Blog post

Mengenal Metode P-A-W-S untuk Siap Hadapi Interview!

27/01/2023Rahmat S

Hi Klobbers! 

Minggu sebelumnya, kita udah bahas beberapa dokumen yang perlu kamu persiapkan untuk melamar kerja mulai dari CV sampai Portofolio kerja. Nah minggu ini kita akan membahas metode yang dapat kamu gunakan untuk menjawab pertanyaan wawancara

Contoh salah satu pertanyaan wawancara yang sering ditanyakan oleh recruiter yaitu “coba kamu ceritakan tentang dirimu” atau “perkenalkan diri anda”. pertanyaan tersebut sering ditanyakan oleh recruiter di awal wawancara dimulai. Perlu kamu ingat bahwa pertanyaan ini cukup penting untuk menggambarkan siapa kamu dan menentukan seberapa besar ketertarikan recruiter denganmu. Jika kamu tidak langsung memberikan jawaban atau gambaran yang bagus, recruiter mungkin mengabaikan kamu sebagai kandidat potensial. Kebanyakan kandidat tidak menganggap penting pertanyaan tersebut, sehingga mereka mulai gugup dan memberikan jawaban yang tidak relevan atau terburu-buru menjawabnya. 

Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa menggunakan metode P-A-W-S (profile, academic, work experience, and skills)

P – Profile. Kamu dapat membuka pembicaraan dengan nama, pekerjaanmu saat ini, serta informasi yang relevan terkait minat kamu yang berhubungan dengan lowongan kerja yang kamu lamar.

A – Academic. Klobbers kamu dapat mencantumkan gelar dan sertifikasi yang kamu miliki. Pastikan juga gelar dan sertifikasi yang kamu cantumkan relevan dengan posisi yang kalian lamar ya. Terakhir tapi tidak kalah penting untuk diperhatikan Klobbers, bahwa kamu tidak perlu menjelaskan riwayat pendidikan yang tidak berkaitan dengan pekerjaan tersebut.

W – Work. Kamu bisa menjelaskan gambaran umum tentang pengalaman kerja mencakup pengalaman kerja dimana kamu dibayar maupun tidak dibayar. Sama seperti pendidikan, kamu tidak perlu menjelaskan pengalaman kerja yang tidak berkaitan dengan lowongan yang kamu lamar ya Klobbers. Sebagai tambahan dan tidak kalah penting, setelah kamu selesai menjelaskan tentang pengalaman kerja, kamu juga harus menjelaskan skill yang kamu punya, misalnya: “dalam peran ini, saya mengembangkan keterampilan X”

S – Skills. Banyak dari kandidat yang lupa menjelaskan tentang skills yang dimiliki. Padahal skill yang kamu miliki menjadi bagian yang sangat penting dari setiap interview kerja. Soroti technical skill dan soft skill yang relevan. Apa jenis software yang kamu kuasai? Dan soft skill seperti apa yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini?. Contohnya, digital marketing membutuhkan keterampilan analisis data, membuat konten yang menarik, desain, dll.

Semoga tips ini membantu!

Untuk kalian yang saat ini sedang berjuang mencari LOWONGAN KERJA, saat ini BTPN sedang membuka posisi community officer, loh! Mau tau apa saja persyaratannya? klik link dibawah ini ya 

https://www.klob.id/rekrutmen-btpnsyariah?utm_source=FBGroup&utm_medium=cpc&utm_campaign=BTPNSCO    

kamu juga bisa cek berbagai lowongan kerja lainnya hanya di website Klob!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.