Blog post

Menerapkan Mindfulness dalam Kehidupan Sehari-hari

26/01/2023Dwi

Halo Klobbers!

Mungkin kamu pernah atau bahkan sering mendengar istilah mindfulness dalam kehidupan sehari-hari. Nah, mindfulness dapat diartikan sebagai praktik untuk meningkatkan kesadaran individu akan momen saat ini tanpa melakukan penilaian (judgement) terhadap pengalaman yang dialami. Atau secara singkat, dapat dikatakan bahwa mindfulness merupakan aktivitas di mana kamu mengarahkan seluruh perhatian dan kesadaran terhadap momen maupun kegiatan tertentu.

Apa Manfaat Menerapkan Mindfulness?

Menerapkan mindfulness memiliki banyak manfaat untuk kondisi emosional dan kesehatan kamu. Bahkan, mindfrulness juga telah dipasangkan dengan terapi kognitif yang dapat membantu menangani beberapa gangguan kesehatan mental, lho!

Penelitian menunjukkan bahwa menerapkan mindfulness, mindfulness-based cognitive therapy (MBCT), dan mindfulness-based stress reduction (MBSR) dapat membantu menangani beberapa masalah seperti gangguan kecemasan, depresi, dan manajemen stres. Selain itu, sebuah penelitian menemukan bahwa menerapkan mindfulness juga dapat membantu kamu untuk merasakan kepuasan yang lebih besar dalam hubungan dengan orang lain, Klobbers.

Namun demikian, mindfulness tentunya juga dapat diterapkan pada berbagai kesempatan, seperti saat bekerja atau bahkan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Memfokuskan diri pada momen saat ini bisa mendorong kamu untuk lebih sadar terhadap apapun yang sedang dilakukan. Dengan demikian, dapat membantu kamu untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi saat melakukan suatu kegiatan, mencegah kamu merenung dan terkurung dalam pikiran negatif, hingga membantu membangun resiliensi dari pengalaman negatif yang telah dialami.

Bagaimana Cara Menerapkan Mindfulness dalam Kehidupan Sehari-hari?

Setelah mengetahui manfaatnya, apakah ada Klobbers yang tertarik untuk menerapkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari? Nah, berikut ini beberapa kegiatan sehari-hari yang bisa kamu coba lakukan dengan lebih mindful, yaitu:

1. Menerapkan Mindful Eating

Apakah Klobbers sering melakukan hal lain saat makan? Misalnya sambil menonton TV, scrolling media sosial, dan lain-lain. Atau, mungkinkah ada Klobbers yang terkadang mengonsumsi makanan secara terburu-buru karena dikejar oleh berbagai kesibukan? Meskipun hal ini sering dilakukan dan dianggap sebagai hal yang lazim, namun sebenarnya memiliki risiko bagi kesehatan kamu, seperti tersedak atau makan secara berlebihan.

Memperhatikan perilaku makan mungkin dianggap sepele oleh sebagian orang. Padahal, jika kamu memiliki kebiasaan yang tidak baik, lama-kelamaan juga dapat berpengaruh pada kesehatan kamu. Nah, kamu bisa menerapkan mindfulness dan membangun kebiasan baik dalam perilaku makan, yaitu menerapkan mindful eating.

Cobalah lebih memperhatikan intensi kamu untuk makan, makanan dan minuman yang dikonsumsi, dan berikan perhatian penuh pada pengalaman makan kamu. Dengan demikian, kamu dapat lebih mengapresiasi makanan yang dikonsumsi serta menjaga kesehatan dan well-being.

2. Lebih Mindful dalam Berinteraksi

Interaksi dengan orang lain menjadi salah satu hal rutin dalam keseharian. Pernahkah kamu menyadari bagaimana perilaku kamu saat berinteraksi dengan orang lain? Mungkinkah kamu mendengarkan orang lain dengan penuh perhatian atau mungkin lebih sering sambil melakukan aktivitas lainnya?

Nah, mindfulness juga perlu diterapkan dalam berinteraksi, lho! Baik saat berinteraksi dengan teman, pasangan, keluarga, dan lain-lain, mindfulness menjadi hal penting. Salah satu cara menerapkan mindfulness dalam hubungan dengan orang lain ialah melakukan active listening, artinya kamu benar-benar memberikan perhatian penuh pada lawan bicara kamu. Berusaha memahami pesan yang disampaikan oleh lawan bicara tanpa berusaha menghakiminya serta memberikan respon dengan lebih mindful. Kemudian, cobalah untuk lebih mindful saat menikmati waktu bersama dengan orang lain, misalnya saat bercerita maupun melakukan aktivitas bersama.

Jika dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan lebih mindful, maka bisa mendukung kamu untuk menjalin hubungan yang lebih berkualitas dengan orang lain, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dunia kerja. Hal ini akan membantu kamu untuk meminimalisir terjadinya miskomunikasi, bekerja dengan lebih efektif dan efisien, dan meningkatkan kepuasan dalam hubungan dengan orang lain.

3. Melakukan Setiap Aktivitas dengan Lebih Mindful

Hal-hal sederhana seperti salah mengambil peralatan makan atau salah mengambil barang yang diperlukan merupakan hal biasa dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ini dapat menjadi tanda bahwa kamu tidak fokus atau tidak mindful dalam melakukan aktivitas tersebut.

Padahal, kamu bisa lho menerapkan mindfulness dalam berbagai aktivitas yang dilakukan, Klobbers. Artinya, kamu fokus pada momen saat ini. Memberikan kesadaran penuh pada kegiatan yang dilakukan dan berusaha melepaskan pikiran dari berbagai rasa cemas yang berkaitan dengan masa lalu maupun masa depan.

Sebagai contoh, saat kamu mendengarkan musik. Fokuslah pada suara dan vibrasi dari musik tersebut, bagaimana perasaan kamu saat mendengarnya, dan  apa saja hal yang kamu rasakan pada momen mendengarkan musik itu. Selain itu, bisa juga mencari berbagai aktivitas lainnya yang memungkinkan kamu untuk lebih mindful saat menjalankannya. Misalnya, saat kamu membersihkan dan merapikan rumah, bersepeda, dan lain sebagainya.

Nah Klobbers, itulah informasi seputar mindfulness, mulai dari manfaat hingga beberapa cara menerapkannya. Mengingat berbagai manfaatnya, menerapkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari menjadi salah satu hal yang layak untuk dicoba agar kamu bisa menjalani hidup dengan lebih bermakna dan bahagia.

Namun, harap diingat juga bahwa memerlukan niat, usaha, dan kesabaran dari diri kamu agar dapat berlatih dan membiasakan diri untuk lebih mindful dalam berbagai kegiatan yang dilakukan. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menerapkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari? Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Good luck, Klobbers!

Referensi:

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.