Blog post

Tips untuk Bangkit Kembali Setelah Terkena Layoff (2)

11/02/2023Dwi

Hi Klobbers!

Kebijakan perusahaan untuk melakukan layoff karyawan merupakan strategi untuk mempertahankan bisnis. Meskipun sulit dan tidak mudah menerimanya bagi karyawan yang terdampak, namun kehidupan harus terus berjalan. Kamu tetap perlu bangkit dan menentukan langkah berikutnya yang akan dilakukan.

Mencari pekerjaan baru atau menentukan langkah selanjutnya bisa saja terasa sulit. Meskipun demikian, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk membantu kamu menghadapi hal tersebut. Di artikel sebelumnya kita sudah membahas dua tips untuk bangkit kembali setelah terkena layoff. Dalam artikel ini kita akan membahas beberapa tips lainnya. Yuk, simak dalam ulasan berikut ini!

3. Menjaga Koneksi dengan Network

Hard skill dan soft skill memang menjadi salah satu hal penting yang perlu kamu siapkan jika ingin berkarier secara profesional. Namun, jangan lupa bahwa salah satu cara untuk bisa mendapat kesempatan kerja atau peluang lainnya ialah melalui network yang kamu miliki. Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka dengan menghubungi relasi dalam network kamu. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara membangun networking yang efektif serta menjaga koneksi dengan mereka.

Meskipun demikian, salah satu kekhawatiran yang mungkin dirasakan dari dampak terkena layoff ialah putusnya hubungan dengan network. Beruntungnya, dengan kemajuan informasi dan teknologi yang begitu pesat seperti saat ini, kekhawatiran tersebut bisa diminimalisir.

Saat ini, ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar kamu tetap terhubung dengan network yang ada, termasuk dengan para pemberi kerja yang potensial. Manfaatkanlah semua channel yang dimiliki dengan sebaik mungkin untuk menjaga koneksi dengan mereka.

4. Update CV dan Persiapkan Skill yang Diperlukan

Setelah mengetahui langkah selanjutnya yang akan diambil, kamu bisa mempersiapkan diri untuk mulai menjalankannya. Jika memutuskan untuk mencari kerja lagi, jangan lupa meng-update CV kamu. Bisa saja pengalaman kerja serta keahlian yang dimiliki dalam pekerjaan terakhir, menjadi aset yang paling bernilai. Jika merasa bahwa masih ada skill lain yang perlu dimiliki, maka persiapkanlah juga.

Apabila memutuskan untuk switch career, pastikan bahwa kamu telah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai bidang karier tersebut. Harap diingat bahwa sangat mungkin untuk berpindah jalur karier, namun kamu juga perlu menyiapkan diri dengan sebaik mungkin. Diperlukan keinginan yang kuat untuk belajar serta menambah hard skill maupun soft skill sesuai dengan kebutuhan karier baru yang dituju.

5. Menjaga Kesehatan

Hal yang tidak kalah pentingnya ialah menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental. Jika kamu mempersiapkan hal lainnya namun tidak memperhatikan kesehatan diri, sama saja kamu akan sulit untuk melangkah maju. Jika masih merasakan emosi negatif yang intens, seperti marah, kecewa, atau tidak terima akibat keputusan layoff, padahal tidak ada lagi yang bisa diubah mengenai hal tersebut, dapat memengaruhi kesiapan kamu untuk bangkit dan memulai langkah baru. Terus-menerus memikirkan kebijakan layoff bisa saja membuat kamu menjadi stres yang nantinya dapat memengaruhi kesehatan kamu, baik fisik dan mental.

Waktu tidak dapat diputar kembali dan rasa penyesalan tidak akan menyelesaikan apapun. Meskipun tidak mudah, kamu perlu berdamai dengan pengalaman sulit tersebut. Sayangi diri kamu sendiri dan jagalah kesehatan. Coba lakukan usaha terbaik yang kamu bisa untuk menjaga kesehatan, seperti berolahraga, mengatur pola makan, pola tidur, dan lain-lain. Jika kondisi kamu fit, maka akan lebih mudah untuk melaksanakan planning yang telah dibuat. Kamu bisa lebih produktif dan beraktivitas dengan lebih optimal. 

Nah Klobbers, itulah beberapa tips agar bisa bangkit kembali setelah terkena layoff. Jika kamu sudah berusaha namun belum membuahkan hasil yang diinginkan, tidak mengapa. Hal yang penting ialah kamu memiliki tekad yang kuat, kesabaran, dan berusaha untuk tetap berpikir positif. Berikan usaha terbaik yang kamu bisa, kemudian serahkan sisanya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Good luck, Klobbers!

Referensi:

Sumber

Sumber

 

 

 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.