Blog post

Berikut Cara Membuat Executive Summary yang Baik

16/02/2023Sandy Patricia

Hai Klobbers!

Apakah kamu ingin menjadi seorang pengusaha? Atau kamu sedang memiliki rencana usaha yang baik? Sebelum melanjutkan usaha kamu, ada baiknya kamu belajar untuk menulis ringkasan kinerja kamu. Ringkasan kinerja ini sering disebut sebagai executive summary. Hal ini  akan memberikan ikhtisar tentang poin terpenting dari ide bisnis yang akan kamu jalani, dan hal-hal apa saja yang kamu perlukan untuk berhasil dalam membangun bisnis. 

Apa itu Executive Summary?

Executive summary adalah sebuah ringkasan singkat dari sebuah laporan, proposal, atau dokumen penting lainnya. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran yang jelas tentang konten dokumen tanpa perlu membaca keseluruhan dokumen itu sendiri. Executive summary umumnya berisi informasi tentang tujuan dokumen, hasil utama yang ingin dicapai, metodologi atau proses yang digunakan, temuan utama, rekomendasi, dan kesimpulan. 

Executive summary biasanya ditujukan untuk para eksekutif, pemimpin, atau pembuat keputusan yang tidak memiliki waktu atau keahlian khusus untuk membaca seluruh dokumen. Oleh karena itu, ringkasan harus disusun dengan baik dan menarik perhatian agar pembaca tertarik untuk membaca dokumen lengkapnya.

Bagaimana cara membuat executive summary?

Pahami tujuan dan isi dokumen

Sebelum membuat executive summary, pastikan kamu telah memahami dengan baik tujuan dan isi dokumen yang ingin diringkas. Ini akan membantu kamu menentukan key points  yang perlu disertakan dalam ringkasan.

Tentukan struktur dan format yang tepat

Setelah memahami dokumen, pertimbangkan struktur dan format yang tepat untuk executive summary. Pastikan ringkasan mudah dibaca, jelas, dan memiliki alur yang baik.

Tulis pengantar yang menarik

Tulis pengantar yang menarik untuk menarik perhatian pembaca dan membuat mereka tertarik untuk membaca lebih lanjut. Kamu bisa menggunakan kalimat pembuka yang menarik atau statistik yang menarik perhatian.

Identifikasi key points

Identifikasi key points dalam dokumen dan sertakan dalam executive summary. Pastikan poin-poin tersebut mendukung tujuan dokumen dan memberikan gambaran yang jelas tentang isi dokumen.

Buat ringkasan singkat dan jelas

Buat ringkasan yang singkat dan jelas dari dokumen yang ingin diringkas. Pastikan tidak ada informasi yang hilang dan ringkasan memberikan gambaran yang akurat tentang dokumen yang diringkas.

Buat kesimpulan yang kuat

Buat kesimpulan yang kuat yang merangkum poin-poin kunci dan memberikan rekomendasi atau tindakan yang harus diambil.

Edit dan periksa kembali

Terakhir, pastikan untuk mengedit dan memeriksa kembali ringkasan untuk memastikan tidak ada kesalahan atau kekeliruan dalam ringkasan.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu dapat membuat executive summary yang jelas, singkat, dan mudah dipahami.

Sumber

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.