal tersebut. Dengan mempertimbangkan kemampuan dan pengalaman yang saya miliki, serta tingkat tanggung jawab yang dibutuhkan pada posisi [..].  Posisi ini membutuhkan tingkat kemampuan spesifik, seperti [..] dan pengalaman kerja kurang lebih [..] tahun, yang sesuai dengan apa yang saya miliki. Selain itu melihat rata-rata gaji yang ditawarkan pada posisi ini berkisar [Rp..] sampai [Rp..]. Untuk itu saya yakin gaji pokok sebesar [Rp..] akan lebih sesuai dengan kualifikasi saya. 

Besar harapan saya Bapak/Ibu dapat meninjau kembali penawaran yang diberikan, sehingga kita dapat mencapai kesepakatan yang menguntungkan masing-masing pihak.

Nah itulah sedikit tips untuk negosiasi gaji saat interview kerja. Semoga bisa membantu Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.