Blog post

Ketika Semuanya di Luar Kendali: Harus Bagaimana?

07/02/2023Dwi

Halo Klobbers!

Dalam hidup, ada berbagai aspek kehidupan yang ingin dikontrol. Mulai dari hal sederhana yang setiap hari dilakukan, seperti memilih baju yang dikenakan, hingga hal besar lainnya dalam hidup, seperti merancang goal atau mimpi yang ingin dicapai. Kemudian, kamu akan berusaha untuk memastikan semuanya dapat berjalan sesuai dengan rencana. Bahkan jika perlu, kamu akan memberikan usaha terbaik untuk mewujudkannya.

Namun, terkadang ada berbagai hal yang terjadi di luar rencana kita. Misalnya, saat di kantor, kamu sudah membuat planning sebaik mungkin untuk menyelesaikan suatu proyek dengan tepat waktu. Akan tetapi, bisa saja ada kendala tidak terduga yang muncul dan menghambat semua hal yang sudah direncanakan. Ditambah lagi dengan berbagai masalah lain yang mungkin muncul dalam waktu bersamaan atau berdekatan, seperti masalah dalam hubungan, kesehatan, stres karena berbagai tuntutan, dan lain sebagainya.

Berbagai hal tersebut dapat membuat kamu menjadi stres, cemas, overthinking, dan merasa bahwa seolah-olah hidup berada di luar kendali. Bahkan, mungkin hal yang cukup sering dialami sebagian orang seperti terjebak kemacetan sehingga mengganggu rencana dan aktivitas pun bisa membuat kamu merasa kewalahan dan merasa semuanya di luar kendali. Kemudian, jika terjadi situasi seperti itu, apa yang bisa kamu lakukan? Yuk, simak beberapa tips berikut ini!

1. Ambil Jeda Sejenak dan Beristirahat

Saat keadaan sedang tidak baik-baik saja, ambillah waktu sejenak untuk beristirahat. Kamu bisa melakukan berbagi aktivitas untuk menenangkan diri, seperti menarik napas dalam-dalam, bermeditasi, merawat diri, berjalan kaki ke taman, dan lain sebagainya agar lebih relaks. Jika kamu melakukan aktivitas lainnya dalam keadaan yang tidak baik, maka bisa berisiko terjadi kesalahan dalam bekerja karena kamu kurang fokus atau hasilnya menjadi tidak optimal. Jika demikian, bisa saja malah memperburuk kondisi dan membuat kamu semakin berpikiran negatif mengenai kehidupan.

2. Coba Ubah Perspektif Kamu

Merasa kecewa karena sesuatu tidak berjalan sesuai dengan harapan merupakan hal yang wajar. Namun, kamu juga mempunyai pilihan untuk mengubah perspektif dalam melihat hal tersebut. Dibandingkan dengan terus-menerus berpikir bahwa segala sesuatunya berada di luar kendali, kamu bisa melihatnya dari sudut pandang yang berbeda.

Jika melihatnya sebagai “hal yang normal terjadi”, maka dapat membantu kamu untuk melepaskan rasa ingin mengontrol segala sesuatunya. Akan tetapi, harap diingat bahwa menerapkan perspektif ini bukan berarti kamu pasrah atau tidak berusaha untuk memberikan usaha terbaik, Klobbers. Hanya saja, kamu belajar untuk menerima kenyataan bahwa memang tidak semua hal bisa dikendalikan atau berjalan sesuai dengan keinginan kamu.

3. Identifikasi Hal yang Bisa Dikontrol

Menerima kenyataan bahwa tidak semua hal bisa dikontrol memang tidak mudah. Meskipun demikian, sebenarnya ada juga beberapa hal yang bisa kamu kontrol dalam hidup, Klobbers. Dibandingkan berfokus atau overthinking terhadap berbagai faktor eksternal (contoh: orang lain), cobalah fokus pada hal yang bisa kamu kendalikan.

Sebagai contoh, kamu merasa lingkungan pertemanan kamu toxic sehingga berdampak buruk terhadap aktivitas atau kebahagiaan kamu. Alih-alih berusaha untuk mengubah teman tersebut agar bisa bersikap lebih baik sesuai dengan harapan, kamu bisa fokus pada cara merespon situasi tersebut. Kamu bisa memilih untuk memberikan jarak atau tidak menjalin hubungan lagi dengan orang yang kamu anggap toxic.

Begitu juga dalam situasi lainnya, cobalah mengidentifikasi hal apa yang bisa kamu kendalikan dan fokuslah pada hal tersebut. Dengan demikian, menerapkan langkah ini bisa membantu kamu untuk merasa lebih baik dalam menjalani hidup karena telah memberikan usaha terbaik yang bisa dilakukan serta berserah diri mengenai hasilnya.

4. Percaya Diri dalam Mengambil Keputusan

Terkadang, kamu bisa diliputi berbagai keraguan sehingga takut dalam mengambil keputusan. Hal ini dikarenakan kamu ingin mengambil keputusan terbaik atau yang dianggap paling sempurna. Padahal, harap diingat bahwa apapun bisa terjadi dan merusak gambaran “kesempurnaan” tersebut. Oleh karena itu, pikirkanlah baik-baik pro dan kontra dari pilihan yang ada, kemudian percaya dirilah dalam mengambil suatu keputusan.

Jika nantinya kamu menganggap bahwa keputusan itu kurang tepat, maka lihatlah pelajaran apa yang dapat diambil. Jangan sampai berlarut-larut dalam kesedihan atau kekecewaan, Klobbers. Hal yang penting ialah bagaimana kamu bisa bangkit kembali dan memikirkan langkah ke depannya.

5. Menerapkan Mindfulness

Menerapkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan diri dari berbagai hal yang tidak dapat kamu kendalikan, lho. Jika melakukan segala aktivitas dengan lebih mindful, artinya kamu memusatkan pikiran pada momen saat ini, hal yang sedang kamu lakukan, dan apa yang kamu rasakan. Dengan demikian, kamu tidak terus-menerus memikirkan berbagai faktor lain yang tidak dapat dikontrol saat ini.

Nah Klobbers, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba saat merasa seolah-olah hidup kamu berada di luar kendali karena terjadinya berbagai hal di luar ekspektasi. Penting sekali untuk memiliki perencanaan yang baik agar kamu lebih terarah dalam mengerjakan sesuatu atau memiliki  goal agar hidup kamu memiliki arah dan tujuan. Namun, harap diingat juga bahwa pada realitasnya tidak semua hal dapat kamu kontrol dan berjalan sesuai dengan keinginan.

Meskipun demikian, fokuslah pada hal yang bisa kamu kontrol, yaitu cara kamu merespon hal tersebut. Secara perlahan, belajarlah untuk menerima dan menghadapi berbagai situasi yang terjadi di luar kendali kamu. Dengan demikian, bisa membantu kamu lebih damai dan tenang saat menghadapi situasi tersebut serta mengurangi stres dan kecemasan yang dirasakan. Semoga bermanfaat, ya. Good luck, Klobbers!

Referensi:

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.